Rabu, 11 Mei 2016

Delapan Jabatan Strategis Marinir Diserahterimakan


Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana, S.E. memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Pangkalan Korps Marinir (Danlanmar) Surabaya dari Kolonel Mar Nur Hidayat kepada Kolonel Mar Atam, Komandan Pangkalan Korps Marinir (Danlanmar) Jakarta dari Kolonel Mar Gatot Mardiyono kepada Kolonel Mar Teguh Widodo, serta Komandan Detasemen Markas, Markas Komando Korps Marinir (Dan Denma Mako Kormar) dari Letkol Mar Ruslan Arief kepada Letkol Mar Agus Taruna, di lapangan apel Mako Kormar, Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun, No.40, Jakarta Pusat, Rabu (11/05/2016).

Upacara serah terima jabatan tersebut ditandai dengan penanggalan dan penyematan tanda pangkat dan tanda jabatan, penyerahan tongkat komando, penyerahan Dhuaja dan tunggul, serta penandatanganan naskah serah terima jabatan, yang diakhiri dengan laporan resmi kepada Dankormar selaku Inspektur Upacara.

Pejabat lama Danlanmar Surabaya Kolonel Mar Nur Hidayat selanjutnya akan menempati jabatan sebagai Kepala Departemen Marinir Akademi Angkatan laut (Kadepmar) AAL, sedangkan Kolonel Mar Atam sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Material Korps Marinir (Kadismat Kormar). Sementara itu Mantan DanLanmar Jakarta Kolonel Mar Gatot Mardiyono akan mendapatkan jabatan baru sebagai Koordinator Dosen Sekolah Staf dan Komando Angkatan laut (Koordos Seskoal), sedangkan Kolonel Mar Teguh Widodo sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Administrasi dan Personel Korps Marinir (Kadisminpers Kormar). Selanjutnya mantan Dandenma Mako Kormar Letkol Mar Ruslan Arief akan menempati jabatan baru sebagai Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Dan Pasmar 1, sementara Letkol Mar Agus Taruna sebelumnya menjabat sebagai Perwira Staf Operasi (Pasops) Lanmar Jakarta.

Upacara yang dikomandani Pasops Lanmar Surabaya Letkol Mar Sunardi itu melibatkan ratusan Prajurit Korps Marinir dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Korps Marinir gabungan dari sejumlah Kesatuan Korps Marinir yang ada di wilayah Jakarta.

Sebelumnya, Dankormar juga memimpin serah terima jabatan Asisten Perencanaan dan Anggaran Komandan Korps Marinir (Asrena Dankormar) dari Kolonel Mar Endi Supardi yang saat ini menjabat sebagai Dan Denma Mabesal, kepada Kolonel Mar Hermanto, S.E., yang telah merampungkan Sesko TNI di Bandung.

Bersamaan dengan sertijab Asrena Dankormar, dilakukan pula serah terima jabatan Kepala Dinas Administrasi dan Personel Korps Marinir (Kadisminpers Kormar) dari Kolonel Mar Teguh Widodo yang kini menjabat sebagai Danlanmar Jakarta, kepada Letkol Mar Suwandi yang sebelumnya menjabat sebagai Kadispen Kormar.

Selain itu, serah terima jabatan juga dilakukan terhadap Kepala Dinas Material Korps Marinir (Kadismat Kormar) dari Kolonel Mar Atam yang mendapat tugas dan jabatan baru sebagai Danlanmar Surabaya, kepada Letkol Mar Hariadi yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Sub Dinas Perbekalan (Kasubdisbek) Dismat Kormar.

Kepala Dinas Komunikasi dan Peperangan Elektronika Korps Marinir (Kadiskomlek Kormar) dari Kolonel Mar Edy Cahyo Sumarno yang telah menjabat sebagai Komandan Resimen Bantuan Tempur 1 (Danmenbanpur 1) Korps Marinir kepada Letkol Mar Sugiyanto, S.E. (mantan Paban BMN Slog Kormar), serta jabatan Kepala Dinas Penerangan Korps Marinir (Kadispen Kormar) dari Letkol Mar Suwandi kepada Letkol Mar Akhmad Hanifa yang sebelumnya menjabat sebagai Perwira Pembantu Pengendali Personel Staf Personel Korps Marinir (Pabandalpers Spers Kormar). 

Serah terima jabatan tiga Kepala Dinas di jajaran Korps Marinir tersebut berlangsung di Gedung Utama Mako Kormar, Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun, No. 40, Jakarta Pusat, sesaat sebelum upacara serah terima jabatan Dan lanmar Surabaya, Dan Lanmar Jakarta, serta Dan Denma Mako Kormar.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Kepala Staf Korps Marinir Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang, Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Lukman, S.T., M.Si(Han), Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Hasanuddin, para pejabat utama Korps Marinir, seluruh Komandan Komando Pelaksana (Dankolak) Korps Marinir TNI Angkatan Laut, sejumlah perwakilan dari TNI dan Polri, pelawak papan atas Komeng dan Tompel, serta undangan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar