Senin, 20 Februari 2017

DISMINPERSAL GELAR PEMBINAAN TEKNIS, POLA KARIER PNS TNI AL TAHUN 2017

DISMINPERSAL GELAR PEMBINAAN TEKNIS, POLA KARIER PNS TNI AL TAHUN 2017


Dinas Administrasi Personel Angkatan Laut (Disminpersal) dalam hal ini Sub Dinas Personel Sipil (Subdisperssip) menggelar kegiatan Pembinaan Teknis Pola Karier Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI AL tahun 2017, Senin (20/2/2017) di Auditorium Denma Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Jakarta.

Kepala Dinas Administrasi Personel Angkatan Laut (Kadisminpersal) Laksamana Pertama TNI B. Ken Tri Basuki, M.Si. (Han) dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekdisminpersal Kolonel Laut (P) Tedjo Sukmono mengungkapkan, dengan masuknya Indonesia kedalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), fakta bahwa saat ini kompetisi antar negara semakin terbuka, tentunya tuntutan birokrasi kita harus lebih adaptif dan antisipatif terhadap berbagai perubahan yang sedang dan akan terjadi, birokrasi harus disiplin untuk mewujudkan kinerja yang bermanfaat bagi masyarakat namun juga tetap harus memperhatikan berbagai tuntutan global yang seringkali perubahannya begitu cepat. Untuk itu, peran birokrasi yang bersih, efisien dan melayani sangatlah penting. selain itu, birokrasi harus mampu menjadi katalisator perubahan masyarakat ke arah yang lebih baik.

Lebih Lanjut dikatakan, setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mampu menjadi contoh dan teladan di lingkungannya masing-masing untuk menyongsong berbagai perubahan tersebut. Peningkatan profesionalisme ASN sudah tidak dapat ditawar lagi, kita sudah tidak bisa lagi mentoleransi PNS yang “asal kerja” saja. Saat ini setiap PNS dituntut kinerja yang jelas dan terukur kepada organisasinya. Dengan profesionalisme, akan terwujud standardisasi kompetensi sehingga untuk jabatan yang sama di berbagai tingkat satuan kerja akan memiliki kualitas dan kapasitas yang setara.

Pada kesempatan ini Kadisminpersal juga menyampaikan bahwa Disminpersal telah mengawali uji kompetensi bagi PNS TNI AL dalam pengisian jabatan bidang personel yang bersifat strategis, sehingga kedepan tidak ada lagi penempatan jabatan bagi PNS bersifat kompromi.

Kadisminpersal juga memberikan beberapa penekanan untuk dipedomani dalam berbagai penugasan bagi seluruh PNS TNI AL antara lain, bangun mentalitas baru yang positif, yang berintegritas, yang memiliki etos kerja, dan yang berjiwa gotong royong. Persiapkan diri menuju birokrasi yang dinamis, inovatif dan responsif terhadap perkembangan jaman. Serta selalu jaga netralitas ASN dalam berbagai pesta demokrasi, seperti Pilkada dan Pemilu. ASN harus fokus pada tugas dan fungsinya, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat tanpa ada diskriminasi.

Di akhir sambutanya Kadisminpersal meminta kepada seluruh pejabat personalia dan seluruh PNS TNI AL untuk mengambil langkah-langkah kongkrit yang berorientasi hasil untuk percepatan perwujudan pemerintahan yang bersih, akuntabel, efektif, efisien dan berorientasi pada pelayanan yang berkualitas serta mampu berperan dalam mewujudkan birokrasi pemerintahan kelas dunia. dan terus meningkatkan kinerjanya bagi kejayaan TNI/TNI AL, bangsa dan negara.

Beberapa materi yang disampaikan oleh Kasubdisperssip Disminpersal Kolonel Laut (K) Acep Maksum, S.E., M.M. dalam acara tersebut diantaranya pengenalan tuntutan ASN ke depan, jabatan fungsional tertentu sebagai arah pengembangan karier, karakter moral dan profesional sebagai kompetensi PNS, serta pendidikan dan kursus PNS.

Turut hadir dalam Kegiatan Pembinaan Teknis (Bintek) Pola Karier Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI AL tahun 2017 ini Ketua Korpri TNI AL Drs. Safwanuddin, M.M. serta segenap PNS TNI AL di wilayah Jakarta.(Nk)

0 komentar:

Posting Komentar