Jumat, 09 Desember 2016

Lanal Jajaran Koarmabar Selamatkan ABK KLM Bima Sakti di Perairan Tanjung Balai Karimun

Lanal Jajaran Koarmabar Selamatkan ABK KLM Bima Sakti di Perairan Tanjung Balai Karimun

Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Karimun salah satu pangkalan di bawah jajaran Koamando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) berhasil menyelamatkan Nakhoda dan Anak Buah Kapal (ABK) KLM Bima Sakti mengalami kecelakaan laut di perairan Batu Cula, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (9/12).

Sejak mendapat informasi dari Agen Pelayaran atas nama Wira bahwa sekitar pukul 04.00 WIB KLM Bima Sakti dengan bobot 112 GT, nakhoda Hamka dan  6 ABK,  berlayar dari Tanjungpinang tujuan Pekanbaru telah mengalami kecelakaan laut di perairan Batu Cula akibat cuaca buruk. Komandan Lanal Tanjung Balai Karimun Letkol Laut (P) Bina Irawan Marpaung segera menggerakkan dua unsur kapal yaitu Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Buru dan Combat Boat Karimun untuk menuju lokasi kejadian guna melaksanakan search and rescue (SAR).

Sesampainya di lokasi kejadian, kapal didapati kandas di atas batu dan dalam kondisi tenggelam pada bagian buritan akibat mengalami kebocoran. Menurut nakhoda kapal, kapal tersebut sengaja dikandaskan di atas batu agar tidak tenggelam.

Selanjutnya nakhoda beserta keenam ABK KLM Bima Sakti dievakuasi ke atas kapal Patkamla Buru dan dilaksanakan pengamanan di sekitar lokasi kejadian.(Py)

0 komentar:

Posting Komentar