Kamis, 16 Februari 2017

Kolat Koarmabar Selenggarakan Kursus Danlanal Dan LDD MOC

Kolat Koarmabar Selenggarakan Kursus Danlanal Dan LDD MOC

Komando Latihan (Kolat) Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) menyelenggarakan Kursus Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) dan Latihan Dalam Dinas (LDD) Multifunction Operator Console (MOC), Kamis (16/2). Kursus dan LDD tersebut dibuka Komandan Kolat Koarmabar (Dankolatarmabar) Kolonel Laut (P) Deny Septiana, S.IP., M.A.P., di Markas Komando (Mako) Kolat Koarmabar, Jalan Gading 12 No.5 Komplek TNI AL Sunter, Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara.

Dankolatarmabar dalam amanatnya mengatakan, Kursus Komandan Pangkalan Angkatan Laut memiliki tujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan perwira TNI Angkatan Laut di dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya sebagai Komandan Pangkalan TNI AL. Sedangkan LDD MOC adalah untuk meningkatkan kemampuan operator dalam mengoperasikan peralatan MOC yang berada di KRI kelas SIGMA.

Lebih lanjut Dankolatarmabar menyampaikan, peserta Kursus Danlanal yang diikuti 15 Perwira Menengah berpangkat Letkol dan Mayor ini selama 35 hari akan dibekali dengan pengetahuan yang berhubungan erat dengan fungsi dan tugas Komandan Pangkalan. Materi yang akan diberikan antara lain, kepemimpinan TNI/TNI AL, kewenangan TNI AL dalam penegakan kedaulatan dan hukum di laut, search and rescue dan beberapa peraturan perundang-undangan yang dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas.

Sementara itu, peserta LDD MOC yang diikuti 10 prajurit Bintara dan Tamtama ini selama 30 hari akan dibekali berupa keterampilan dalam mengoperasikan peralatan MOC. Adapun materi yang akan diberikan antara lain, pengenalan bagian-bagian dan fungsi tacticos, prosedur pengoperasian, tracking sasaran hingga prosedur penembakan.

Mengakhiri amanatnya Dankolatarmabar memberikan penekanan kepada para peserta kursus dan LDD agar menanamkan tekad, semangat dan motivasi yang tinggi untuk belajar, berlatih dan menempa diri agar menjadi prajurit profesinal serta memanfaatkan waktu pendidikan seoptimal mungkin untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan katakter yang dimiliki masing-masing peserta.(Pry)

0 komentar:

Posting Komentar