Selasa, 11 Oktober 2016

PANITIA HACGAM KE-12 SIAP SUKSESKAN ACARA

The 12th Head of Asian Coast Guard Meeting (HACGAM) akan segera berlangsung di Fairmont Hotel Jakarta, dan secara simultan delegasi negara anggota sudah tiba di Jakarta, Selasa (11/10/2016).

Perhelatan yang diketuai oleh Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla RI Irjen Pol Satria Maseo itu akan dihadiri oleh 22 negara anggota yang terdiri dari Bangladesh, Brunei Darussalam, RRT, Hongkong, India, Indonesia, Australia, Filipina, Jepang, Kamboja, Korea, Laos, Malaysia, Myanmar, Pakistan, Singapura, Sri Langka, Thailand, Vietnam dan Maldives. Serta dihadiri juga oleh JICA dan ReCAAP sebagai observer.

Dalam kegiatan pertemuan, akan dibahas 4 pilar yang telah disepakati dalam Working Level Meeting (WLM) yang telah dilaksanakan pada bulan Mei 2016.

Pilar tersebut antara lain search and rescue (SAR) yang akan disampaikan oleh perwakilan dari India, perlindungan lingkungan (enviromental protection) yang akan disampaikan oleh perwakilan dari Filipina, mencegah dan mengendalikan tindakan melanggar hukum di laut (preventing and controlling unlawful act at sea) yang akan disampaikan oleh perwakilan dari Jepang dan Korea Selatan, dan pengembangan kapasitas (capacity building) yang akan disampaikan oleh perwakilan dari Malaysia, Jepang dan Indonesia.

Masih tergabung dalam rangkaian kegiatan HACGAM, akan dilaksanakan pula kegiatan joint exercise oleh 3 negara yaitu Indonesia, Jepang dan India.

Adapun tema dari kegiatan joint exercise tersebut adalah Board Investigation at Sea.
Kegiatan pelatihan diselenggarakan di Dermaga Jakarta International Container Terminal 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara. (Pry)

0 komentar:

Posting Komentar