Jumat, 29 Juni 2012

Gubernur DKI Fauzi Bowo Kunjungi SMK 32


Dalam kesibukannya sebagai Gubernur DKI yang juga Cagub  2012 – 2017, H Fauzi Bowo menyempatkan mengunjungi SMK 32 dan berdialog dengan orang tua murid SMK 32, sambutan hangat  juga diberikan oleh Wali Murid yang sedang menerima Raport anaknya, meskipun dialog tidak lama, karena harus Sholat Jum’at, namun orang tua murid mengaku senang bisa bertatap muda dengan gubernur.

Pada orang tua siswa, Fauzi Bowo menegaskan, kalau saat ini wajib belajar 9 tahun, maka tahun 2013 nanti wajib belajar menjadi 12 tahun, sehingga siswa yang saat ini duduk di kelas 10 dan 11, tahun depan akan memperoleh bantuan pendidikan di SMK, sehingga tidak akan memberatkan orang tua, yang menyekolahkan anaknya di SMA/K.

ditahun ajaran 2013 -  2014, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memberikan uang bantuan pendidikan pada SIswa, 600.000 perbulan/ siswa dari DKI Jakarta, jadi siswa SMK di DKI memberoleh bantuan pendidikan  7,2 juta/siswa  setiap tahu, karena Pemda DKI sudah menentukan,  kalau tahun ini wajib belajar 9 tahun, maka tahun 2013 wajib belajar ditingkakan menjadi 12 tahun, maka dengan sumber dana untuk SMK yang baru tersebut, akan meringankan beban orang tua siswa.

Disamping itu dalam meningkatakan lulusan, bagi lulusan SMK nantinya akan diberikan sertifikat ketrampilan khusus, sehingga mereka yang bekerja dengan sertifikat maupun yang tidak bersertifikat, gajinya akan lebih besar yang bersertifikat, demikian juga apabila anak ingin membuka usaha dengan sertifikat tersebut dapat diagungkan untuk jaminan pinjaman permodalan, sehingga lulusan SMK dapat membuka usaha dan membantu teman yang lain, misalkan luluasan Tata Boga ingin membuka usaha Catering maka akan memberikan kesempatan kerja temannya, oleh sebab itu mari jadilah orang yang berguna bagi orang lain, tegas Fauzi Bowo.

Sementara disela acara tersebut, Kepala SMK Negeri 32 Jakarta, Drs Hasan Kuswana, juga menambahkan, bahwa pihaknya terus meningkatkan kualitas lulusan, untuk lulusan terbaik adalah jurusan Tata Boga yaitu pengolahan Kue dan Coklat, sehingga saat lomba SMK, juruan Tata Boga memiliki prestasi yang bagus, dan upaya lain adalah membangun kerjasama dengan dunia usaha, untuk memberikan pelatihan pada anak didik, sehingga kedepan mereka akan mudah bekerja sesuai kebutuhan pasar kerja, bahkan saat ini sudah banyak siswa yang sebelum selesai sudah diminta oleh Perusahaan Perhotelan dan Jasa Boga untuk bekerja, ini semua sesuai dengan visi SMK Negeri 32 Jakarta, yaitu “Terwujudnya SMK Negeri 32 Jakarta, yang unggul dalam bidang pariwisata dan menghasilkan tamatan profesional serta berakhlak mulia”, papar Drs Hasan KUswana.

Sambutan lain juga terlihat pada siswa-siswi SMK 32 Jakarta, mereka menyambut slogan  “SMK Bisa”, dan tepuk tangan diberikan pada Gubernur DKI tersebut, bahkan taksedikit mereka yang mencegat untuk bersalaman maupun berfoto bersama.
Readmore »

Dukungan Forum Kasmaran untuk Jokowi


Forum Komunikasi Masyarakat Perantauan merupakan sebuah organisasi sosial yang independen  dan sebagai wadah berhimpunnya para masyarakat perantauan yang bersama bertujuan memperjuangkan suara rakyat kecil berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yang dijiwai semangat demokrasi, kekeluargaan, keterbukaan dan tanggung jawab etika, moral serta hukum baik nasional maupun internasional. Forum ini memiliki tujuan untuk membantu pemerintah pusat dan daerah dalam mencapai pembangunan nasional serta mewujudkan  ketentraman, ketertiban serta kesejahteraan masyarakat. Forum Komunikasi Masyarakat Perantauan ini resmi dibentuk pada tanggal 24 April 2012 pada pertemuan di Kampung Rambutan yang dihadiri oleh para tokoh masyarakat yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia..

Dengan kondisi DKI Jakarta yang sebentar lagi akan mengadakan pemilihan Gubernur Forum Kasmaran yang memiliki jumlah anggota hingga 760 orang ini bersama mendeklarasikan untuk mendukung Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta.
Dukungan dari Forum Kasmaran dapat terlihat dari keikutsertaan anggotanya dalam setiap kegiatan Jokowi di Jakarta. Kunjungan Jokowi ke kediaman Mooryanti Soedibyo didaerah Menteng, Jakarta Pusat juga dihadiri oleh beberapa anggota kasmaran termasuk ketua umum Forum Kasmaran Leles Sudarmanto.

Jokowi memiliki wawasan yang luar biasa untuk memimpin Jakarta dan Jokowi adalah sosok pemimpin yang kompromistis. Jokowi pun seorang pemimpin yang memiliki kepedulian terhadap budaya dan mencintai budaya, ujar Dewan Pembina Forum Kasmaran yang juga aktor senior, Deddy Sutomo.



Readmore »

Dinas Sosial DKI Gelar Sarasehan Antar Generasi


Bertempat di Hotel Grand Menteng Jakarta, Dinas Sosial DKI Jakarta dalam upaya membangun kemandirian Generasi Muda menggelar Sarasehan Antar Generasi, acara yang diiukti oleh Organisasi Kepemudaan seperti FKPPI, PPM, Karang Taruna, Pramuka, Mahasiswa dan Tagana tersebut juga diikuti para Pejuang bangsa, yang tergabung dalam Persatuan Perintis Kemerdekaan RI, Wirawati Catur Panca, DHD 45, LVRI dan PEPABRI DKI.

Dalam laporannya  Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Susy Dwi Harini, menjelaskan bahwa Sarasehan ini diikuti oleh 150 peserta, dari organisasi kepemudaan dan para perintis kemerdekaan, dengan demikian diharapkan akan ada transformasi nilai-nilai kejuangan dari para Pejuang dan Perintis Kemerdekaan pada para Pemuda, bagaimana kedepan Generasi Muda dapat terlibat dalam pembangunan tetapi dengan semangat juang yang tinggi, bagaimana nilai-nilai kepahlawanan yang terus berjuang tanpa pamrih dapat meningkat.

Disamping itu Dinas Sosial juga berharap nilai kesetiakawanan para Pramuka, Tagana, Karang Taruna dan OKP yang lain dapat semakin meningkat, untuk bersama-sama pemerintah daerah, dalam mengatasi masalah social di masyarakat, dan acara yang juga diikuti para perintis kemerdekaan dari berbagai organisasi ini dapat menjadi ajang silaturahmi, pinta Susy Dwi Harini.

Sementara dalam sambutannya Kepala Dinas Sosial DKI, H Kian Kelana juga mengaku bersyukur dengan digelarnya Sarasehan Antar Generasi yang diikuti para perintis kemerdekaan dan generasi muda ini, sehingga akan dapat menumbuhkan semangat nasionalisme pada genegasi muda, serta membangun jiwa patriotism para generasi penerus bangsa.

