Jumat, 10 Februari 2017

Insan Seni Deklarasikan Komite Seni Budaya Nusantara

Insan Seni Deklarasikan Komite Seni Budaya Nusantara

Bertempat di Anjungan Jawa Tengah TMII, Ratusan Masyarakat Seni Dendeklarasikan Organisasi Sosial dengan nama Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) yang akan melestarikan dan mengembangkan Seni Budaya Tradisional Nusantara, serta membangun persatuan dan kesatuan komunitas Seni Budaya Tradisional Nusantara, ungkap Prof Dr. N Jenny M. T Hardjatmo Ketua 1 KSBN pada wartawan.

Dalam sambutanya Ketua Umum KSBN Mayjen TNI (Purn) Drs. Hendardji Soepandji, SH,Bahwa Komite Seni Budaya Nusantara atau disingkat KSBN bisa hadir di tengah-tengah kita. Keberadaan organisasi ini tentu akan menjadi jawaban keinginan sekaligus kebutuhan kita bersama untuk senantiasa bisa menjaga dan terus mengembangkan seni budaya Nusantara. 

Bagi kami, KSBN adalah wadah strategis untuk kreativitas seni dan budaya di Indonesia. Apalagi, dalam organisasi ini berkumpul orang-orang, asosiasi-asosiasi, dan komunitas-komunitas yang peduli terhadap seni dan budaya Indonesia. Karena itu, lewat lembaga inilah keragaman seni dan budaya Nusantara bisa terintegrasi dalam konsep Bhineka Tunggal Ika.

Mantan Danpuspom ini juga menambahkan, bahwa lewat aktivitas dan kreativitas seni dan budaya, harkat dan martabat bangsa Indonesia akan kian terangkat. Karena seni dan budaya adalah salah satu duta terbaik bangsa di dunia internasional. 

Kami juga sangat berharap untuk terus bisa bekerja sama dengan pemerintah dalam hal ini Kementerian Pariwisata serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam memajukan seni budaya bangsa. Selain itu, kami meminta lembaga-lembaga Iain baik BUMN maupun swasta untuk sama-sama membangun Indonesia lewat kreativitas dan aktivitas seni budaya Nusantara. 

Semoga lewat kehadiran KSBN, seni dan budaya bangsa Nusantara akan terus tumbuh dan berkembang mengikuti perkembangan zaman. Hidup Seni Budaya. Hidup Indonesia.

Keragaman suku bangsa dan bahasa di Negara Kesatuan Republik Indonesia telah melahirkan berbagai seni dan budaya asli llndonesia. Baik seni musik, tari, rupa, lukis, dan kesenlan rakyat Iainnya seperti ketoprak, teater, dan jatilan. Bahkan, pada era modern seperti sekarang ini pun muncul kreasi seni baru yang juga patut dijaga dan dilestarikan. 

Karena itulah, Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) hadir di tengah-tengah masyarakat. Lembaga ini muncul untuk menjawab tantangan sekaligus kebutuhan masyarakat yang ingin menjaga dan melestarikan kebudayaan bangsa, tegasnya. (Nrl)

0 komentar:

Posting Komentar