Rabu, 22 Februari 2017

KOLINLAMIL FASILITASI APEL KOMANDAN SATUAN 2017

KOLINLAMIL FASILITASI APEL KOMANDAN SATUAN 2017

310 Komandan satuan di lingkungan TNI Angkatan Laut, Selasa (21/2) berkumpul di Gedung Laut Natuna, Markas Komando Komando Lintas Laut Militer (Mako Kolinlamil) dalam rangka mengikuti Apel Komandan Satuan (AKS) tahun 2017. Kegiatan ini dibuka langsung Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.AP. yang akan berlangsung selama tiga hari (21–23 Februari). Panglima Kolinlamil Laksamana Pertama TNI Agung Prasetiawan, M.AP. turut dalam kegiatan Apel Komandan Satuan 2017 ini.

Berbeda dengan tahun sebelumnya dimana apel komandan satuan selalu dilaksanakan di darat, namun AKS kali ini dirancang dengan digelar di atas kapal perang yaitu KRI Surabaya 591 yang berlayar dari Dermaga Kolinlamil menuju Samudera Hindia dan kemudian berakhir lego di Teluk Lampung yang berjarak sekitar 700 Nm dari dermaga Lampung. Kegiatan di Mako Kolinlamil, dalam rangka pembekalan kepada para Komandan Satuan sebelum kegiatan selanjutnya di kapal perang jenis Landing Platform Dock ini.

Apel Komandan Satuan merupakan sarana untuk memberikan pembekalan/pedoman kepada satuan tentang kebijakan pembinaan kekuatan dan kesiapan operasional TNI Angkatan Laut, memberikan penyegaran dan meningkatkan pemahaman tentang tugas-tugas para Dan Sat TNI Angkatan Laut dihadapkan pada perkembangan lingkungan strategis, menerima berbagai masukan dari para Dan Sat yang relevan dengan peningkatan efektifitas operasi, kesiapan alutsista dan profesionalisme prajurit.

AKS 2017 mengangkat tema Penajaman Peran Komandan Satuan Guna Meningkatkan Efektifitas Operasi, Kesiapan Alutsista dan Profesionalisme Prajurit Matra Laut. Pada pembekalan di Mako Kolinlamil, para Komandan Satuan mendapatkan pembekalan dari Wakasal Laksda TNI Achmad Taufiqoerrochman tentang, Seni Kepemimpinan Komandan Satuan, Aspam Kasal Laksda TNI Agus Heryana, S.E. tentang Pembinaan dan Perkiraan Intelijen Maritim, Aspers Kasal Laksda TNI Karma Suta, S.E., M.M. tentang Kebijakan Pembinaan Personil, Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Tommy Basari Natanegara, S.E. tentang Kebijakan Pembinaan Potensi Maritim dan Kadiskumal Laksma TNI Supradono, S.H. tentang Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan.

Selain pembekalan yang dilaksanakan sebelum para peserta naik ke KRI Surabaya 591, kegiatan AKS 2017 juga melaksanakan workshop/diskusi konsep operasional dan pemecahan masalah serta kegiatan ketangkasan prajurit.

Kegiatan ketangkasan prajurit yang mewarnai AKS 2017 ini, meliputi VBSS lintas udara, Gerakan Kapal Ke pantai (GKK) lintas permukaan, GKK Lintas Heli, Bongkar Pasang Senjata, Menembak Senjata dan Lempar Kapak/Sangkur.

Untuk forum diskusi, para peserta membahas konsep operasi pertahanan pulau terluar yang bernilai strategis khususnya natuna dan Yamdena/Selaru. Dan diskusi hukum dengan topik Rancangan Peraturan Presiden Tentang Penegakan Hukum di Laut.(Nk)

0 komentar:

Posting Komentar