Jumat, 03 Februari 2017

LAKSAMANA PERTAMA TNI AGUNG PRASETIAWAN TERIMA TONGKAT KOMANDO PANGKOLINLAMIL DARI KASAL

LAKSAMANA PERTAMA TNI AGUNG PRASETIAWAN TERIMA TONGKAT KOMANDO PANGKOLINLAMIL DARI KASAL

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.AP., memimpin serah terima jabatan Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) dari Laksamana Muda TNI I. G. Putu Wijamahaadi, S.H., kepada Laksamana Pertama TNI Agung Prasetiawan, M.AP., di lapangan laut Maluku Kodiklatal, Surabaya,Jumat (3/2).

Laksma TNI Agung Prasetiawan, M.AP. adalah lulusan Akademi Angkatan laut (AAL) angkatan 87 tahun 1987. Sebelum menjabat Pangkolinlamil beliau menjabat wakil Asisten Perencanaan Kasal.

Pada acara yang sama Jabatan Komandan Kodiklatal diserahterimakan dari Laksamana Muda TNI Tri Wahyudi Sukarno, S.E., M.M., kepada Laksamana Muda TNI I. G.Putu Wijamahaadi, S.H., yang sebelumnya menjabat Pangkolinlamil.

Dalam sambutannya Kasal mengatakan serah terima jabatan memiliki makna yang sangat penting dan strategis bagi TNI Angkatan Laut yaitu sebagai perwujudan dari proses pembinaan organisasi dan personel secara berkesinambungan dan menyeluruh, sehingga pergantian pejabat menjadi momentum peningkatan pembinaan organisasi kearah yang lebih baik.

Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) selaku Kotama Pembinaan dan Operasional TNI Angkatan Laut, mengemban tugas untuk membina kemampuan angkutan laut militer termasuk potensi angkutan laut nasional untuk kepentingan pertahanan negara di laut serta melaksanakan angkutan administratif, taktis dan strategis.

Selain itu, sebagai komponen SSAT (sistem senjata armada terpadu) Kolinlamil dituntut pula untuk mampu melaksanakan tugas-tugas TNI Angkatan Laut dalam operasi militer untuk perang dan operasi militer selain perang.

Keberhasilan pelaksanaan tugas oleh Kolinlamil selama ini, dalam membantu pergeseran pasukan dan bantuan logistik ke daerah-daerah yang terkena bencana alam, merupakan sumbangsih yang perlu kita apresiasi. Oleh karenanya pertahankan terus semangat dan motivasi untuk terus memberikan yang terbaik bagi TNI Angkatan Laut, TNI, bangsa dan negara. jelas Kasal.

Ke depan tantangan tugas yang dihadapi oleh TNI Angkatan Laut semakin kompleks sehingga menuntut peningkatan kapasitas dan kapabilitas, khusus pada aspek sumber daya manusia. Kodiklatal memiliki peran penting terkait dengan pembinaan doktrin dan organisasi, serta pembinaan pendidikan dan latihan. Kodiklatal dituntut untuk mampu menyeralaskan berbagai doktrin dengan berbagai lingkungan strategis yang sangat dinamis.

Kasal mengatakan, Kodiklatal juga diharapkan menjadi wadah untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, dan latihan secara bertingkat, bertahap dan berlanjut sehingga mampu menghasilkan prajurit-prajurit TNI Angkatan Laut yang bermoral, profesional, berkarakter kuat serta berintergrasi tinggi.

Untuk itu, Kodiklatal perlu mengambil langkah-langkah inovatif dan kreatif sehingga tugas yang diemban kepada kodiklatal dapat dilaksanakan dengan baik, jelasnya.

Pada acara tersebut belangsung dengan lancar penuh hikmah, turut hadir seluruh pejabat teras di lingkungan TNI Angkatan Laut, termasuk para Pangkotama TNI Angkatan Laut, Forum komiunikasi pimpinan jawa timur, pejabat sipil dan militer wilayah surabaya.(Pry)

0 komentar:

Posting Komentar