Rabu, 30 November 2016

Courtessy Call Kepala Bakamla RI diterima Menteri Perhubungan

Courtessy Call Kepala Bakamla RI diterima Menteri Perhubungan

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H. melaksanakan kunjungan kerja ke Kementerian Perhubungan dan diterima oleh Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi di kantor Kemenhub Jalan Merdeka Barat Nomor 8, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2016).

Dalam kunjungan Kepala Bakamla RI yang didampingi oleh Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla RI Irjen Pol. Drs. Satria F. Maseo, S.H., M.H., dan Deputi Operasi dan Latihan Laksda TNI Andi Achdar tersebut turut hadir pula Direktur Jenderal Perhubungan Laut A. Tonny Budiono dan Staf Khusus Menhub Buyung Lelana.

Kunjungan kehormatan ini dilaksanakan dalam rangka menjajaki kemungkinan kerja sama yang dapat dilakukan antara Bakamla RI dengan Perhubungan Laut, yang meliputi kerjasama perbantuan personel dan latihan bersama.

Bakamla RI sebagai satu badan yang bertugas menyelenggarakan operasi patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan yurisdiksi Indonesia mensinergikan instansi-instansi terkait, dalam arti bahwa keberadaan Bakamla RI bukan untuk menghilangkan kewenangan instansi lain yang sudah ada. Sehingga melalui latihan bersama ini nantinya dapat dipetakan peran masing-masing lembaga yang beroperasi dibawah patroli Bakamla RI. Sebagai  contoh jika dalam operasi patroli ditemukan pelanggaran pelayaran maka menjadi kewenangan Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP), jika terjadi pencurian ikan menjadi kewenangan Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan jika terjadi penyelundupan menjadi kewenangan Bea Cukai untuk melakukan penindakan.

Pada dasarnya Menteri Perhubungan menyambut baik saran kerjasama yang diajukan oleh Kepala Bakamla RI dan meminta untuk dapat dibuat file project latihan bersama tersebut, dan diharapkan bisa segera dilakukan aksi lanjut atas hasil kunjungan ini.(Py)

0 komentar:

Posting Komentar