Rabu, 19 Oktober 2016

BAKAMLA RI KEMBALI TANGKAP 3 KAPAL PENCURI IKAN ASAL VIETNAM

BAKAMLA RI KEMBALI TANGKAP 3 KAPAL PENCURI IKAN ASAL VIETNAM

Bakamla RI dengan unsur operasi KP Hiu Macan 01 yang beberapa hari lalu menangkap 4 kapal ikan asing (KIA), kini kembali berhasil menangkap 3 KIA tanpa menggunakan bendera negara dengan jumlah 32 awak kapal berkewarganegaraan Vietnam yaitu KG 93194 TS, BWFMAI4, dan BWFMAI3, di Laut Natuna, Selasa malam (18/10/2016).

KP Hiu Macan 01 yang saat itu sedang melaksanakan operasi di wilayah ZEE Indonesia, pada posisi 03º 33.913’ N / 109º 58.978’ E mendeteksi adanya kapal-kapal ikan asing yang sedang melakukan aktivitas di perairan tersebut. Kapal langsung melakukan pengejaran untuk proses henrikhan (penghentian, pemeriksaan, dan penahanan).

“Dengan jarak lebih dari 1 mil kami mendeteksi adanya lebih dari 3 kapal sedang bergelombor dan berpasang-pasangan, namun pada saat kami kejar mereka memutus jaringan. Kapal LG 93194 TS berhasil tertangkap dan yang lainnya kabur”, ujar Suyitno selaku Kasie Operasi Keselamatan Laut Bakamla RI yang saat itu sedang ikut operasi.

Suyitno juga mengatakan setelah berhasil memindahkan awak kapal ikan asing tersebut ke kapal patroli, Capt Samson, Nahkoda KP Hiu Macan 01 menurunkan dua anggotanya untuk memeriksa serta mengamankan kapal tersebut dan kembali mengejar kapal ikan asing lainnya.

Petugas melakukan pemeriksaan kembali terhadap 3 kapal tangkapan tersebut, ditemukan alat tangkap trawl dan pair trawl. Selain itu kapal juga tidak dilengkapi dengan dokumen atau surat yang mendukung kegiatan penangkapan ikan. Untuk proses penanganan perkara lebih lanjut, kapal tangkapan telah di ad hoc menuju Pontianak untuk diserahkan kepada PSDKP Pontianak. (Nurul)

0 komentar:

Posting Komentar