Kamis, 01 Desember 2016

BAKAMLA RI BAGIKAN 500 LIFE JACKET KEPADA MASYARAKAT NELAYAN PESISIR KAB. LINGGA

BAKAMLA RI BAGIKAN 500 LIFE JACKET KEPADA MASYARAKAT NELAYAN PESISIR KAB. LINGGA


Dalam rangka menyambut HUT Ke-2 Bakamla RI, Kantor Kamla Zona Maritim Barat membagikan 500 life jacket dan memberikan penyuluhan terkait keamanan dan keselamatan laut kepada masyarakat pesisir sekitar Kabupaten Lingga yang diselenggrakan di Desa Marok Tua, Pulau Serak, Singkep Barat pada beberapa hari yang lalu.

“Bahwa Bakamla RI memiliki fungsi mensinergikan semua stakeholder di laut dalam memelihara keamanan dan keselamatan di laut ”, ujar Kombes Pol Hadi Purnomo, Kepala Bagian Umum Kantor Kamla Zona Maritim Barat Bakamla RI pada saat pembukaan kegiatan tersebut.

Sebagai bentuk pembekalan kepada masyarakat pesisir mengenai keamanan dan keselamatan laut, Bakamla RI dengan beberapa stakeholder memberikan penyuluhan yang diawali oleh Kompol Heryanto selaku Kasubbid Patroli Kantor Kamla Zona Maritim Barat Bakamla RI yang terlebih dulu menjelaskan mengenai sejarah pembentukan dan organisasi Bakamla RI, dilanjutkan oleh Agus selaku perwakilan DKP Provinsi Kepri mengenai penyuluhan alat tangkap, AKP P. Tarigan selaku Kasat Polair Polres Lingga menjelaskan mengenai pentingnya penggunaan life jacket, dan diakhiri oleh Lettu Kris dari Lanal Dabo yang memberikan informasi tentang sinergitas patroli bersama khususnya di daerah Perairan Singkep.

Kombes Pol Hadi Purnomo juga mengatakan bahwa pemilihan Pulau Serak dilatarbelakangi karena pulau ini rawan terhadap tindak kejahatan, sehingga menimbulkan keresahan masyarakat dan akhirnya menjadikan pulau tersebut pulau tidak berpenghuni.

Melalui kegiatan ini, Bakamla RI bersama dengan instansi lain dan masyarakat sekitar melaksanakan camping selama 2 hari untuk bakti sosial membersihkan pulau dan membangun MCK.

Di akhir kegiatan, diadakan penandatangan kesepakatan bersama terkait persetujuan pembangunan pos keamanan di Pulau Serak sebagai pos aju pengamanan di perairan perbatasan Lingga dan Jambi.

“Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan dapat menekan tindak kejahatan di sekitar perairan perbatasan Lingga dan Jambi. Tentunya ini akan membuat masyarakat nelayan merasa aman dan nyaman dalam menjalankan mata pencahariannya dan nantinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Kab. Lingga”, jelas Kombes Pol Hadi Purnomo.

Bakamla RI bekerja sama dengan Lembaga Kelautan dan Perikanan Indonesian (LKPI) untuk merangkul  masyarakat nelayan di seluruh Kabupaten Lingga yang saat itu dihadiri sekitar 650 nelayan. Turut hadir Plt. Sekda Bupati Lingga, Camat, Lurah, para kepala desa, dan para tokoh masyarakat Lembaga Adat Melayu setempat.(Pry)

0 komentar:

Posting Komentar