Senin, 28 November 2016

Kasal Resmikan Komplek Satuan Koarmabar I Pondok Dayung

Kasal Resmikan Komplek Satuan Koarmabar I Pondok Dayung

Bertempat di Pondok Dayung Tanjung Priuk Jakarta Utara, Kepala Staf TNI AL (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi.SE.M.A.P pada Selasa 29 November 2016, meresmikan Komplek Satuan Koarmabar I, Pondok Dayung.

Dalam penandatanganan Prasasti, Kasal sekaligus meresmikan 6 Gedung baru yang dibangun serta fasilitas kantor sejak tahun 2015.

Kasal menegaskan bahwa pembangunan infrastrukture ini dalam upaya pemenuhan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) dimana didalamnya terdiri dari Pesawat Udara, Kapal Perang Marinir dan Pangkalan.
Dan Pangkalan saat ini sangatlah penting, karena selama ini Kapal Perang kalau bersandar di Pelabuhan Umum sehingga Kapal Dagang maupun Kapal Kargo selalu mengalah dan menunda bongkar muat, padahal Pemerintah saat ini sedang membangun ekonomi, untuk itu Kapal Perang tidak boleh mengganggu aktivitas bongkar muat Kapal Dagang/Kargo, untuk itu TNI AL terus menata dengan menyiapkan pangkalan sendiri, sehingga mampu melaksanakan fungsi pangkalan, seperti Perawatan Kapal, Pengisian bahan bakar maupun perbekalan untuk melaut kembali, hingga memberikan hiburan serta pembinaan Rohani, Rekreasi hingga tempal kumpul keluarga setelah 2 bulan berada di laut.

Pengembangan pangkalan ini juga sebagai persiapan dengan akan di lakukan pemecahan Armada Kawasan Barat ini menjadi dua yaitu ditambah Armada Kawasan Tengah.

Diakui Kasal bahwa penyiapan pangkalan ini dilakukan sejak tahun 2003, dan pangkalan lain terus dibangun di Palu, Sibolga, Sorong, Natuna serta wilayah lain. Kita bersyukur dapat menyelesaikan Dermaga dan Fasilitas satuan-satuan Koarmabar di Pondok Dayung ini, tegas Laksamana TNI Ade Supandi.SE.M.A.P.

Kadis Paslanal Laksamana Pertama TNI Marhuale Simbolon dalam laporannya menjelaskan, bahwa sebagaimana kebijakan TNI AL dalam pembangunan Kompleks Satuan Koarmabar I Pondok Dayung ini dibuat untuk memberikan dukungan alat utama dalam tugas berupa fasilitas labuh kapal, Listrik, Air, PMK, Perkantoran, Mess dan Fasilitas Pembinaan Pangkalan.

Dengan telah selesainya Sarana di Pondok Dayung ini diharapkan dapat meningkatkan kenampuan TNI AL di Jakarta, serta memenuhi dukungan unsur-unsur terkait dalam kegiatan operasi maupun non operasi. Serta dapat menumbuhkan kebanggaan jajaran prajurit TNI AL di Jakarta. Serta respon positif masyarakat terhadap TNI Angkatan Laut, paparnya. (Nrl)

0 komentar:

Posting Komentar