Jumat, 03 Februari 2017

KASAL PIMPIN SERTIJAB PANGKOLINLAMIL DAN DANKODIKLATAL

KASAL PIMPIN SERTIJAB PANGKOLINLAMIL DAN DANKODIKLATAL

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. selaku Inspektur Upacara (Irup) memimpin upacara serah terima jabatan Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) dan Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal), Jumat (3/2) di Lapangan Laut Maluku, Kesatrian Bumimoro, Kodiklatal, Surabaya.

Pangkolinlamil yang semula dijabat oleh Laksda TNI I.G. Putu Wijamahaadi, S.H. diserahkan kepada Laksma TNI Agung Prasetiawan, M.A.P. yang sebelumnya menjabat sebagai Waasrena Kasal. Sedangkan Dankodiklatal yang semula dijabat oleh Laksamana Muda TNI Tri Wahyudi Sukarno, S.E., M.M. diserahkan kepada Laksda TNI I.G. Putu Wijamahaadi, S.H., dan Laksamana Muda TNI Tri Wahyudi Sukarno, S.E., M.M. akan menempati jabatan baru sebagai Asrena Kasal.

Pada kesempatan tersebut, Kasal menyampaikan bahwa serah terima jabatan memiliki makna yang penting dan strategis bagi TNI AL. Hal ini merupakan perwujudan dari proses pembinaan organisasi dan personil secara berkesinambungan dan menyeluruh. Sehingga pergantian pejabat ini  diharapkan dapat menjadi momentum peningkatan pembinaan organisasi ke arah yang lebih baik.

Menurutnya kedepan tantangan tugas yang dihadapi oleh TNI AL akan semakin kompleks. Sehingga menuntut peningkatan kapasitas dan kapabilitas, khususnya pada aspek SDM.

Oleh karenanya, Kodiklatal memiliki peran penting terkait pembinaan doktrin dan organisasi, serta pembinaan pendidikan dan latihan.

Sedangkan Kolinlamil selaku kotama pembinaan dan operasional TNI AL mengemban tugas untuk membina kemampuan sistem angkutan militer termasuk potensi angkutan laut nasional untuk kepentingan pertahanan negara di laut. Sehingga, sebagai salah satu komponen SSAT, Kolinlamil dituntut untuk mampu melaksanakan tugas-tugas tni al dalam operasi militer perang dan operasi militer selain perang, tambahnya.

Upacara ini melibatkan 1565 prajurit Kodiklatal dan Kolinlamil. Selain parade yang dilakukan prajurit Kodiklatal, tamu undangan juga dihibur dengan persembahan orkes simponi yang diperagakan oleh 75 personil dari satuan musik Kodiklatal.

Di hari yang sama, seusai sertijab, Kasal juga memberikan pengarahan kepada para siswa Kodiklatal, siswa STTAL, dan Taruna/taruni AAL terkait dengan profesionalisme prajurit di gedung Graha Samudera Bumimoro.

Upacara sertijab dihadiri oleh para Pangkotama TNI AL, pejabat teras Mabesal, pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Jawa Timur, serta para pejabat sipil, Polri dan militer lainnya.(Nk)

0 komentar:

Posting Komentar