Marilah kita merenungkan sejenak, akan semangat para pahlawan yang telah rela berkorban demi kemerdekaan bangsa, mereka berjuang tanpa pamrih, dan kini para pemuda tinggal menikmati hasil perjuangan mereka, kita sedih diera global saat ini para pemuda mengalami kemerosotan akan kecintaan para NKRI, oleh sebab itu dengan silaturahmi para Pejuang dengan para Pemuda, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran bahwa kita berada pada Negara Kesatuan Republik Indonesia, oleh sebab itu tingkatkan nilai persatuan dan kesatuan bangsa, demi tetap tegaknya NKRI,  mari kita tauladani para pejuang bangsa, ajak Kian Kelana
Readmore »

Saharuddin Arsyad Ketua PPM DKI 2012 - 2014


Bertempat di Aula Kodam Jaya, Ketua Umum Pemuda Panca Marga H Lulung A Lunggana secara resmi melantik kepengurusan PPM DKI Periode 2012 – 2014, dan Saharuddin Arsyad yang terpilih secara aklamasi dalam Muda VIII PPM DKI sebagai Ketua PPM DKI menggantikan H Lulung yang kini menjadi Ketua Umum Pemuda Panca Marga.

Sebagai  Ketua Markas Daerah PPM DKI 2012-2016, Saharuddin mengaku akan terus melakukan konsolidasi mulai dari Tingkat Ranting sampai Markas Cabang, guna mensukseskan program-program kerja yang telah digariskan dalam AD/ART Hasil Munas PPM di Medan 2011.  Disamping itu bagaimana kedepan PPM DKI dapat turutserta berpartisipasi atas program-program pemerintah daerah, dalam membangun ibukota Jakarta.

Pada Wartawan, Bung Udin anak keempat dari lima bersaudara dari pasangan HM Arsyad ( Daeng Manassa ) dan Hj Syahriah binti Abdul Rhman binti H Abdul Rahman ( Daeng Patappu ) lahir di Riau 17 Oktober 1974. Cucu dari Daeng Patappu anggota Veteran RI NPV 4001562 ini mengaku akan terus melakukan pembinaan kepada Generasi Muda, dalam mencetak kader bangsa yang memiliki jiwa-jiwa kepahlawanan.

Karena PPM adalah putra  Veteran,  oleh sebab itu kita akan terus membangun nilai kejuangan pada seluruh generasi muda, bagaimana kita dapat mencetak kader yang berkualitas, yang cinta tanah air dan setia pada NKRI, beberapa tingkatan harus diikuti oleh peserta Diklat, mulai dari tingkat Pratama, Madya dan Utama, sehingga para Pemimpin Bangsa Kedepan adalah mereka yang benar-benar mengerti akan empat Pilar Kebangsaan, yaitu tetap berkomitmen pada Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, paparnya tegas.



PPM DKI Tolak UU No.20 Tahun 2009
Dalam kesempatan tersebut, Saharuddin Arsyad juga mengaku secara tegas menolak UU No.20 tahun 2009 tentang  Tanda Jasa, yang melarang penerima Bintang Gerilya dimakamkan di TMP Kalibata dan hanya penerima Bintang Maha Putra saja yang boleh dimakamkan di TMP Kalibata.
Menurut, Taman Makam Pahlawan dibuat oleh Para Pejuang dan untuk Pejuang Kemerdekaan, dan bukan untuk para elit di negeri ini, seharusnya para elit dimakamkakn saja di Pemakaman Sandiago Hill, sementara biarlah TMP Kalibata untuk memakamkan para Pejuang Kemerdekaan.  Jumlah  Penerima Bintang Gerilya saat ini tinggal sedikit, seharusnya tidakperlu ada larangan, namanya saja Taman Makam Pahlawan, masak Pahlawan tidak boleh di makamkan disitu, inikan aneh….?, sementara orang yang tidak berjuang, hanya karena prestasi , kemudian memperoleh penghargaan Maha Putra, entah meninggalnya karena apa ?, tiba-tiba dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, ini jelas tidak adil, oleh sebab itu kami dari Pemuda Panca Marga menolak tegas larangan tersebut, ungkapnya tegas
Readmore »

Sabtu, 23 Juni 2012

Gempa 6,6 SR Kembali Guncang Aceh



Gempa bumi berkekuatan 6,6 Skala Richter (SR) mengguncang Aceh, pukul 11.34 WIB, Sabtu, berita tersebut disebarluaskan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dalam  siaran PERS, BNPB menegaskan, bahwa gempa di koordinat 2,81 Lintang Utara-97,71 Bujur Timur di kedalaman 103 kilometer. dan berada pada 24 Km baratlaut Kota Subulussalam.
Pusat gempa berada di 24 kilometer barat laut Kota Subulussalam, Aceh dan tidak berpotensi tsunami. gempa juga dirasakan di berbagai daerah di Aceh, hingga Medan. namun kini aktifitas masyarakat sudah kembali normal

Readmore »

Jumat, 22 Juni 2012

Disdik DKI Gelar Job Matching SMK


Dalam upaya memberikan kesempatan kerja bagi lulusan SMK di Provinsi DKI Jakarta, Dinas Pendidikan DKI melalui Kasie SMK menggelar acara Job Matching SMK, di halaman Kampus STEKPI Jakarta,pada Sabtu hingga Minggu (23 – 24 Juni)  disela acara tersebut juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara dinas Pendidikan DKI dengan Dunia Usaha.

 Ketua STEKPI Drs Agung Nur Fajar SE Ak MSi selaku tuan rumah mengaku bangga dengan kegiatan Job Matching SMK kali ini, karena kerjasama antara Dinas pendidikan dan Dunia Usaha harus ditumbuhkembangkan dalam meningkatkan kualitas lulusan. Demikian juga STEPKI juga terus melakukan kerjasama dengan Pemerintah dan dunia usaha, sehingga para lulusan dapat segera terserap ke Pasar kerja, bahkan pembiayaan akademik juga ditanggung Pemda maupun Dunia usaha, oleh sebab itu kegiatan seperti ini agar terus ditingkatkan, pintanya.

Sementara dalam sambutannya, Kadisdik DKI  Dr. H. Taufik Yudi Mulyanto juga mengaku bersyukur atas digelarnya Job Matching ini, yang telah memudahkan bagi lulusan SMK di DKI Jakarta dalam mencari kerja.
Dengan kegiatan seperti ini juga diharapkan akan memberikan pilihan pada lulusan SMK untuk mengambil study lanjut atau mengabdikan diri ke dunia industry dan dunia usaha.

Job Matching yang digelar sesudah pengumuman kelulusan juga memberikan kesempatan pada dunia usaha dan dunia industri untuk menyeleksi  pekerja yang sebagaimana diharapkan dari perusahaan, sesuai kriterianya. 



Disela acara tersebut, Ketua Pelaksana Job Matching SMK, yang juga Kepala SMK 27 Pariwisata Jakarta, Drs. Sudiono, MM saat ditemui wartawan mengaku bersyukur karena dalam setiap acara bursa kerja, disitu juga tersedia lowongan untuk jurusan Pariwisata, beberapa Perhotelan kali ini juga melakukan seleksi penerimaan karyawan.

Disamping  itu dalam Job Matching 2012 ini juga diikuti perusahaan yang membutuhkan lulusan SMK Manajemen dan SMK Teknik Industri, dengan menyertakan 124 Perusahaan, dengan menyediakan lebih dari 1.000 lowongan kerja yang tersedia, dengan kualitas pendidikan yang baik di Jakarta, saya yakin ethos kerja para lulusan SMK di Jakarta juga lebih baik, oleh sebab itu saya berharap kerjasama dunia Industri dengan Dinas Pendidikan DKI, khususnya beberapa SMK yang ada di Jakarta, dapat terus ditingkatkan, papar  Sudiono.
Readmore »

Kamis, 21 Juni 2012

Soal e-KTP, Indonesia setingkat Jerman, kata Mendagri


Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menyatakan soal Kartu Tanda Penduduk bersistem elektronik (e-KTP), Indonesia berada setingkat  (level) dengan Jerman yang sebelumnya telah lebih dulu mengalami kemajuan.

