Selasa, 14 Februari 2017

Pangarmabar: Tunjukkan Bahwa TNI Netral Dalam Pilkada

Pangarmabar: Tunjukkan Bahwa TNI Netral Dalam Pilkada

Tunjukkan bahwa TNI dalam hal ini TNI Angkatan Laut khususnya Koarmabar netral dalam Pilkada, demikian salah satu penegasan Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., saat melaksanakan video konfrence dengan seluruh jajarannya yaitu Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) serta Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) wilayah barat, di Pusat Komando dan Pengendalian TNI Angkatan Laut (Pusakodal) Koarmabar, Markas Komando (Mako) Koarmabar Jalan Gunung Sahari Raya No.67 Jakarta Pusat, Selasa (14/2).

Lebih lanjut Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., memberikan penekanan bahwa sesuai arahan Panglima TNI kegiatan Pilkada tidak dilaksanakan di lingkungan komplek maupun kantor-kantor.Lantamal dan Lanal atau kantor-kantor lainnya milik TNI Angkatan Laut yang ada di daerah. Yakinkan dalam masa tenang tidak ada atribut salah satu pasangan calon yang masih terpasang baik di perumahan maupun di dekat kantor Lantamal, Lanal, Posal dan Posmat. Usahakan TPS-TPS tidak ada di dalam komplek TNI Angkatan Laut dan bisa menggunakan fasilitas sekolahan, kelurahan maupun Balai RW. Yakinkan bahwa keluarga yang menggunakan hak pilihnya betul-betul netral.

Berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada,  Pangarmabar memerintahkan kepada para Komandan Lantamal maupun Komandan Lanal jajarannya untuk memonitor situasi dan kondisi terkini di masing-masing daerahnya. Selain itu, agar men-stanby-kan dan menyiapkan satuan-satuannya apabila sewaktu-waktu dibutuhkan untuk perkuatan TNI/Polri di daerahnya masing-masing.

Selain itu, dalam bidang potensi maritim Pangarmabar memerintahkan jajarannya untuk memikirkan bagaimana peran Potmar ditiap-tiap Lantamal, Lanal, Posal maupun Posmat untuk dapat ditingkatkan khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan dan masyarakat pesisir. Setiap Lantamal, Lanal mempunyai kearifan lokal dan sumber daya yang berbeda-beda, untuk itu para Komandan Lantamal maupun Lanal harus mempunyai konsep dalam memanfaatkannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir khususnya para nelayan.

Sedangkan dalam bidang penegakan kedaulatan dan hukum di laut, Pangarmabar memerintahkan untuk tetap dipertahankan dan ditingkatkan. Bagi Lantamal maupun Lanal jajaran Koarmabar yang berprestasi akan menerima penghargaan atau reward, hal tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian dan penyemangat dari pimpinan terhadap para prajuritnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pangarmabar juga memerintahkan kepada para Komandan Lantamal, Lanal, Posal dan Posmat untuk lebih giat turun ke daerah pesisir bersama anggotanya guna menyosialisasikan buku Berlayar Dengan Aman. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat memberikan panduan dalam bernavigasi kepada para nelayan ataupun masyarakat pesisir, sehingga terhindar dari kecelakaan laut. Hal tersebut merupakan bentuk kepedulian TNI Angkatan Laut dalam hal ini Koarmabar terhadap para pengguna laut.

Dalam acara video konfrence tersebut, Pangarmabar  Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., didampingi Kepala Staf Koarmabar (Kasarmabar) Laksamana Pertama TNI Yudo Margono, S.E., Irarmabar dan para Asisten Pangarmabar.(Nk)

0 komentar:

Posting Komentar