Sabtu, 28 Agustus 2010

UNINDRA Gelar Pelantikan Mahasiswa Baru 2010 – 2011





Sebagaimana tradisi bagi setiap mahasiswa baru sebelum memasuki kegiatan perkuliahan, terlebih dahulu mereka mengikuti kegiatan Ospek, namun demikian bagi mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI (UNINDRA) Jakarta, kegiatan Ospek, dilakukan dengan sederhana, namun memiliki arti yang dalam, yaitu dengan Pembekalan serta pengenalan dunia kampus, yang kemudian diikuti dengan Pelantikan Mahasiswa Baru.

Acara Pelantikan Mahasiswa Baru yang digelar di Gedung Bapra Marinir Cilandak tersebut, menurut Rektor UNINDRA, Prof. Dr. H Sumaryoto, SE,MM, akan menitikberatkan pada pengenalan proses akademik, karena kegiatan perkuliahan sangat berbeda dengan proses kegiatan belajar mengajar di sekolah, oleh sebab itu perlu adanya upaya untuk memperkenalkan dunia kampus pada para mahasiswa baru, bagaimana mereka dapat mengetahui lebih dalam tentang selukbeluk perkuliahan, baik masalah SKS atau masalah akademik lainnya, sehingga mereka nanti betul-betul siap untuk menempuh proses belajar mengajar di Universitas Indraprasta PGRI. Apalagi mereka saat ini akan beralih tataran belajar dari SMA/K ke Perguruan Tinggi, kalau mereka tidak dibekali, saya kawatir nanti mereka banyak waktu terbuang, hanya untuk menyesuaikan diri dalam proses akademik maupun memahami situasi di kampus dengan situasi di sekolah.

Dengan makin pesatnya perkembangan tehnologi saat ini, telah menuntut semua lembaga pendidikan tinggi untuk dapat mengikutinya, demikian juga Universitas Indraprasta PGRI telah menyesuaikan sarana dan prasarananya, sehingga dengan pembiayaan mandiri, terus menambah fasilitas software dan hardware, untuk mendukung proses akademik, seluruh komputer tersambung dengan jaringan internet, sehingga para mahasiswa juga akan dengan mudah memperoleh jaringan informasi, termasuk perpustakaan online yang mulai dikembangkan di UNINDRA.

Untuk menyiapkan kader-kader bangsa yang unggul dengan karakter yang baik, pembelajaran di UNINDRA telah menambah mata kuliah agama Islam, yang diajarkan selama dua semester, dan Unindra juga mulai merintis untuk menjadikan Mahasiswa yang mandiri, dengan penambahan matakuliah “Wirausaha” selama dua semester.
Saat disinggung akan jumlah mahasiswa baru, Prof H Sumaryoto mengaku bersyukur atas kepercayaan masyarakat pada UNINDRA, dan tahun akademik 2010 – 2011 meningkat dari tahun sebelumnya, saat ini mahasiswa UNINDRA berjumlah 7.414 mahasiswa, sebenarnya masih banyak lulusan SMA/K yang ingin mendaftar, namun memang kita membatasi dan sudah menutup pendaftaran, sesuai jatwal. Hal tersebut karena UNINDRA tetap berkomitmen menyelenggarakan pendidikan yang murah dan berkualitas serta menjaga mutu pembelajaran, kualitas tetap kita jaga, tegasnya.

Meskipun di UNINDRA memiliki banyak jurusan kependidikan, namun karena permintaan pasar kerja dari non kependidikan cukup tinggi, sehingga untuk mahasiswa saat ini juga lebih banyak diminati mahasiswa jurusan non kependidikan, dengan program-program umum yang masih dibutuhkan di masyarakat, seperti Tehnik Informatika, Tehnik Industri, Tehnik Arsitektur serta prody lain, ungkap Prof H Sumaryoto.

0 komentar:

Poskan Komentar