"Soal teknologi dan pendidikan, kita memang masih berada di bawah, namun soal e-KTP, Indonesia se-`level` dengan Jerman," katanya dalam pidatonya dalam pertemuan dengan para pejabat pemerintah daerah Provinsi Riau di Pekanbaru, Kamis (21/6).

Data kependudukan Tanah Air, menurutnya, saat ini telah memasuki era modern. Sistem ini mampu mendukung sistem dan pembangunan yang sedang diprogramkan bangsa ini.

Kata Mendagri, Indonesia berada pada `level` yang memuaskan, khususnya dalam pendataan kependudukan, bahkan melangkahi negara-negara tetangga yang masih menggunakan sistem lama.

Ia menjelaskan, e-KTP merupakan kartu identitas yang multifungsi dan multideteksi sehingga tidak akan mampu ditembus dengan teknologi sembarangan.

Perekamannya, kata Mendagri, tidak hanya mengandalkan satu sample kependudukan.

Penduduk Indonesia wajib merekam jati dirinya dengan terlebih dahulu merekamkan tanda-tanda yang sulit dipalsukan seperti sidik jari, tanda tangan dan kecocokan mata.

Untuk itu, kata Mendagri, sangat kecil kemungkinan bagi warga untuk memanipulasi datanya.

"Selain itu, yang jelas dengan e-KTP, masyarakat tidak akan bisa lagi berbuat macam-macam," katanya.

Kepolisian lebih terbantu dengan adanya e-KTP, khususnya dalam menangani kasus-kasus kriminalitas yang selama ini marak di sejumlah daerah.

"Dengan e-KTP, jangankan penjahat, calon penjahat pun akan terdeteksi dan datanya ada di Kementerian Dalam Negeri," katanya.

Selain itu, dengan e-KTP, negara akan mampu menangkal peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang. 
"Dengan e-KTP, maka akan diketahui secepatnya siapa-siapa saja warga pendatang di suatu daerah," katanya.

Readmore »

BLUEFORCES BUATKAN VIDEO KLIP LAGU FAUZI - NACHROWI


Masa-masa menjelang pelaksanaan jadwal kampanye pemilukada DKI Jakarta mulai menghangat. Masing-masing timses calon yang akan berlaga mulai sibuk. Demikian pula dengan para ormas pendukung. Salah-satunya adalah Blueforces, sebagai sebuah organisasi kemasyarakatan pemuda yang selama ini komit mendukung Fauzi Bowo sejak tahun 2007 pun tengah bersiap-siap memeriahkan masa kampanye yang akan berlangsung pada 24 Juni – 7 Juni 2012. Dan diawali dengan deklarasi kampanye damai pada 23 Juni. Berkenaan dengan jadwal yang sudah terencana itu, maka Blueforces pun melakukan langkah persiapan guna terlibat penuh dalam masa kampanye nanti.

Selain melakukan penggalangan dan melaksanakan kegiatan Baksos, tak tanggung-tanggung langkah persiapan yang dilakukan Blueforces adalah menyiapkan lagu-lagu bertema kampanye pemenangan Fauzi-Nachrowi. Selama ini sudah Banyak lagu yang diciptak`n jelang kampanye, namun penyiapan lagu yang dilakukan Blueforces lengkap dengan video klipnya dan para penarinya. Bertempat di Bumi Perkemahan Pramuka Ragunan (Minggu, 10/6/2012), sengan melibatkan sebanyak 60 orang anggota Blueforces yang rata-rata berusia muda, melakukan kegiatan syuting pembuatan klip lagu berjudul “Blueforces Fauzi-Nachrowi”. Menurut Erwin H. Al-Jakartaty, Commandante Blueforces, acara syuting lagu kampanye ini merupakan bagian dari konsolidasi dan pembinaan anggota yang tengah dijalankan dan merupakan rutinitas harian  yang dilakukan Blueforces saat musim pilkada tahun ini.

Rencananya Blueforces membuat  empat lagu dalam satu CD, dan proses pembuatannya melibatkan seorang arranser dan pencipta lagu kawakan Edison Sibuea. Lagu berirama enegik dan menggugah semangat ini syairnya dibuat sendiri oleh Erwin H. Al-Jakartaty dan penyempurnaannya berupa musik dan  arransemen dilakukan oleh Edison Sibuea. Karya kolaborasi dua tokoh pemuda ini menghasilkan sebuah karya yang sangat bagus. “Kami merencanakan seruatu yang berbeda dimasa kampanye nanti, lagu ini tidak semata diputar tapi dilengkapi juga dengan tarian. Kami juga akan memutar lagu ini keliling Jakarta” demikian Erwin H. Al-Jakartaty menegaskan. Timses Fauzi-Nachrowi merangkul banyak seniman guna memeriahkan kampanye yang akan dilaksanakan, dan diantara seniman-seniman tersebut banyak melahirkan pula beberapa lagu-lagu bertemakan kampanye. Namun lagu yang dibuat oleh anak-anak Blueforces merupakan warna tersendiri dalam pemilukada DKI Jakarta tahun ini.   Diluar momentum kampanye pilkada, pada dasarnya terciptanya lagu ini merupakan bentuk kreatifitas dari organisasi Blueforces yang selama ini memang terkenal kreatifitasnya sebagai organisasi pemuda yang bersemboyan loyal. Dinamis dan militant. (Sos)




Readmore »

Beny Sadikin : Santunan Sunatan Massal dan Pengobatan Gratgis, dari LSM KopiJak


Komite Peduli Jakarta (KopiJak), sebagai Salahsatu organisasi kemasyarakatan yang bergerak dibidang Pendidikan, Kebudayaan dan Kesehatan terus meningkatkan perannya ditengah masyarakat, melalui kegiatan sosial kemanusiaan,  KopiJak  beberapa harilalu menggelar bhakti sosial.

Ketua Komite Peduli Jakarta Beny Sadikin disela acara tersebut pada wartawan menjelaskan, bahwa kegiatan Sunatan masal dan pengobatan gratis ini, sudah digelar secara rutin tiap tahun, dan kali ini merupakan kegiatan yang ke 12 kali, jadi kegiatan ini sudah berjalan 12 tahun, dan akan terus digelar guna membantu warga kurang mampu untuk memperoleh pengobatan secara gratis.

Lebih jauh Beny Sadikin menjelaskan, bahwa untuk pengobatan gratis hari ini akan diikuti oleh 500 orang dari kelurga kurang mampu, dari Kelurahan Pasar Manggis, Menteng Atas dan Setia Budi, kita sudah siapkan tim medis berikut obat-obatan, apabila nantinya ditemukan penyakit yang harus dirujuk, maka akan kita fasilitasi mereka untuk dirawat di Rumah Sakit, semuanya gratis.

Disamping itu dalam kegiatan Bhaksos ini juga akan diadakan Sunatan Masal, sebenarnya kita rencanakan 100 orang, namun karena yang ada hanya 25 anak, maka kita akan melakukan sunatan untuk 25 orang, disamping itu kita juga akan berikan santunan anak yatim.
Untuk menyemarakkan acara KopiJak juga menggelar aneka hiburan rakyat, mulai dari Kesenian Betawi Ondel-ondel, Tanjidor, Marawis, Gambang Kromong dan Tari Betawi, juga akan diisi oleh Musisi Jalanan yang selama ini kita bina mereka agar tetap berkreasi, sehingga mereka yang hadir dapat terhibur serta mencintai budaya Betawi, karena pergelaran seni ini juga sebagai upaya untuk melestarikan dan mengembangkan budaya betawi. 



