Selasa, 07 Februari 2017

LANAL CIREBON LAKSANAKAN RAPAT KOORDINASI UNSUR MARITIM

LANAL CIREBON LAKSANAKAN RAPAT KOORDINASI UNSUR MARITIM

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cirebon Letkol Laut (P) Tarus Rostiyadi, Selasa (7/2/2017) membuka kegiatan Rapat Koordinasi Unsur Maritim Cirebon dan Kemenko Polhukam dalam rangka Koordinasi dan Pengkayaan Materi Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman di Cirebon bertempat di Ruang Rapat Mako Lanal Cirebon Jl. Kesunean No. 33 Kota Cirebon.

Dalam sambutannya Danlanal Cirebon menyampaikan bahwa kegiatan Silaturahmi Unsur Maritim Cirebon yang rutin dilaksanakan ini bertujuan untuk menjalin kerjasama dan komunikasi yang harmonis sesuai fungsi dan tugasnya masing-masing.

Di samping itu rapat ini diselenggarakan juga untuk memperkaya materi atau mengetahui permasalahan yang ditemukan sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing unsur maritim dan berkoordinasi dalam menyikapi permasalahan dan kerawanan situasi di wilayah Cirebon, lanjut Danlanal Cirebon.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Kedaulatan dan Kemaritiman Menkopolhukam Laksda TNI Dr. Rd. Surya Wiranto, S.H., M.H. dalam kesimpulan rapat mengungkapkan bahwa, menyikapi permasalahan nelayan terkait Peraturan Menteri KKP tentang penggunaan alat tangkap yg tidak ramah lingkungan (jaring Arad) memang telah menimbulkan pro dan kontra terutama di kalangan nelayan sepanjang Pantai Utara Jawa. Sehingga timbul pertengkaran dan pertikaian antar kelompok, namun diharapkan aparat bisa memberikan penanganan yang bijak sesuai dengan kearifan lokal wilyah masing-masing.

Beberapa hal lain yang perlu mendapat perhatian menurut Laksda TNI Dr. Rd. Surya Wiranto, S.H., M.H. antara lain masalah Sarana navigasi di laut yang perlu pengawasan dari semua unsur, sehingga kondisi dan sarana tersebut bisa terpantau. Masalah penyeludupan barang ilegal dan narkoba agar diantisipasi melalui pelabuhan-pelabuhan tikus dengan menggunakan kapal-kapal nelayan atau kapal-kapal kayu yang perlu mendapat pengawasan dari semua unsur.

Di akhir kesimpulan rapatnya, Staf Ahli Bidang Kedaulatan dan Kemaritiman Menkopolhukam Laksda TNI Dr. Rd. Surya Wiranto, S.H., M.H. berharap kepada semua unsur Maritim Cirebon, agar di wilayah kerjanya tidak ada kegiatan politik atau terlibat kegiatan berhubungan situasi terkait Pilkada, khususnya Pilkada di Jawa Barat dan DKI.

Selain dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Kedaulatan dan Kemaritiman Menkopolhukam Laksda TNI Dr. Rd. Surya Wiranto, SH, MH, kegiatan ini juga dihadiri oleh Perwira staf Lanal Cirebon, Dirpolair Polda Jabar, Kepala Bea Cukai Cirebon, Kepala Imigrasi Kelas II Cirebon, Kepala KSOP Kelas II Cirebon (diwakili Kasi Lala dan Usaha Kepelabuhanan), Kepala KUPP Kelas III Indramayu, Kepala Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) dan KKP Kejawaan serta GM. PT. Pelindo II (Persero) Cab. Cirebon.(Nr)

0 komentar:

Posting Komentar