Jumat, 28 Oktober 2016

Zona Maritim Barat Miliki Komandan Baru

Zona Maritim Barat Miliki Komandan Baru 

Jakarta, 28 Oktober 2016

Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H. memimpin upacara pelantikan dan pengambilan sumpah Kepala Zona Maritim Wilayah Barat yang baru di Kantor Pusat Bakamla RI, Jalan Doktor Sutomo Nomor 11, Jakarta Pusat, Jumat (28/10/2016).

Pejabat Eselon II tersebut adalah Kolonel Laut (P) Prasetyo, S.Pi., MTr (Han). M.AP. yang dilantik untuk menggantikan Kepala Zona Maritim Wilayah Barat yang lama, Laksamana TNI Freddy Rudolf Dicky Egam, S.H. Kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah ini dihadiri oleh Plt. Sestama Bakamla RI Eko Susilo Hadi, S.H., M.H. yang juga merangkap jabatan sebagai Deputi Informasi, Hukum dan Kerja Sama, Deputi Kebijakan dan Strategi Irjen Pol. Drs. Satria F. Maseo, S.H., M.M., Deputi Operasi dan Latihan Laksamana Muda TNI Andi Achdar, Kepala Zona Maritim Wilayah Tengah Brigadir Jenderal Polisi Drs. Anang Syarif Hidayat, Kepala Zona Maritim Wilayah Timur Vetty V. Salakay, S.H., M.Si., beserta jajaran Pejabat Eselon III dan Eselon IV.

Sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 32 tentang Kelautan dan Peraturan Presiden Nomor 178 tentang Badan Keamanan Laut, pembentukan Kantor Keamanan Laut Zona Maritim ditujukan untuk melaksanakan tugas penyelenggaraan keamanan dan keselamatan laut di wilayah tertentu. Hal ini mengandung arti bahwa zona maritim merupakan perpanjangan tangan sekaligus ujung tombak pelaksanaan tugas, fungsi dan wewenang kantor pusat Bakamla RI di daerah, serta memikul beban dan tanggung jawab yang tidak ringan dalam menghadapi tantangan kemaritiman yang beraneka ragam dari waktu ke waktu.


Diharapkan dengan adanya pergantian Kepala Zona Maritim Wilayah Barat ini akan memberikan angin segar dalam dinamika pelaksanaan tugas di wilayah Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I.

Pada kesempatan tersebut Kepala Bakamla RI mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada Kolonel Laut (P) Prasetyo, S.Pi., MTr (Han). M.AP. "Jabatan merupakan amanah, kehormatan, dan kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan. Namun di sisi lain merupakan tantangan yang senantiasa harus siap dihadapi dengan segenap kemampuan yang dimiliki" ujarnya.

Kepada pejabat pendahulunya Laksamana TNI Freddy Rudolf Dicky Egam, S.H., Kepala Bakamla RI memberikan apresiasi dan penghargaan tinggi atas kontribusi dan pengabdiannya selama menjabat.

"Dengan tulus saya mewakili keluarga besar Bakamla RI mengucapkan terima kasih atas dedikasi, sumbangan pemikiran, dan kerja keras yang telah dilakukan selama ini", tambahnya.(pry)

0 komentar:

Posting Komentar