Komite Peduli Jakarta melihat warga Jakarta yang datang dari daerah lain, masih merasa bukan warga Betawi, padahal seharusnya mereka yang sudah lama tinggal di Jakarta dan ber-KTP DKI Jakarta, maka mereka seharusnya  memiliki tanggung jawab terhadap pelestarian Seni Budaya Betawi, dan kita harus akui bahwa Jakarta adalah Multi Etnis, yang terdiri dari berbagai Suku, Ras danAgama, oleh sebab itu melalui kegiatan ini kita ingin men-Jakartakan kota Jakarta, untuk Jakarta yang lebih baik. Serta men-Jakartakan orang Jakarta menjadi warga Jakarta yang multi etnis, sehingga mereka benar-benar merasa sebagai orang Jakarta, tegas Beny.
Readmore »

Jumat, 15 Juni 2012

LP2TRI dan KTI Provinsi Jambi Gelar Kejurnas Tinju Profesional


LP2TRI Production Boxing sebagai salahsatu Organisasi Kemasyarakatan yang juga konsen dalam pengembangan olahraga di tanah air, Kini telah melakukan kerjasama dengan KTI Jambi serta Pemerintah Daerah Provinsi Jambi dalam menggelar Kejuaraan Tinju Nasional, dan acara tersebut juga akan digelar di Hotel Ratu Jambi.
 
Pembina LP2TRI,H  Asril Tanjung dalam acara jumpa PERS dengan beberapa media menegaskan, bahwa pihaknya akan mendorong kejuaraan Tinju Nasional ini, untuk terus dikembangkan, apalagi di Provinsi Jambi juga merupakan daerah yang terus berkembang, oleh sebab itu kejuaraan Tinju Profesional yang juga akan dihadiri para penonton dari luar Jambi, akan mampu memberikan dukungan buat pembangunan Provinsi Jambi.

Diakuinya bibit tinju di Indonesia sekitar 327 petinju, namun apabila dibandingkan dengan jumlah penduduk maka jumlah tersebut sangat sedikit, namun LP2TRI Production Boxing akan terus menggelar ditiap Provinsi, agar tinju Profesional juga akan semakin digemari masyarakat luas, demikian juga para petinju juga akan semakin berkarir ditingkat Nasional maupun kejuaraan tinju dunia, pintanya

Ketua KTI Provinsi Jambi, yang juga Anggota DPRD Provinsi Jambi, DR Ir Hj Hariatia, ME mengaku, bahwa KTI Jambi sangat berterimakasih pada LP2TRI Production Boxing yang telah menunjuk Provinsi Jambi, sebagai tuan rumah Perebutan Kejuaraan Sabuk Emas Tinju Nasional, apalagi panitia menggelar Kejuaraan Tinju Nasional ini di Hotel Berbintang, karena selama ini kejuaraan Tinju hanya digelar di GOR, dan baru kali ini Promotor Tinju di Jambi yang menggelar di Hotel Berbintang, dan Gubernur Jambi juga telah siap mendukung kejuaran Tinju Profesional ini, sehingga diharapkan kunjungan masyarakat penggemar olahraga, khususnya tinju ke Jambi juga meningkat.

Diakuinya Provinsi Jambi adalah Provinsi yang sedang giat-giatnya membangun, oleh sebab itu dalam bidang olahraga kita juga ingin Jambi memiliki petinju sekelas Chris John, dan dengan kejuaraan ini kita berharap akan menumbuhkan petinju baru di Provinsi Jambi, baik di kelas amatir maupun professional, pintanya.
Sementara saat jumpa PERS, Promotor Tinju  yang juga Ketua Umum LP2TRI, Edi Mawardi SH menjelaskan, bahwa Kejuaraan Tinju Nasional ini adalah kejuaraan bergengsi, karena dalam kejuaraan digelar di Hotel Berbintang, dimana biaya penyelenggaraan maupun bayaran bagi petinju juga besar, olehsebab itu saya juga berharap Pemerintah Daerah maupun Sponsor akan dapat mendukung iven tahunan ini.

Untuk Kejuaraan Nasional akan digelar 12 Ronde, sementara Kejuaraan Partai tambahan akan digelar 10 ronde, Iven Tinju Nasional ini juga diharapkan akan menggugah semangat Petinju di Provinsi Jambi untuk terus berlatih, karena LP2TRI Production Boxing akan terus memberikan kesempatan pada Petinju asal Jambi untuk dapat bertanding, tegas promoter Tinju Nasional yang juga dikenal dengan panggilan Edi Kornelius.

Readmore »

Rabu, 13 Juni 2012

Peringati 111 Bung Karno, Laskar Merah Putih Gelar Kirab Obor “Satukan Indonesiaku !”

Dalam upaya meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa, serta memupuk rasa nasionalisme dan Cinta Tanah  Air ditengah masyarakat, bertempat di Leuweung Urug, Gunung Galunggung, Tasik Malaya,  Markas Daerah Laskar Merah Putih Jawa Barat bersama Markas Besar Laskar Merah Putih menggelar acara Haul Bung Karno.

Menurut  Ketua Umum Laskar Merah Putih, H Adek E Manurung SH, bahwa dengan kondisi persatuan dan kesatuan bangsa yang sudah mulai rapuh, telah membuat pesimis para tokoh nasional, dan pejuang Kemerdekaan, bahkan ada yang meyakini apabila kondisi rasa kebangsaan masih seperti ini, maka diperkirakan pada tahun 2015 Indonesia akan terpecah belah, gejala seperti itu sudah terlihat di Provinsi Aceh dan Papua, belum lagi adanya Organisasi Kemasyarakatan yang sudah tidak lagi mengakui Pancasila sebagai Dasar Negara, dan azas Ormas tersebut, oleh sebab itu harus ada upaya untuk membangun kembali rasa Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara.

Rangkaian memperingati Dirgahayu 111 Gelora Kehidupan Bung Karno ini, Laskar Merah Putih juga akan melanjutkan dengan Kirab Obor yang diambil dari Api Abadi dari Gunung Galunggung, dan akan digelar secara Estavet oleh masing-masing Markas Daerah yang dilewati, mulai dari Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur,  Wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga ke Papua, dan diperkirakan akan sampai Papua dalam waktu 2 bulan, oleh sebab itu saya juga menghimbau pada seluruh komponen masyarakat dan bangsa dapat turutserta mensukseskan Obor Satukan Indonesiaku.

Disamping itu Markas Besar Laskar Merah Putih juga mengajak pada seluruh komponen bangsa untuk memegang teguh Empat Pilar Kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, bagaimana Pancasila dapat diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, kebhinekaan yang ada juga harus dihargai, bahwa NKRI dari Sabang sampai Merauke dan dari Mianga sampai Pulau Rote, terdiri dari berbagai Suku Bangsa, Ras, Agama dan Budaya yang beranaka ragam, empat pilar kebangsaan tersebut harus dipertahankan dan tidak boleh diganggu gugat, dan Laskar Merah Putih siap berada di garda terdepan, apabila ada yang mencoba melenceng dan mengkhianati Pancasila, papar H Adek E Manurung SH.
  
Readmore »

Selasa, 12 Juni 2012

H Rukun Santoso Sosok Wakil Rakyat Yang Dekat Dengan Masyarakat


Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta dari Fraksi Hanura yang satu ini, mungkin tidak asing lagi bagi warga Jakarta Selatan, karena tampilnya menjadi wakil rakyat di Kebon Sirih, taklain atas dukungan suara dari warga Jakarta Selatan, oleh sebab itu tidaklah heran kalau H Rukun Santoso terus menjalin hubungan dengan konstituennya diwilayah Jakarta Selatan.

Kalau selama ini banyak anggota dewan yang lebih memilih bekerja di Kantor Dewan daripada terjun ke masyarakat, namun tidak seperti H Rukun Santoso yang selalu menyempatkan diri menyambagi masyarakat di permukiman hingga masuk ke gang kecil, untuk menyerap aspirasi warga Jakarta, diakuinya dalam resses dewan memang dianjurkan untuk menyerap aspirasi masyarakat, namun juga setiap pertemuan dilakukan untuk mensosialisasikan program yang sudah ada. Dimana permasalahan di masyarakat akan dibahas ditingkat Fraksi yang kemudian diperjuangkan di Sidang Paripurna, sehingga apa yang diinginkan warga Jakarta, akan dapat direalisasikan melalui anggaran yang dibahas bersama DPRD dan Eksekutif.

