Rabu, 22 Februari 2017

Lantamal I Belawan Gelar Latihan Tempur Pertahanan Pangkalan

Lantamal I Belawan Gelar Latihan Tempur Pertahanan Pangkalan

Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan menggelar Latihan Tempur Pertahanan Pangkalan di Desa Palu Kurau, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (22/2). Latihan Tempur Pertahanan Pangkalan dipimpin langsung oleh Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) I Lantamal I Belawan Letkol Marinir A. Tambunan dibawah pengawasan Asops Danlantamal I Kolonel Laut (P) Slamet Hariono dengan penanggung Jawab kepada Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Roberth Wolter Tappangan, S.H.

Menurut Danyonmarhanlan I  Lantamal I Belawan Letkol Marinir A. Tambunan, Latihan tempur digelar di areal pohon sawit yang dikelilingi sungai dan paluh yang merupakan daerah latihan TNI Angkatan Laut untuk latihan operasi darat, baik latihan serangan udara musuh maupun latihan serangan darat musuh.

Dalam Latihan tempur tersebut melibatkan ratusan prajurit yang terdiri dari prajurit Satuan Keamanan Laut (Satkamla), Prajurit Detasemen Markas Komando dan Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I. Dalam latihan tersebut, para prajurit dipersenjatai dengan berbagai jenis senjata laras panjang, dan meriam PSU (Penangkis serangan Udara).

Latihan tempur ini merupakan latihan terprogram untuk Triwulan I Tahun Anggaran 2017. Adapun tujuan latihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan profesionalisme prajurit baik pada kemampuan individu maupun pada kemampuan satuan. Dalam latihan ini juga didukung oleh unsur kapal patroli maupun serangan raid amfibi dengan menggunakan rubber boat.

Gelar Latihan Tempur Pertahanan Pangkalan ini berdasarkan Skep Kasal Nomor: Skep/4522/IX/1998 tgl 21 Januari 1988 tentang Penyelenggaraan Geladi Tugas Tempur Pangkalan TNI AL yang bertujuan untuk kesiapan tempur pangkalan yang sangat menentukan dalam memberikan dukungan bagi kesatuan operasional TNI AL.(Nk)

0 komentar:

Posting Komentar