Senin, 13 Februari 2017

Koarmabar SAR Kapal Tenggelam di Perairan Kalimantan Barat

Koarmabar SAR Kapal Tenggelam di Perairan Kalimantan Barat


Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) melaui Tim Western Fleet Quick Response (WFQR)-12 yang berkedudukan di Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak melaksanakan  search and rescue (SAR) terhadap KLM Kapuas Abadi-3 yang mengalami kecelakaan laut di perairan Teluk Melano, Sukadana, Kayong Utara, Kalimantan Barat, Jumat (10/2).

Kegiatan SAR tersebut dilaksanakan berawal Lantamal XII Pontianak menerima laporan dari nelayan setempat tentang adanya sebuah kapal yang bernama KLM Kapuas Abadi-3 yang sedang mengalami kebocoran di perairan Teluk Melano, Sukadana, Kayong Utara, Kalimantan Barat. Menindaklanjuti laporan tersebut, Lantamal XII Pontianak segera mengirimkan Tim WFQR-12 dengan menggunakan Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Jungkat II.12-29 Posmat Melano menuju lokasi kejadian.

Sesampainya di lokasi kejadian, Tim WFQR-12 bersama-sama Tim SAR lainnya dari Polairud dan Dinas perhubungan laut (Syahbandar) melaksanakan SAR dan berhasil menemukan  Anak Buah Kapal (ABK) KLM Kapuas Abadi-3 sebanyak enam orang dan nakhoda dalam keadaan selamat.

Menurut keterangan nakhoda KLM Kapuas Abadi-3, kapal mengalami kecelakaan laut pada posisi  koordinat 01˚ 11̍ 588 LS - 109° 00 054 BT, sekitar 10 mil dari perairan Teluk Melano disebabkan cuaca buruk dengan ombak besar yang menerjang kapal sehingga mengalami kebocoran dan tenggelam. Kapal berbobot 54 Gross Tonage, dengan muatan barang berupa bahan sembako sebanyak 80 ton dalam perjalanan dari Pontianak menuju  Ketapang.(NK)

0 komentar:

Posting Komentar