Kamis, 19 Januari 2017

Satgas Kizi TNI Berikan Penyuluhan Kesehatan Gigi di Desa Kongo

Satgas Kizi TNI Berikan Penyuluhan Kesehatan Gigi di Desa Kongo

(Kongo-Afrika. Kamis, 19 Januari 2017). Tepat seminggu sebelum Satgas Kizi TNI Konga XX-M/Monusco (Mission de L Organisation des Nations Unies pour La Stabilisation en Republique Democratique du Congo) mengakhiri pengabdiannya di Republik Demokrasi Kongo dan kembali ke tanah air, namun semangat dedikasi, pengabdian dan pelayanan Satgas Kizi TNI untuk masyarakat lokal belum surut.

Hal tersebut ditunjukkan melalui kegiatan Cimic (Civil Military Coordination) pelayanan kesehatan gigi,berupa pelatihan cara menyikat gigi dan kebersihan mulut bagi masyarakat desa di pinggir kota Dungu, Rabu (18/1/2017)di Gedung Pemuda dan Wartawan (Centre Polyvalente Presse et Jeunesse)kota Dungu, yang baru saja dirampungkan oleh tim konstruksi Satgas Kizi TNI Konga XX-M/Monuscoyang diarsiteki Kapten Czi Hari Gunawan dan Letda Czi Paskalis.

Acara pelayanan kesehatan gigimendapat sambutan yang meriah,khususnya dari Ibu-ibu warga lokal yang mendampingi balitanya untuk berpartisipasi dalam kegiatan kesehatan ini.

Anak-anak yang bertempat tinggal disekitar lokasi pekerjaan ini tampak tertib dan antusias mempraktekan cara menyikat gigi yang benar sekaligus ceria, karena mendapatkan sikat gigi baru yang dapat mereka gunakan sehari-hari di rumah.

Kegiatan Cimic pelayanan kesehatan gigi berupa pelatihan cara menyikat gigi dan kebersihan mulut bagi masyarakat desa Kongo, dibuka oleh Dansatgas Kizi TNI Konga XX-M/Monusco Letkol Czi Sriyanto, MIR, MA,sekaligus menyampaikan terimakasih atas partisipasi warga yang selama ini mendukung proyek pembangungan Gedung Wartawan dan Pemuda serta mengapresiasi semangat dan kedekatan Satgas Kizi TNI dengan masyarakat lokal di setiap lokasi pekerjaan.

Walaupun hanya tersisa sepekan pengabdian Satgas Kizi TNI Konga XX-M/Monusco di Republik Demokrasi Kongo, namun kontribusi yang positif seperti kegiatan Cimic harus terus dioptimalkan sebagai bentuk pengabdian dan dedikasi tanpa batas dari Satgas untuk populasi lokal, kata Letkol Czi Sriyanto.

Sementara itu, penyuluhan yang dibawakan oleh Lettu Kes Dr. Kirby Saputra selama 1 (satu) jam serta dibantu oleh Warrant Officer FARDC Richard (Tentara Nasional Kongo) yang bisa berbahasa Indonesia, berlangsung menarik dan juga diliput oleh jurnalis lokal kota Dungu.

Acara dilanjutkan dengan pembagian air bersih dan makanan ringan bagi warga lokal, sebagai rasa syukur sekaligus perpisahan kepada warga sekitar yang telah membangun interaksi positif selama proyek pembangunan gedung berlangsung.

Warga terlihat berdiri di samping jalan sambil melambaikan tangan, ketika tim Satgas Kizi TNI Konga XX-M/Monusco dibawah pimpinan DansatgasKizi TNI Letkol Czi Sriyanto, MIR, MA,meninggalkan lokasi seraya mengucapkan salam dan terimakasih.(Pry)

0 komentar:

Posting Komentar