Rabu, 26 Oktober 2016

Geliat Bakamla RI dalam Persiapan HUT Ke-2

Jakarta, 26 Oktober 2016, Sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 32 tentang Kelautan dan Peraturan Presiden Nomor 178 tentang Badan Keamanan Laut, dibentuklah suatu Lembaga Pemerintah Non-Kementerian yang dapat menyinergikan dan memonitor pelaksanaan patroli di laut. Pembentukan Bakamla RI dideklarasikan pada momen Hari Nusantara di Kotabaru, Kalimantan Selatan tanggal 15 Desember 2014. Sejak saat itu, tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari lahirnya Bakamla RI.

Rangkaian kegiatan untuk memperingati hari lahirnya Bakamla RI telah dipersiapkan dan melewati berbagai tahap perundingan. Selain kegiatan syukuran dan upacara, dipersiapkan juga berbagai perlombaan yang berhadiah jutaan rupiah. Lomba tersebut antara lain lomba penulisan karya tulis, fotografi dan pembuatan video.

Yang paling menarik, perlombaan ini terbuka untuk seluruh masyarakat Indonesia.
Juri yang terlibat dalam perlombaan ini dipilih dari berbagai pihak yang sangat profesional di bidangnya masing-masing. Demi penilaian yang baik dan menghindari adanya dugaan penilaian yang memihak, maka didatangkanlah juri umum, selain dari pegawai Bakamla RI.

Tempat pelaksanaan syukuran direncanakan diadakan di Gedung Perintis Kemerdekaan, Jakarta Pusat, yang merupakan lokasi Kantor Pusat Bakamla RI yang baru. Secara berangsur-angsur, seluruh pegawai Bakamla RI sudah pindah ke gedung bersejarah tersebut.

Untuk pengumuman pemenang lomba itu sendiri akan dilakukan di Pantai Karnaval, Ancol, dengan mengikutsertakan acara hiburan yang bergengsi di salah satu stasiun televisi nasional.

Diharapkan dengan adanya kegiatan perlombaan dalam rangka HUT Ke-2 Bakamla RI ini, akan lebih mendekatkan Bakamla RI ke masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga bermaksud untuk mengembalikan jati diri bangsa Indonesia sebagai negara bahari, sebagaimana tersebut dalam seruan semangat Presiden Soekarno.(Pry)

0 komentar:

Posting Komentar