Saat ditemui wartawan dalam acara silaturahmi dengan warga, H Rukun mengaku kedekatan dengan masyarakat adalah kewajiban sebagai anggota dewan, sebagai wakil rakyat yang dipilih dari Partai Hanura, dirinya juga tidak ingin konsituennya keluar dari Partai Hanura, oleh sebab itu pihaknya juga terus meningkatkan silaturahim sebagai kader Partai Hanura, justru bagaimana simpati warga Jakarta pada Partai Hanura juga terus meningkat.

Diakuinya Parlementari treshol 3,5% dalam UU Pemilu yang sudah ditetapkan oleh DPRRI, dalam Pemilu 2014 mendatang, adalah tantangan bagi seluruh Kader Partai Hanura. Sebagai  mantan Ketua DPC Partai Hanura Jakarta Selatan, yang saat ini dipercaya untuk menjadi Bendahara DPD Partai Hanura Provinsi DKI Jakarta, dirinya juga merasa bertanggung jawab akan konstituennya di Jakarta Selatan untuk teris dibina dan ditingkatkan, pengurus PAC dan Ranting yang dulu memiliki andil dalam membesarkan partai Hanura juga harus terus dipupuk dan dipelihara, namun dirinya mengaku sedikit bingung, karena kepengurusan DPC Jaksel dengan kader atau Pengurus PAC serta Ranting yang dulu aktif di partai namun saat ini justru tersingkirkan. Dan kepengurusan PAC serta Ranting bukanlah kader yang telah kita bina, namun justru diisi orang baru, bahkan ada pengurus PAC yang tidak tau masih jadi pengurus PAC apa tidak, karena dalam setiap penggantian tidak pernah ada rapat serta pemberitahuan, kita kawatir ada kekecewaan di gresroad, oleh sebab itu upaya turun kebawah akan terus dimaksimalkan, guna membangun soliditas Kader dan Simpatisan Partai Hanura, papar H Rukun Santoso.
Readmore »

KNPI Jakata Timur Gelar Pelatihan Menajemen Organiasi


Bertempat di Hotel Mega Matraman Jakarta Timur, sebagaimana Program kepengurusan DPD II, selama 4 hari jajaran  KNPI Kota Jakarta Timur menggelar Pelatihan Manajemen Organisasi, menurut Ketua KNPI Kota Jakarta Timur, Benny WIjaya SHi, bahwa peserta pelatihan kali ini adalah pengurus KNPI tingkat Kota, KNPI Pengurus Kecamatan dan Pengurus Kelurahan, mereka akan mendulang ilmu dari para pembicara, baik dari Dinas terkait, Kementrian maupun dari Pakarnya.

Pelatihan Manajemen Organisasi juga sebagai upaya meningkatkan ketrampilan bagi generasi muda dalam berorganisasi, sehingga kelak mereka akan benar-benar menjadi generasi bangsa yang berjiwa nasionalisme, berwawasan kebangsaan,  dan tetap berkomitmen dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dengan telah terbentuknya Pengurus Kecamatan KNPI di 10 Kecamatan serta pengurus 48 Kelurahan, pada bulan ramadhan yang akan datang, KNPI Jakarta Timur akan menggelar Santunan dan Pelantikan Pengurus Kecamatan dan Pengurus Kelurahan, dan mereka setelah dikukuhkan diharapkan akan lebih aktif lagi dalam membantu Pemerintah Daerah, khususnya dalam menangani masalah Kepemudaan, dan permasalahan kemasyarakatan yang lain, dilingkungan mereka tinggal. Oleh sebab itu sebagai Ketua KNPI Tingkat Kota Jakarta Timur, saya berharap seluruh jajaran Pemerintah Daerah mulai dari aparat di Kelurahan, Kecamatan hingga tingkat Kota/Sudin dapat melakukan kerjasama yang baik dengan KNPI, pintanya.

Saat disinggung tentang Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Daerah Provinsi DKI Jakarta, Benny Wijaya mengaku akan turutserta mensukseskan Pilkada tersebut, KNPI memang tidak memihak pada salahsatu kandidat, namun seluruh anggota KNPI diharuskan untuk menggunakan hak pilih, dan turut mensosialisasikan Pilkada yang jujur, transparan dan menjunjung tinggi hak pilih warga.

Seluruh anggota KNPI juga akan menjadi pemantau dalam proses Pilkada tersebut, kita juga berharap seluruh PNS tetap netral tanpa memihak salahsatu kandidat, serta jangan ada pilitik uang di masyarakat, para kandidat agar tidak menggunakan dana APBD untuk kepentingan pilitiknya, karena kita tau ada tiga Cagub dari Kepala Daerah, seperti Fauzi Bowo dari incumbent, Alex Noerdin Gubernur Sumsel dan Joko Widodo dari Walikota Solo, kita tidak ingin dana APBD yang seharusnya untuk membangun masyarakat dan daerah, tapi digunakan untuk kepentingan politik Pilkada, tegasnya.


Readmore »

Ribuan Warga Jakarta Padati Festival Monas 2012


Kawasan Monas merupakan icon Pariwisata di Jakarta, apalagi pada malam hari keindahan Tugu Monas menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestic maupun manca negara untuk datang, oleh sebab itu tidaklah heran jika Festival Monas 2012 yang digelar  Pemerintah Kota Administrasi Pusat melalui Sudin Kebudayaan juga disaksikan oleh ribuan pengunjung Monas.

Atraksi sirkus jalanan yang menggambarkan dua sejoli sedang Jatuh Cinta, yang ditampilkan Atase Kebudayaan Perancis di Indonesia, juga memukau pengunjung, bahkan Gubernur DKI Jakarta H Fauzi Bowo juga memberikan apresiasi khusus pada dua orang yang menyajikan pergelaran tersebut.

Dalam aksinya sepasang seniman Perancis berjalan menuju panggung dengan menggunakan egrang dan mengenakan jaket penuh dengan bambu ukuran kecil berukuran 1 s/d 1.5 meter.
Walaupun jaketnya dipenuhi dengan bambu tidak menghalangi mereka untuk berpelukan karena kangen. Atraksi yang berdurasi 30 menit mendapat sambutan hangat dari penonton, dan mereka pada akhirnya melepaskan jaket yang dikenakan dan langsung berdansa.
           
Disamping itu Festival Monas yang digelar selama dua hari tersebut juga diisi dengan berbagai kesenian Daerah, khususnya Seni Budaya Betawi seperti Tanjidor, Ondel-ondel, Tari Betawi Kreasi Baru, Tari Topeng, Gambang Kromong, Marawis, serta Kesenian partisipasi dari Daerah lain, seperti NTB, Jawa Tengah dan Kesenian Sunda.

Dalam sambutanya Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengatakan Festival Monas merupakan Pesta Rakyat yang menyajikan berbagai tarian budaya betawi, yang bertujuan untuk melestarikan budaya betawi. “Pesta Rakyat yang dibuat Pemerintah Kota Jakpus  dipersembahkan untuk rakyat,” jelasnya.

Fauzi Bowo yang juga didampingi Walikota Jakarta Pusat, Saefullah, menjelaskan sangat mengapresiasi kegiatan Festival Monas karena selain diisi dengan berbagai hiburan,  ada juga pameran 12 Museum maupun Bazar PKK yang diikuti oleh 8 kecamatan se Jakpus, bahkan ada empat provinsi yang ikut pameran diantaranya, Kalimantan Barat, NTB, Purwakarta dan Cirebon.

