Rabu, 22 Februari 2017

KASAL BUKA APEL KOMANDAN SATUAN (AKS) DI ATAS KAPAL PERANG

KASAL BUKA APEL KOMANDAN SATUAN (AKS) DI ATAS KAPAL PERANG

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E.,M.A.P. membuka Apel Komadan Satuan (AKS) Tahun 2017 di atas Kapal Perang KRI Surabaya-591, Kamis (22/2) yang tengah berlayar di sekitar laut Samudera Hindia. KRI Surabaya-591 sebelumnya berangkat dari Dermaga Kolinlamil Jakarta, menuju Samudera Hindia kemudian ke Teluk Lampung dengan membawa peserta sebanyak 310 personil para Komandan Satuan di jajaran TNI AL.

Kegiatan AKS TNI AL dilaksanakan selama tiga hari pada  21 s.d. 23 Februari 2017 dengan mengangkat tema, Penajaman Peran Komandan Satuan Guna Meningkatkan Efektifitas Operasi, Kesiapan Alutsista dan Profesionalisme Prajurit Matra Laut. Kegiatan apel komandan satuan kali ini juga akan diisi dengan kegiatan berupa ketangkasan prajurit yang bertujuan untuk membangkitkan kembali jiwa keprajuritan yang ada di dalam diri para peserta apel komandan satuan.

Dalam sambutannya, Kasal mengatakan bahwa Apel Komandan Satuan TNI  Angkatan Laut merupakan kegiatan tahunan dengan titik berat penyelenggaraan yaitu berkumpulnya seluruh komandan satuan sehingga dapat meningkatkan soliditas dan silaturahim serta untuk menyamakan persepsi mengenai tugas TNI Angkatan Laut, sekaligus memberikan pemahaman mengenai kebijakan pemimpin tni angkatan laut dalam mengantisipasi tantangan tugas yang semakin kompleks.

Menurut Kasal, AKS kali ini berbeda dengan pelaksanaan apel komandan satuan pada tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan dipangkalan, sehingga pada tahun ini, pelaksanaan apel komandan satuan dilaksanakan di KRI sambil berlayar. Hal ini dimaksudkan untuk mempertegas kembali bahwa medan tugas utama kita adalah di laut. Oleh karena itu, komandan satuan dituntut untuk berperan lebih guna menyiapkan unsur-unsur dan personelnya sehingga efektifitas operasi, kesiapan alutsista, serta profesionalisme prajurit dapat terpenuhi, tegasnya.

Pada hari pertama, diawali pembekalan tentang Analisis Pusat Kekuatan, Garis Operasi Line of Operation, Aturan Pelibatan, Pengenalan Siber dan Demo VBSS. Hari kedua, pembukaan kegiatan oleh Kasal dilanjutkan paparan Irjenal, paparan Aspam Kasal, pembekalan Asops Kasal, Aspers Kasal dan Aspotmar Kasal dilanjutkan sosialisasi bidang hukum oleh Kadiskumal. Hari ketiga, dilaksanakan pendaratan amphibi menggunakan tank LVT-7 dan BMP 3F dengan membawa peserta AKS ke Pantai Caligi, Lampung. Kegiatan diakhiri dengan kegiatan ketangkasan prajurit yang melibatkan seluruh personel AKS.(Nrl)

0 komentar:

Posting Komentar