Sabtu, 14 Mei 2016

Regenerasi Kepengurusan OSIS dan MPK, SMAN 81 Jakarta Gelar LDKO

Dalam menyiapkan kepengurusan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) pihak SMAN 81 Jakarta menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan Osis (LDKO), pembekalan diberikan oleh pihak sekolah, Pengurus OSIS serta jajaran BNN dan Kepolisian Resort Jakarta Timur.

Ketua panitia LDKO, Pradipta Deffinika disela kegiatan tersebut menjelaskan, bahwa tujuan LDKO adalah menyiapkan regenerasi kepengurusan OSIS dan MPK, sebelumnya sudah dikirimkan surat orang tua, apakah mengijinkan atau tidak, peserta adalah siswa kelas 10 yang nantinya akan duduk dalam kepengurusan OSIS maupun Musyawarah Pengurus Kelas (MPK), penekanan materi adalah update terbaru birokrasi dan tata tertip sekolah, sehingga pengurus benar-benar paham akan keorganisasian, ungkapnya.

Muhammad Nobel Shidqi Ketua OSIS SMAN 81 Jakarta, juga menegaskan, bahwa LDKS dan LDKO adalah upaya pembekalan bagi siswa yang akan meneruskan kepengurusan OSIS, dimana mereka akan dipilih oleh Komisi Pemilihan Pengurus OSIS (KPPO) dimana didalamnya adalah Guru maupun Siswa yang tidak menduduki kepengurusan OSIS maupun yang lain, sehingga nantinya  pengurus OSIS yang baru dapat bekerja maksimal dalam mengatur program kesiswaan dalam pembelajaran, termasuk Ekstrakurikular, paparnya.

Hal yang sama juga diungkapkan M Fadel Bagaskara, sebagai Ketua Musyawarah Pengurus Kelas (MPK) yang selama ini mengawasi kinerja Pengurus OSIS, mengaku bangga dengan adik kelas yang akan menggantikan dirinya, mereka sangat kreatif, oleh sebab itu dirinya yakin pengurus OSIS yang baru akan lebih baik, dan sebagai pengurus lama akan bangga jika dalam regenerasi kepemimpinan ini berjalan dengan baik, serta menghasilkan pengurus yang baik pula, oleh sebab itu seluruh panitia LDKS dan LDKO terus melakukan pembinaan serta membangun manajemen organisasi dan komunikasi, tambahnya.

Kepala SMAN 81 Jakarta, Drs Shohibul Bakri, MM menegaskan, bahwa dengan OSIS, maka anak tidak perlu mencari organisasi diluar sekolah, apalagi saat ini banyak organisasi yang tidak sesuai dengan norma agama, berkembang di dunia maya. Melalui  OSIS akan membantu anak untuk mengembangkan bakat kepemimpinan.

Beberapa materi akan diberikan, mulai dari kepemimpinan, manajemen berorganisasi,  sosialisasi bahaya penyalahgunaan Narkoba, membuat surat menyurat organisasi, wawasan kebangsaan hingga cara membuat proposal,  serta membangun organisasi yang didasari dengan gotong-royong dan dihasilkan secara musyawarah mufakat, tegasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, SMAN 81 Jakarta, Drs. H Karya Rama,MM, bahwa peserta Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa ini adalah siswa kelas 10 yang memiliki minat untuk duduk dalam kepengurusan OSIS, mereka diseleksi dan berikutnya akan memperoleh pembekalan Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS, untuk kemudian dilakukan pemilihan pengurus OSIS, yang mampu memahami aturan regulasi yang berlaku saat ini, tegasnya.

Ketua Komite Sekolah SMAN 81 Jakarta, Hesron Sitepu, SH, M.Si juga menegaskan, bahwa pihaknya bersyukur atas prestasi siswa ditahun ini, keberhasilan tersebut taklepas dari peranserta para Guru, Murid maupun orang tua siswa, dimana dari seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Undangan, dari jumlah siswa yang turut seleksi sejumlah 136 siswa, yang diterima sejumlah 76 siswa, sekitar 55,8%, ini naik dari tahun sebelumnya, dan masih ada jalur SIAK UI, jalur Mandiri maupun jalur SBMPTN, kesempatan tersebut dirinya yakin seluruh lulusan dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri.

Sementara menanggapi akan kegiatan LDKS dan LDKO yang digelar pihak sekolah dalam menjaring pengurus OSIS, Komite Sekolah mendukung penuh, guna menghasilkan pengurus OSIS yang profesional, handal serta memahami aturan yang ada, apalagi Presiden Jokowi telah mencanangkan Darurat Narkoba, melalui latihan dasar kepemimpinan inilah diharapkan peranserta anak didik dalam memerangi penyalahgunaan narkoba juga ditingkatkan, orang tua siswa mendukung upaya sekolah dalam input maupun output pendidikan, paparnya.

0 komentar:

Posting Komentar