Jakarta kaya dengan budaya seni tradisional. Jika tidak dilestarikan melalui ajang festival budaya, dikhwatirkan budaya kita akan hilang satu persatu. “ Ini harus dipertahankan, jangan sampai orang jakarta tidak kenal dengan Budaya Betawi, tegas Bang Kumis.

Walikota Jakarta Pusat, Saefullah juga menambahkan, Festival monas akan berlangsung selama dua hari ( 9 s/d 10 Juni’ 12 ). Festival tersebut diramaikan Sonet Rock (Vicky Rhoma Irama), Gambang kromong, ondel-ondel, tarian tradisional, serta ikut negara sahabat Francis dengan menampilkan Sirkus Jalanan. Festival Monas juga diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi warga yang berkunjung di kawasan Taman Monas, mereka bisa berjoget bersama Sonet Rock dan menyaksikan berbagai hiburan lainnya.
Readmore »

Partisipasi BLK Jakarta Timur Dalam Jakarnaval 2012


Puncak Peringatan HUT Kota Jakarta yang ke 485, dengan  Pawai Jakarnaval 2012 berlangsung semarak, pada Minggu (10/6). Puluhan ribu warga memadati rute-rute yang dilalui kendaraan hias dan parade seni, yang melintas dari jalan Medan Merdeka Selatan, depan Gedung Balaikota Pemprov DKI Jakarta, menuju Jalan MH Thamrin dan berputar di Bundaran Hotel Indonesia.

Beberapa dari mereka ada yang terlihat berfoto dengan mobil yang berhias khas DKI Jakarta, mulai dari pita warna warni sampai ondel-ondel. Mobil-mobil tersebut berjalan perlahan sehingga masyarakat bisa berfoto bahkan mencari artis idolanya sebelum mobil hias berjalan, hal tersebut juga terlihat pada Mobil Hias dari Balai Latihan Kesenian (BLK) Jakarta Timur, yang menampilkan beberapa artis Ibukota seperti Riyanto, Edi Oglek serta Artis Betawi lainya yang sering terlihat dalam Layar Kaca Sinetro Islam KTP.

Peserta Mobil Hias dan peserta Atraksi Seni Budaya  dinilai oleh tim juri mobil hias dan juri penampilan terbaik artraksi Seni Budaya, acara ini juga menampilkan banyak hiburan Betawi seperti Gambang Kromong, Lenong Betawi, tarian-tarian, Band dan atraksi komunitas peserta Jakarta karnaval



Peserta  yang turut  berpartisipasi terdiri dari 148 unit motor (Harley Davidson, dll), 140 sepeda (Bike to Word Community, Sepeda Fixie Club, BMX Jakarta, KOBA, dll), 56 group arak-arakan seni budaya (Korea Cover Dance, Liong dan Barongsai, Perguruan Tinggi, Arak arakan Musik Tradisi Bali dan penganten adat Bali, Jelajah Budaya, Ikatan Abang None Jakarta,dll), 66 Unit mobil (PPMKI, ICCOC, Morris Club, Indonesian Bimmers, Predator Airsoft club, dll), 25 unit mobil hias (Instansi Pemerintah, Perusahaan Swasta.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengharapkan warga Jakarta semakin mencintai kotanya melalui acara Jakarnaval 2012. Para warga juga diharapkan mampu bersama-sama membangun kota yang tengah berulang tahun ke-485 ini. "Kegiatan ulang tahun ini diharapkan dapat menambah rasa cinta warga Jakarta terhadap kotanya. Kalau orang semakin cinta kotanya, Pemerintah Daerah lebih mudah mengajak mereka untuk berpartisipasi," ujar Gubernur yang juga dikenal dengan sebutan Bang Kumis.

Sementara disela acara tersebut, Kasie Pergelaran Balai Latihan Kesenian Kota Administrasi Jakarta Timur, Syaiful Amrie, saat ditemui wartawan disela acara tersebut juga menegaskan, bahwa penambilan BLK Jakarta Timur dalam Jakarnaval 2012 dengan Mobil Hias ini, merupakan kegiatan Pergelaran Partisipasi dalan Jakarnaval, untuk memeriahkan HUT Kota Jakarta yang ke 485, pihaknya sengaja menampilkan Musik Gambang Kromong dan Teater Betawi, adalah upaya untuk lebih memperkenalkan salahsatu budaya betawi pada masyarakat luas.

Sebagaimana Tema HUT Kota Jakarta ke 485 yang sudah dicanangkan oleh Gubernur yaitu “Jakartaku Harapanku”, BLK Jakarta Timur juga berpartisipasi bagaimana juga memberikan harapan pada sebuah budaya Betawi, dimana BLK Jaktim disamping melestarikan dan mengembangkan budaya Betawi, tetapi juga merevitalisasi Budaya Betawi, inilah sebuah harapan bagi para Seniman Betawi.

Untuk kendaraan Hias menampilkan Bangunan Pendopo Betawi, yang didalamnya terdapat musik Gambang Kromong dan Pemain Lenong Betawi, sebagai seniman kita juga ingin menegaskan, bahwa bermain Lenong diatas mobilpun kita bisa, ungkap Sutradra Komedi Betawi yang juga banyak menghiasi Sinetron layar kaca
Readmore »

Senin, 11 Juni 2012

Temu Kangen IKAL SMA TUNAS & Ulang Tahun SMK Tunas

Bertempat di halaman Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tugu Nasional (Tunas) Cawas Klaten, beberapa alumni SMA Tunas Cawas menggelar acara Temu Kangen dan Ulang Tahun SMK Tunas, berbagai atraksi kesenian ditampilkan oleh para Alumni dan Siswa, acara tersebut juga disaksikan oleh warga disekitar sekolah

Dalam kesempatan tersebut, Kepala SMK Tunas, Drs Miyono mengaku gembira atas partisipasi para alumni SMA TUNAS yang telah bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan di Lembaga Pendidikan dibawah Yayasan Tugu Nasional ini, dan diharapkan partisipasi seperti ini dapat terus ditingkatkan.


Dengan dihadiri dari beberapa angkatan/lulusan, juga diharapkan akan meningkatkan silaturahmi sesama alumni untuk saling kenal dan saling bertukar komunikasi, yang nantinya dapat berdampak positif, seperti informasi lowongan kerja, informasi kewirausahaan, Informasi Pendidikan Tinggi, yang dapat membantu sesama alumni, tingkatkan persatuan dan kesatuan, jaga almamater SMA TUNAS, pintanya.

  
Readmore »

Kamis, 07 Juni 2012

UKM EXPO Diramaikan 200 Peserta Koperasi

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo secara resmi membuka Pekan Raya Koperasi dan UKM Expo, di Balai Benih dan Tanaman Ragunan, Pasarminggu, Jakarta Selatan, acara yang juga digelar Pemberian Bantuan pada Koperasi tersebut diikuti oleh 200 Koperasi serta 200 Usahah Kecil dan Menengah dari lima Wilayah Kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu. dengan menampilkan berbagai produk masyarakat.

Dalam pesanya Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengaku, akan terus mendukung perkembangan Koperasi dan UKM di Jakarta. Terlebih, Koperasi Jasa Keuangan (KJK) yang berada di  267 kelurahan di DKI Jakarta, juga siap membantu para pengusaha mikro untuk tumbuh lebih baik. "Saat ini sudah lebih dari Rp 200 milar dana yang Pemprov DKI gulirkan untuk KJK, dan ke depan pasti akan ditambah lagi," tegasnya.

Ratna Ningsih, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKPM) DKI Jakarta juga menambahkan, bahwa Dinas KUKM dan Perdagangan saat ini juga terus membantu pengusaha kecil dengan melabelkan produk sesuai keinginan pasar, dengan labelisasi produk UKM tersebut  diharapkan dapat meningkatkan upaya pemasaran produk, sekaligus meningkatkan pendapatan pelaku UKM. "Ini kita khususkan terlebih dahulu untuk usaha mikro. Mereka harus memiliki izin industri rumah tangga," ujarnya.


Disela acara tersebut, pada stan Batavia Kreatif yang menampilkan aneka busana, kemeja, Kain dan aneka produk Batik Betawi, Pembina Koperasi Wanita Patra, ibu Rini didampingi Ketua Dewan Pembina Koperasi Wanita Patra,ibu Linda pada wartawan menjelaskan, bahwa Batavia Kreatif merupakan salahsatu binaan Koperasi Wanita Patra yang selama ini memiliki kepedulian pada pengembangan batik Betawi, bahkan dengan karya-karya yang memiliki kualitas terbaik saat ini, mampu memperoleh penghargaan khusus dari Pemda DKI, yaitu sebagai Koperasi Pencetus Batik Betawi.

Lebih jauh ibu Rini menegaskan, bahwa kepedulian dalam mengembangkan Batik Betawi, karena Jakarta sebagai Ibukota belum memiliki cirri Batik khusus, padahal Jakarta seringkali menerima tamu kenegaraan,  kenapa belum punya batik sendiri, oleh sebab itu kita terus berkreasi menciptakan batik dengan ciri Betawi, seperti Ondel – ondel, Kembang Kelapa dan yang lain, dan Batavia Kreatif akan terus berkarya sebanyak mungkin, sehingga Betawi dengan batiknya juga dapat dikenal seperti Yogyakarta, Solo, Pekalongan serta Kota Batik lainya, tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Primkopti Jakarta Barat, Suharto yang dalam acara tersebut menerima bantuan permodalah bagi pengusaha tahu dan tempa sebesar Rp.500 juta dari Kementrian Koperasi, pihaknya sangat bersyukur atas kepedulian Pemerintah Pusat dan Pemerintah DKI Jakarta, yang terus peduli dengan Koperasi.
Dengan dana bantuan bergulir 500 juta ini, KOPTI akan berupaya meningkatkan produk tahu dan tempa, sehingga para pengrajin tahu dan tempa diharapkan akan lebih sejahtera dan maju, dana bergulir ini akan dikembalikan selama 3 tahun, dan terus dikembangkan oleh peserta Koperasi yang kini berjumlah 735 anggota KOPTI, dan 532 calon anggota baru, paparnya.
Readmore »

Dies Natalis Ke 43 STP Trisakti, Kampus Penuh Pesona Diera Global


Bertempat di Kampus Pesona IKPN Tanah Kusir Bintaro, jajaran Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti menggelar acara Dies Natalis ke 43, berbagai kesenian tradisinal mulai dari Kesenian Daerah Aceh, Kesenian Betawi, Jawa hingga Kesenian Maluku memeriahkan hari jadi STP Trisakti tersebut. Hadir juga Ketua Yayasan Trisakti Julius Yudha Halim dan Perwakilan dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatir serta perwakilan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Trisakti Julius Yudha Halim mengaku sangat mendukung upaya yang dilakukan STP Trisakti dalam meningkatkan kualitas akademik, dengan adanya peningkatan kualitas dosen untuk memberikan beasiswa para Dosen menyelesaikan S2 dan S3, serta adanya upaya yang akan merenovasi Gedung Kampus STP Trisakti.

Usia 43 tahun ibarat orang dengan usia produktif, dan STP Trisakti telah melahirkan para ahli dibidang kepariwisataan, dan sebagai Perguruan Tinggi Swasta dibidang Pariwisata tertua di Jakarta, hendaknya seluruh jajaran STP Trisakti tidak terlena, namun justru terus tertantang untuk meningkatkan kualitas alumni.
Menyinggung akan adanya sengketa Yayasan Trisakti dengan Rektor Universitas Trisakti, Yudha Halim mengaku sedih  dengan penegakan  hukum yang ada di Indonesia, karena pihaknya sudah lima kali memenangkan proses peradilan serta putusan PK, tetapi 5 putusan tersebut tidak diindahkan dan dilaksanakan oleh pihak berwewenang, kita sudah protes keras, tetapi tidak ada tanggapan, paparnya.


Sementara Ketua STP Trisakti Djoko Sudibyo menjelaskan, bahwa pihaknya terus berupaya meningkatkan lulusan yang berkualitas, oleh sebab itu program kerjasama dengan beberepa Universitas ternama di beberapa Negara seperti di Singapura, Belanda, Malaysia, Taiwan dan Negara lain terus ditingkatkan, demikian juga pemberian beasiswa pada siswa terbaik jumlahnya juga akan ditingkatkan, oleh sebab itu pihaknya juga mengundang beberapa Perusahaan dan Pemerintah Daerah untuk dapat memberikan beasiswa khusus bagi Mahasiswa berprestasi.

Selaku pimpinan STP Trisakti, pihaknya juga bangga dengan para mahasiswa penerima beasiswa luar negeri yang memiliki prestasi membanggakan, demikian juga para alumni yang telah bekerja di beberapa Negara tetangga, juga memiliki prestasi yang baik, sehingga kepercayaan dunia usaha pada STP Trisakti juga terus meningkat¸ oleh sebab itu untuk lebih meningkatkan kualitas lulusan, STP Trisakti sebentar lagi akan memiliki Program Doktor dibidang studi Pariwisata.

Beberapa kajian dibidang Kepariwisataan akan terus ditingkatkan guna meningkatkan peranserta STP Trisakti pada peningkatan Pariwisata secara Nasioal maupun di Daerah-daerah, oleh sebab itu dukungan semua pihak sangat dibutuhkan, tegas Djoko Sudibyo.
Dalam waktu yang bersamaan, dalam acara puncak Dies Natalis ke 43 tersebut, ST Pariwisata Trisakti juga memberikan penghargaan kepada Dosen serta Karyawan,yang memiliki masa pengabdian, 15, 25 dan 30 tahun, hal tersebut sebagai ungkapan terimakasih ST Pariwisata Trisakti pada mereka yang telah mengabdikan diri dalam pengembangan akademik, dan dengan penghargaan ini,diharapkan akan memicu semangat dan kualitas kerja, yang lebih baiklagi, pintanya. 

Seminar Nasional Pariwisata
Memperingati Dies Natalis KE-43 Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti,mahasiswa Program Pascasarjana juga menyelenggarakan dialog pariwisata guna berkontribusi dalam pengembangan pariwisata Indonesia.
Dalam kesempatan tersebut Ketua STP Trisakti Djoko Sudibyo mengatakan kegiatan dialog dan seminar pariwisata ini  dilakukan secara rutin, sebagai wujud peran serta kampus dan mahasiswa program pascasarjana dalam pengembangan pariwisata Indonesia.

Bagi Mahasiswa Pascasarjana STP Trisakti, khususnya penerima beasiswa unggulan tingkat S2 selaku penyelenggara, kegiatan ini bermanfaat sebagai pendukung perkuliahan konsentrasi MICE (Meeting, Incentives, Conference, Exhibition). "Kegiatan ini penting mengingat Indonesia yang kaya akan objek wisata namun minim dengan kegiatan ilmiah yang membahas pendukung pariwisata,"katanya.

Dengan dialog menampilkan sejumlah nara sumber yang ahli pada bidangnya, juga diharapkan mampu mengembangkan pariwisata serta menumbuhkan dan memperkuat sinergi antara sektor pariwisata dengan pendukungnya.

