Senin, 24 Oktober 2016

SANTUNAN YATIM DAN GELAR SENI WARNAI PERAYAAN TAHUN BARU ISLAM 1438H YAYASAN RAHMATAN LIL-ALAMIN JAKARTA TIMUR

Kegiatan Perayaan Tahun Baru Hijriah 1438 H Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur. Memperoleh apresiasi masyarakat dimana Gedung Pergelaran Balai Latihan Kesenian Jaktim tersebut dipenuhi penonton dan Undangan.

Walikota Jaktim yang diwakili Camat Duren Sawit H Abubakar mengaku menyambut baik kegiatan Perayaan Tahun Baru Islam 1438H ini, apalagi kegiatan yang juga menampilkan beberapa Kesenian Islami ini juga memberikan Santunan Anak Yatim dan dhuafa di Jakarta Timur maupun daerah lain, kita berharap kepedulian sosial ini juga dilakukan oleh yayasan lain untuk terus berbagi, ungkapnya.

Kepada Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta yang diwakili Bidang Rehabilitasi Sosial, Nano Triyono, disela acara tersebut juga menjelaskan, bahwa Lembaga sosial harus memiliki misi yang sama yaitu melayani masyarakat, dan mereka juga harus mengerti bahwa yayasan juga punya wadah yaitu dibawah binaan Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta. Sehingga jika ada masalah dapat terkontrol dan bisa diambil langkah yang tepat, melalui bhakti sosial ini diharapkan dapat melayani masyarakat yang membutuhkan tanpa pilih-pilih, tidak melihat agama atau suku mana, yang penting dia membutuhkan mada kita bantu sebisa mungkin.

Acara bhakti sosial seperti ini diharapkan akan lebih banyak lagj yang menggelar serta lebih banyak lagi yang terlibat untuk membantu, pinta Nano.


Erin Hendrian SH.MM Ket Yayasan Rahmatan Lil Alamin jaktim menjelaskan bahwa Perayaan Tahun Baru Hijriah adalah event rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur berupa kegiatan Bakti Sosial dan Pentas Seni Anak Yatim Binaan. Semarak Tahun Baru Hijriah Muharam 1438 H tahun ini diisi dengan kegiatan Baksos berupa Santunan Anak Yatim, Cek Kesehatan dan Pengobatan Gratis sebanyak lebih kurang 400 anak yatim serta pentas kreativitas seni anak yatim dan binaan yang berasal dari 6 Wilayah Binaan yaitu Jakarta, Tambelang-Bekasi, Karawang, Jonggol-Kab.Bogor, Kedung Halang-Kota Bogor dan Rajeg-Tangerang.

Event ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian kepada sesama khususnya anak yatim dan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada Donatur yang telah memberikan amanah Donasi kepada Yayasan, diharapkan dari event ini, masyarakat atau Donatur bisa lebih menumbuhkan kepedulian kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan khususnya anak yatim, meningkatkan kecintaan bersedekah sebagai sebuah kebutuhan agar hidup menjadi berkah dan juga bisa meningkatkan trust atau kepercayaan kepada Yayasan atas pengelolaan Donasi yang diberikan amanah oleh Donatur. Donasi yang diberikan kepada Yayasan diperuntukan untuk bantuan kesejahteraan sosial anak yatim dan dhuafa serta untuk pemberdayaan anak yatim dan binaan yang ada di beberapa wilayah binaan tersebut, program yayasan yang sedang dikedepankan saat ini adalah program wakaf tunai kolektif untuk pengadaan asrama yatim, kendaraan operasional kegiatan termasuk Ambulan, Pertanian, Pengadaan Air Bersih di daerah yang kesulitan air bersih, dan tentunya program rutin lainnya adalah Penerimaan Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) dan Pengelolaan serta pendistribusiannya kepada orang-orang yang membutuhkan serta program orang tua asuh dan beasiswa.

