Senin, 10 Oktober 2016

Bakamla RI Kedatangan Kapal dari Japan Coast Guard

Bakamla RI Kedatangan Kapal dari Japan Coast Guard

Rangkaian kegiatan The 12th Head of Asian Coast Guard Agency Meeting (HACGAM) yang berarti pertemuan para pemimpin Coast Guard tingkat Asia, diawali dengan kedatangan kapal Japan Coast Guard (JCG) di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (10/10/2016).

Adalah kapal Echigo (PLH08) yang berlabuh di Dermaga JICT 2 Tanjung Priok. Kapal dari negeri sakura ini dikomandani oleh Capt. Takuya Miyaji dan membawa serta 50 orang anak buah kapal (ABK).

Delegasi dari JCG ini diterima oleh Direktur Latihan Bakamla RI Laksamana Pertama TNI Muspin Santoso, S.H., M.Si., dan perwakilan dari stakeholder Bakamla RI antara lain para perwakilan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dit. Polair Baharkam Polri, Syahbandar Tanjung Priok, dan Balai Karantina dan Kesehatan.

Kapal Echigo (PLH08) merupakan kapal patroli JCG yang dilengkapi helikopter dengan spesifikasi kebutuhan search and rescue (SAR). Maksud didatangkannya kapal patroli JCG ini sebagai unsur yang digunakan dalam kegiatan latihan bersama (joint exercise) yang akan diselenggarakan sebagai bagian dari kegiatan HACGAM Ke-12.

Joint exercise HACGAM Ke-12 merupakan kegiatan latihan multilateral negara-negara anggota HACGAM.

Penyelenggaraan kegiatan yang diketuai oleh Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla RI Irjen Pol Satria Firdaus Maseo ini dimaksudkan untuk memelihara dan meningkatkan hubungan kerja sama antar negara anggota, sehingga diharapkan dapat mewujudkan stabilitas keamanan di kawasan.

Selain itu, kegiatan ini juga berguna sebagai wadah komparasi profesionalitas personel dalam menguasai berbagai problem latihan yang dilaksanakan serta kemampuan alutsista yang dimiliki.

Selain kapal patroli JCG, unsur lain dari negara tetangga yang akan bergabung adalah kapal patroli Indian Coast Guard (ICG). Dari dalam negeri, unsur yang akan dikerahkan adalah Kapal 48 meter Bakamla RI, kapal patroli Perhubungan Laut, kapal patroli Polair Baharkam Polri, dan kapal dari PT. Pelindo.

Rangkaian kegiatan HACGAM Ke-12 akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 11 - 13 Oktober 2016, di Fairmont Hotel Jakarta. (Nurul)

0 komentar:

Posting Komentar