Senin, 21 November 2016

PANGLIMA KOLINLAMIL HADIRI COCKTAIL PARTY DI KRI BANDA ACEH 593

PANGLIMA KOLINLAMIL HADIRI COCKTAIL PARTY DI KRI BANDA ACEH 593


Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksamana Muda TNI I.G. Putu Wijamahaadi, S.H. menghadiri Cocktail Party Satgas Kartika Jala Krida di KRI Banda Aceh 593 yang sandar di Dermaga Ferry Auckland, New Zealand, Minggu (20/11). Hadir dalam perjamuan tersebut antara lain Gubernur Akademi Angkatan Laut Mayjen TNI (Mar) Guntur Irianto Cipto Lelono dan Konsulat Jenderal Kehormatan New Zealand dan sejumlah undangan penting lainnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Panglima Kolinlamil bertukar cinderamata dengan Konsulat Kehormatan New Zealand sebagai bagian dari acara Cocktail Party yang juga dihadiri warga Indonesia yang tinggal di New Zealand.

Terkait dengan even tersebut Komandan KRI Banda Aceh 593 Letkol Laut (P) Budi Santosa menjelaskan bahwasannya acara ini merupakan sarana perekat hubungan persaudaraan antar kedua Negara yang memang sudah terjalin sekian lama.

“Secara hubungan internasional dimana suatu kapal perang dari suatu Negara bilamana singgah berkunjung ke negara lain yang pertama untuk menanamkan rasa persaudaraan antar sesama Angkatan Laut di dunia, kita melaksanakannya dengan saling berkunjung,” ujar alumni AAL 1996 ini.

Tidak hanya sekedar perekat rasa persaudaraan antar negara sahabat, even seperti itu pun sebagai sarana bertukar informasi, dan wawasan serta budaya.

“Selain saling berkunjung, kita juga melaksanakan seperti Cocktail Party ini, dimana kita bisa tukar-menukar wawasan, bisa tukar menukar informasi, bisa tukar menukar budaya. Selain budaya yang dibawa dari negara setempat bisa jadi perkembangan-perkembangan dari budaya-budaya yang ada secara global pada saat ini,” paparnya.

Lebih lanjut Letkol Budi menjelaskan sejumlah apresiasi dan tanggapan dari pihak warga New Zealand yang ikut hadir dalam acara tersebut di KRI Banda Aceh 593 saat sandar di Dermaga Ferry Auckland. “Yang pertama mereka begitu apresiasi dengan kapal kita, cukup bersih dan cukup excellent. Yang kedua dari kru maupun para Taruna dan Taruni AAL yang ada di KRI mereka cukup tanggap, tangkas, dan tangguh dalam menampilkan atraksi sini dan budaya Indonesia,” pungkasnya.

Even jamuan Cocktail Party yang berlangsung selama lebih kurang dua jam di Hanggar Helli itu diisi dengan sejumlah atraksi tarian tradisional Indonesia seperti Tari Lemong, Tari Kecak, Angklung dan aksi musik band yang dimainkan oleh para Taruna Taruni AAL, serta pertukaran plakat dari kedua negara.

Selain itu, selama singgah di New Zealand anak buah kapal (ABK) KRI BAC 593 dan Taruna Taruni melaksanakan berbagai kegiatan lainnya dalam rangka mempererat persahabatan seperti, pertandingan olahraga persahabatan serta berwisata kesejumlah lokasi wisata yang terdapat di New Zealand. (Dispen Kolinlamil).

0 komentar:

Posting Komentar