Diinformasikan bahwa Yayasan Rahmatan Lil-Alamin berdiri sejak tanggal 08 April 2005 atau sudah lebih kurang 11 tahun melaksanakan kegiatan dibidang Sosial, Kemanusiaan, dan Keagamaan serta telah memiliki legalitas hukum yang valid dari Kemenkum HAM RI dan telah memiliki Izin Operasional dari Dinas Sosial DKI Jakarta, dan saat ini memiliki anak binaan yatim sebanyak 400 dan dhuafa 244 orang. Sebagai wujud pertanggungjawaban Yayasan dalam memberikan trust kepada Donatur dengan cara melaksanakan event Baksos (Santunan, Cek Kesehatan dan Pengobatan Gratis) setiap bulan rutin di berbagai wilayah binaan, melaksanakan kegiatan rutin harian, pekanan dalam bidang pemberdayaan anak yatim dan binaan baik di pusat maupun di Cabang-Cabang Yayasan yaitu kegiatan : Baca Tulis dan Hapalan Al-Qur’an, Pelatihan IT, Seminar, kreativitas Seni Musik, Seni Suara, Seni Tari, Puisi, Drama, Teater, dan lain-lain.

Sebagai wujud keseriusan dalam hal pengelolaan Administrasi, Yayasan Rahmatan Lil-Alamin menggunakan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dari Badan Sertipikasi IAPMO R&T USA dan system ISO ini telah berjalan lebih kurang 5 tahun serta secara periodic diadakan audit rutin oleh lembaga independent tersebut.
Program jangka panjang yayasan tersimpul dalam sebuah Visi :
“ TERWUJUDNYA SERIBU KAMPUNG HARAPAN SEBAGAI IMPLEMENTASI MASYARAKAT YANG BERBUDAYA MAJU, SEHAT, AMAN, DAN SEJAHTERA BERDASARKAN NILAI-NILAI ILAHIYAH"

Apa itu Kampung Harapan?
Membangun Kampung Harapan adalah program jangka panjang Yayasan dalam bentuk Ril pembangunan desa sebagai pilar kekuatan Negara yang diwujudkan sebagai program pendampingan, kerja sama antara yayasan dengan Instansi Pemerintah maupun Swasta serta masyarakat setempat dengan mengadakan dan melengkapi infrastruktur pendidikan, ekonomi, social, budaya, kemanusiaan dan keagamaan.
Jadi Kampung Harapan adalah sebuah tempat atau areal terpadu yang terintegrasi dengan berbagai lembaga yang ada didalamnya diantaranya tersedianya lembaga pendidikan, balai kesehatan, gedung pertemuan, sarana ibadah, pertanian terpadu, Asrama Yatim Piatu, dan Fasilitas lain yang mendukung, yang menjadi ‘Harapan” dari semua anak yatim akan terpenuhinya kebutuhan dasar manusia seperti layaknya anak-anak lain yang mempunyai kedua orang tua, yang selalu diperhatikan dan dipenuhinya apa yang dibutuhkan oleh seorang anak, papar Erin Hendrian SH.MM.

Sementara Kapolsek Duren Sawit Yudho Guntoro.SIK.MIK saat ditemui disela acara tersebut menegaskan bahwa pihaknya menyambut baik kegiatan Yayasan Rahlatan Lil-Alamin Jakarta Timur ini, dengan pergelaran Kesenian maka diharapkan Anak-anak dan Remaja bisa terhindar dari hal-hal yang negatik, seperti Penyalahgunaan Narkoba, Sex bebas, kebut-kebutan maupun pelanggaran hukum lainya, karena saat ini ada kecenderungan paningkatan pelanggaran hukum pada Anak dan Remaja, tegasnya.

Tema yang diambil adalah "Maknai Hijrah Dengan Cinta Bersedekah Menuju Hidup 
  Berkah", kegiatan yang digelar Hari Minggu, 23 Oktober 2016 dengan mengambil tempat di Gedung Balai Latihan Kesenian Jakarta Timur Jl. H. Naman No.17, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. Terlihat hadir Camat Duren Sawit H Abubakar mewakili Walikota Jakarta Timur, Danramil Duren Sawit serta Kapolsek Duren Sawit Kompol Yudho Guntoro.SIK.MIK. (Priyono)

0 komentar:

Posting Komentar