Kamis, 03 November 2016

Menyongsong HUT ke-2, Bakamla RI Gelar Lomba Foto, Video, dan Karya tulis

Untuk memperingati hari lahir ke-2 Bakamla RI yang dideklarasikan pada 15 Desember 2014 di Kotabaru, Kalimantan Selatan, Bakamla RI akan menyelenggarakan berbagai kegiatan antara lain: upacara, gala dinner, dan berbagai perlombaan berskala nasional dengan tema utama “Laut adalah Harapan dan Masa Depan Kita” yang berhadiah total puluhan juta rupiah untuk tiga kategori lomba yaitu fotografi, pembuatan video, dan karya tulis. 

Hal tersebut disampaikan pada Rapat Pembahasan HUT ke-2 yang dipimpin Deputi Operasi dan Latihan Bakamla RI Laksamana Muda TNI Andi Achdar, di Ruang Rapat Bakamla RI, Jalan Dr. Sutomo-11, Jakarta Pusat, Kamis (3/11/2016).

Lomba fotografi terbuka untuk masyarakat umum Indonesia seluruhnya, khususnya ditargetkan untuk mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri/Swasta. Selain tema utama yang telah diberikan, peserta juga dapat mengangkat sub tema “Peran Bakamla dalam Meningkatkan Keamanan dan Keselamatan Laut Menuju Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia” ataupun tema lain berkaitan dengan Keamanan Laut Maritim. Dalam lomba ini peserta mengirimkan maksimal 2 Foto cetak ukuran 5R (beserta CD berisi softcopy data foto dengan ukuran lebar atau tinggi 4096 pixels) ke Sekretariat Bidang Lomba, Seksi Lomba Foto Perayaan HUT Ke-2 Bakamla RI dengan alamat sekretariat Jln. Dr. Sutomo No.11 Jakarta Pusat. Selain ketentuan diatas, ketentuan lain akan disosialisasikan melalui launching event, penyebaran brosur langsung ke beberapa Perguruan Tinggi Negeri/Swasta untuk area Jabodetabek dan pengiriman via pos untuk luar Jabodetabek.

Lomba ke-2 yaitu pembuatan video terbuka untuk umum dan dapat diikuti oleh individu maupun tim dengan 1 (satu) karya hasil video. Peserta wajib melakukan registrasi dengan mengisi formulir pendaftaran dan Surat Pernyataan dan mengirimkan ke panitia dengan alamat panitialombavideo@bakamla.go.id dalam bentuk pdf. Setiap peserta wajib membuat akun di http://www.vidio.com dan mengupload videonya di akun masing-masing maupun mempublikasikannya di media sosial. Informasi terkait beberapa ketentuan penting untuk mengikuti lomba ini dapat ditanyakan langsung melalui email panitia diatas.

Video harus mengandung unsur edukasi tentang Bakamla, dan nilai tambah diberikan bagi video yang terdapat penggunaan istilah asing dengan mencantumkan terjemahan dalam Bahasa Indonesia, menayangkan gabungan antara gambar gerak, animasi, dan gambar, serta dengan mempertimbangkan jumlah viewer video peserta di link youtobe. Selanjutnya peserta yang masuk dalam nominasi 10 besar diharapkan untuk melaksanakan presentasi dihadapan dewan juri.

Untuk lomba yang ketiga yaitu Lomba Karya Tulis. Dalam lomba karya tulis ini para peserta dapat memilih salah satu dari dua kategori, yaitu Essay atau Feature.

Penulisan Essay atau Features ditujukan untuk masyarakat umum khususnya akademisi dan wartawan di seluruh Indonesia. Terdapat tiga sub tema yang dapat diangkat, yaitu : 1) Sinergitas keamanan laut menuju Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, 2) Peran Bakamla dalam meningkatkan keselamatan laut Indonesia, dan 3) Inovasi teknologi tepat guna dalam optimalisasi keamanan dan keselamatan laut Indonesia. Kriteria penilaian meliputi tata penulisan, kreativitas dan inovasi topic/gagasan yang relevan dengan tema dan subtema, orisinalitas, keunikan dan aktualitas serta manfaat tulisan bagi Bakamla RI. Essay dan Features dibuat sesuai ketentuan lomba dan tata cara penulisan, dan dikirimkan paling lambat tanggal 25 November 2016 dalam dua format yaitu softcopy ke alamat esaifeature@bakamla.go.id dan hardcopy ke Panitia Lomba Essay dan Features di kantor Bakamla Jln. Dr. Soetomo No.11 Jakarta Pusat.

Untuk mengetahui ketentuan dan tata cara perlombaan secara lengkap maupun contact person masing-masing lomba dapat diunduh di http://www.bakamla.go.id. Semua perlombaan tersebut dinyatakan tertutup bagi pegawai Bakamla dan bagi para peserta tidak dikenakan biaya apapun. Untuk menghindari adanya dugaan penilaian yang memihak, maka selain juri dari Bakamla RI, panitia juga mendatangkan Juri umum yang ahli dibidangnya.

Pengumuman pemenang lomba akan dilakukan di Pantai Karnaval Ancol, dengan mengikutsertakan acara hiburan yang bergengsi di salah satu stasiun televisi swasta nasional.

Melalui kegiatan lomba ini diharapkan dapat mendekatkan masyarakat kepada Bakamla RI, selain juga untuk mengembalikan semangat dan jati diri bangsa Indonesia sebagai negara bahari, sebagaimana tersebut dalam seruan semangat Presiden Soekarno.

Pemenang lomba akan menerima hadiah berupa tropy, sertifikat, dan uang tunai sebesar :
Juara I Rp 10.000.000,00
Juara II Rp 7.500.000,00
Juara III Rp 5.000.000,00

Khusus untuk lomba karya tulis hadiah uang tunai juga diberikan kepada Juara Harapan I sebesar Rp 3.000.000,00, dan Juara Harapan II sebesar Rp 2.000.000,00.(Pryl)

0 komentar:

Posting Komentar