Sejumlah narasumber antara lain Presiden Jember Fashion Carnival (JFC), Dynand Fariz dengan tim JFC, ia berbagi pengalaman kegiatan JFC yang diakui dunia sebagai event peringkat ke empat dunia,Ivan Raja dari Dinas Pariwisata DKI Jakara, pakar manajemen pemasaran GatotL. Budiono,dan Sodiran dari Polda Metro Jaya yang membahas secara panel mengenai tips dan trik persiapan, pelaksanaan, dan peraturan dalam penyelenggaraan even.(Rul)
Readmore »

Rabu, 06 Juni 2012

BNPB Gandeng UNFPA dan BPS Tanggulangi Bencana


Dalam upaya memaksimalkan penangulangan bencana di lapangan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bertempat di Hotel Borobudur Jakarta, melakukan kerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) dan United Nations Population Fund (UNFPA) serta berkolaborasi dengan Assessment Working Group (yakni: Emergency Capacity Building Project, UNFPA, OCHA, UNICEF, dan WFP) dalam acara tersebut juga digelar Seminar Internasional dengan tema “Optimalisasi Data Kependudukan dan Data Sekunder dalam Penanggulangan Bencana”.

Dalam acara jumpa PERS, Dr. Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat data dan Humas BNPB, pada wartawan menjelaskan, bahwa seminar dan MOU ini bertujuan untuk optimalisasi pemanfaatan data lebih khusus lagi data kependudukan dan data sekunder ke dalam program penanggulangan bencana.
“Ketersediaan data penduduk adalah sangat penting pada seluruh fase bencana. Data yang akurat merupakan landasan bagi kesiapsiagaan bencana yang efektif, pencegahan konflik, respon bencana dan proses rehabilitasi dan rekonstruksi,” tegas  Sutopo.

Kebutuhan data, tambahnya, akan meningkat pada fase kesiapsiagaan untuk penyusunan rencana kontijensi, analisa kerentanan dan sebagai indikator dasar/baseline. Sedangkan pada fase akut, data adalah sangat penting untuk perencanaan dan penyusunan target respon agar memberikan dampak dan selama fase kronis bermanfaat untuk menyusun dan pelaksanaan program jangka pendek yang berorientasi kemanusiaan dan untuk kepentingan monitoring dan evaluasi. Data yang terpercaya juga harus dimanfaatkan juga untuk penyusunan program rehabilitasi dan rekonstruksi pada fase pasca krisis.

“Diharapkan, penggabungan data kependudukan nanti dapat dimanfaatkan dalam Analisis Risiko Bencana. Selain juga dapat dimanfaatkan untuk sistem data dan informasi dasar dan penilaian kebutuhan bencana atau disaster need assessment, termasuk MIRA (Multi Cluster Initial Rapid Assessment),”kata Deputi Bidang Penangganan Darurat Ir. Dody Ruswandi, MSCE, mewakili Kepala BNPB yang berhalangan hadir. Dari BPS hadir Kepala BPS Dr. Suryamin, M.Sc, dan Kepala Kantor UNFPA Jose Ferraris. Selain itu ada  narasumber dari UNFPA, WFP, dan UNDP.

Readmore »

Fauzi Bowo Hadiri Gebyar 10000 Penggalang dan Pelantikan Kwarcab serta Mabicab Jaktim


Bertempat di GOR Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, H. Fauzi Bowo, menghadiri kegiatan Gebyar 10 ribu anggota Pramuka Jakarta Timur, Dalam kegiatan ini juga sekaligus dikukuhkan pengurus Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Jakarta Timur dan pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jakarta Timur Masa Bakti 2012-2017.

Dalam pesannya Gubernur mengharapkan, kepada mereka yang baru saja dikukuhkan agar mengerti bahwa gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan yang membina generasi muda agar menjadi generasi yang berwatak, berkepribadian, dan berbudi pekerti, serta memiliki keterampilan hidup. “Tujuan pembinaan Pramuka itu sendiri untuk menciptakan generasi yang memiliki wawasan yang luas, cinta tanah air, serta memiliki jiwa membela Negara. Setiap kader Pramuka termasuk para pengurus harus mempunyai komitmen yang tinggi untuk memperkuat gerakan Pramuka,” katanya.

Fauzi berharap, melalui gerakan Pramuka generasi muda mempunyai akhlak yang lebih baik, sebab saat ini banyak tindakan anarkis, penggunaan narkoba dan tindak kriminal lainnya. Untuk itu Gerakan Pramuka perlu diperjuangkan sebagai wadah pilihan utama dan solusi utama para generasi muda, pinta Bang Kumis.


Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Administrasi Jakarta Timur masa Bakti 2012-2017, Drs. H. Ibnu Hajar B. M.Si. disela acara tersebut pada wartawan juga mengaku akan segera membenahi sarana Sekretariat Kwarcab, dan akan menyusun program kerja yang lebih baik, dalam mendidik Generasi Muda melalui Gerakan Pramuka, seluruh Sekolah di Jakarta Timur wajib membentuk Gugus Depan dan mengaktifkan Kegiatan Kepramukaan disekolah masing-masing,

Demikian juga pengurus Mabicab maupun Kwarcab yang terdiri dari Kepala SKPD, diharapkan mereka akan peduli dalam membina Pramuka sesuai tupoksi, misalkan Sudin Perhubungan dapat memaksimalkan peran Pramuka Bayangkara,  Sudin Kesehatan dengan Saka Bhakti Husada, Sudin Pertanian dengan Saka Taruna Bumi , Sudin Kehutanan dengan Saka Wanabhakti dan saka yang lain,paparnya.
Readmore »

PT Estona Kurnia Abadi Bangun Koperasi Masyarakat bersama BNMT


Setelah beberapa waktu lalu PT Estona Kurnia Abadi melakukan kerjasama dengan salahsatu Ormas yang aktif dalam mengantisipasi aksi terorisme di Indonesia,yaitu  Gerakan Nasional Memerangi Terorisme (GNMT), kini Perusahaan yang dipimpin oleh Presdir Emma Aprillian tersebut terus meningkatkan perannya, dan salahsatu upaya yang kini dirintis di wilayah Jawa Barat adalah dengan mengembangkan Koperasi Masyarakat (Kopermas). Acara  peresmian kantor dan MOU juga digelar Santunan bagi Yatim Piatu dilingkungan Kecamatan Menteng.

 Sekjen GNMT Drs Dadeng Hidayat pada wartawan mengaku mendukung upaya PT Estona Kurnia Abadi yang kini mengembangkan Koperasi, dimana salahsatu upaya dalam memerangi terorisme adalah meningkatkan ekonomi masyarakat, kita memang akan terus berupaya meningkatkan ekonomi umat, dan ini adalah bentuk realisasi yaitu akan membangun pertokoan  di beberapa wilayah di Jawa Barat, sehingga dengan perekonomian yang semakin membaik, keberadaan teroris di Indonesia dapat ditekan, bahkan dihilangkan, tegas Dadeng Hidayat.



Sementara Predir PT Estona Kurnia Abadi, Emma Aprillian juga menambahkan, bahwa pihaknya bekerjasama dengan Koperasi Usaha Kopermas akan membangun 620 titik Pertokoan Kios Pasar, di Jawa Barat,(ditiap Kecamatan), dengan harga murah untuk pedagang menengah kebawah, dan untuk tahap awal akan dibangun di Kawarang, Bandung, Tasik, Bekasi serta beberapa daerah lainnya. Sebagaimana visi misi bersama GNMT adalah langkah meredam terorisme dengan meningkatkan ekonomi masyarakat, tegasnya.

Engkus Kusnadi Manajer Pengelola yang juga Ketua Kopermas juga menambahkan, bahwa prioritas kerja saat ini adalah menyelesaikan pembangunan Pertokoan per-Kecamatan, untuk satu titik paling sedikit 40 kios dengan harga terjangkau, dimana ditiap Kecamatan akan dibentuk pengurus Kopermas sebagai pengelola bersama, dan kini perijinan juga terus dilengkapi, sehingga pedagang nantinya dapat berjualan dengan nyaman, paparnya.

Hj Marie Amadea anggota DPRD DKI Komisi E pada wartawan juga mengaku bangga akan peran GNMT yang Konsen dalam Perkoperasian, apalagi saat ini Koperasi juga sedang digalakkan, kepemilikan Kios bagi pedagang kecil, adalah upaya membantu rakyat kecil, paparnya.
Readmore »