Kamis, 02 Februari 2017

Sosialisasi Pengadaan Barang dan Jasa untuk Proses Pengadaan yang Lebih Baik

Sosialisasi Pengadaan Barang dan Jasa untuk Proses Pengadaan yang Lebih Baik


Dalam rangka memberi pemahaman yang mendalam mengenai poses pengadaan barang dan jasa, maka Bagian Kepegawaian Bakamla RI mengadakan sosialisasi mengenai Pengadaan Barang dan Jasa di Ruang Serba Guna Kantor Pusat Bakamla RI, Jl. Dr. Sutomo-11, Jakarta Pusat, Kamis (2/2/2017).

Sosialisasi disampaikan oleh Letkol Laut (KH) Drs. Paseh Mawardi yang sehari-hari menjabat sebagai Kadep Koordinator Produksi Harkan PT. PAL. Kegiatan ini terbuka untuk seluruh personel Bakamla RI di Jakarta dan berhasil mendapatkan antusiasme yang sangat besar.

Materi-materi yang disampaikan terkait mengenai pengetahuan dasar dalam menjalankan proses pengadaan barang dan jasa, khususnya dalam ruang lingkup pemerintahan. Materi tersebut antara lain gambaran umum mengenai pengadaan barang/jasa pemerintah; prinsip, kebijakan, dan peraturan pengadaan barang/jasa pemerintah para pihak terkait pengadaan barang/jasa pemerintah, pengelolaan dokumen pengadaan barang/jasa pemerintah; etika pengadaan dan good governance dan pengendalian dan pengawasan.

Paseh membawakan materi dengan sangat luwes dan juga sempat menekankan pada faktor tertib hukum dan tertib administrasi dalam melakukan tugas sebagai tim pengadaan barang/jasa. Tidak hanya itu, personel yang mengawakinya pun harus memiliki kualifikasi dan sertifikasi khusus. Kejujuran yang disertai dengan pengetahuan yang baik mengenai proses pengadaan barang/jasa sangat diutamakan.

Maksud dan tujuan dari Bagian Kepegawaian Bakamla RI menyelenggarakan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada personel Bakamla RI mengenai kegiatan pengadaan barang/jasa pemerintah. Diharapkan personel dapat memahami bahwa kegiatan ini melalui proses hukum dan administrasi yang cukup detail dan personel yang mengawakinya pun harus memiliki kejujuran dan keteguhan iman yang baik. Karena tidak dapat dipungkiri, praktik kecurangan kerap terjadi dalam bidang ini.(Nr)

0 komentar:

Posting Komentar