Kamis, 19 Januari 2017

TNI AL LAKSANAKAN NAVY TO NAVY TALKDENGAN ANGKATAN LAUT THAILAND

TNI AL LAKSANAKAN NAVY TO NAVY TALKDENGAN ANGKATAN LAUT THAILAND

TNI  Angkatan   Laut   melaksanakan   pertemuanNavy to Navy Talk (NTNT) dengan delegasi Royal Thai Navy (RTN), dalam rangkamembahas   berbagai   kerjasama   antara   angkatan   laut   kedua   negara,   di   Jakarta,Rabu (18/01). Dalam kesempatan tersebut delegasi Indonesia yang dipimpin olehWakil Asisten Operasi (Waasops) Kasal Laksamana Pertama (Laksma) TNI MintoroYulianto, S.Sos, M.Si, menerima kedatangan Director, Office of Policy and PlanningNOD, RTN Rear Admiral Paradon Puangkeaw bersama dengan rombongan.

Dalam   kesempatan   ini,   Laksma   TNI   Mintoro   Yulianto,   S.Sos,   M.Si,menyambut hangat kedatangan delegasi Thailand, sekaligus menyampaikan bahwakerja sama yang selama ini sudah terjalin antara Angkatan Laut Indonesia denganThailand,   menjadi   dasar   bagi   keduanya   untuk   berkontribusi,   menciptakanperdamaian dan keamanan  di wilayah regional.Berbagai kerja sama dibicarakan dalam pertemuan ini, antara lain rencanalatihan   bersama  Sea   Garuda   Exercise  antara   TNI   AL   dan   RTN yang   akan dilaksanakan   di   tahun   2017   ini.  

Selain   dari   pada   itu,   dibicarakan   juga   rencanapelaksanaan NTNT berikutnya antara TNI AL dan RTN pada tahun 2019, dimanaThailand  akan  menjadi tuan  rumahnya.  Pada  kesempatan  ini  pula   angkatan  lautThailand   melalui   ketua   delegasi,   menyampaikan   harapannya   untuk   dapatmelaksanakan kerja sama di bidang Intelijen, latihan dan pendidikan.

Pada pertemuan ini, Rear Admiral Paradon Puangkeaw juga menyampaikanrencana pelaksanaan 1st Asean Multi Naval Exercise (AMNEX) di Pataya, Thailandpada  November  2017  mendatang.  Menanggapi  hal   tersebut,  rencananya TNI  ALakan   mengirimkan   satu   Kapal   Perang   Republik   Indonesia   (KRI)   dan   satu   unitPesawat   Patroli   Maritim   (Patmar),   untuk   berpartisipasi   pada   kegiatan  AMNEX   diThailand, yang akan dilaksanakan pada 13 sampai dengan 22 November 2017.

Dalam NTNT ini, delegasi   TNI AL menyampaikan  juga beberapa rencanakegiatan berskala internasional yang akan dilaksanakan pada tahun 2017. Beberapakegiatan   tersebut   antara   lain,  penyelenggaraan  International   Maritime   SecuritySymposium  (IMMS),  sekaligus  menjelaskan  roadmap  pelaksanaan  Multi ExerciseKomodo dan IMSS periode 2014 sampai dengan 2020.(Nr)

0 komentar:

Posting Komentar