Selasa, 21 Februari 2017

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir, Lanal Nias Sosialisasikan Budidaya Rumput Laut

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir, Lanal Nias Sosialisasikan Budidaya Rumput Laut

Dalam rangka pembinaan potensi maritim (Binpotmar), Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Nias bekerjasama dengan BUMD Bumi Nisel Cerlang melaksanakan sosialisasi pelatihan budidaya rumput laut di Kepulauan Nias, Sumatera Barat.

Kegiatan sosialisasi tersebut dibuka Komandan Lanal Nias, Letkol Laut (P) Heri Prihartanto, S.E., diwakili Pasintel Lanal Nias Mayor Laut (P) Ismon, di Aula Nakula Sadewa Markas Komando (Mako) Lanal Nias, Komplek Baloho, Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Barat, Selasa (21/2).

Menurut Komandan Lanal Nias yang disampaikan Pasintel Lanal Nias, dengan diadakannya kegiatan sosialisasi pelatihan budidaya rumput laut ini diharapkan dapat menambah pengetahuan masyarakat dan kelompok nelayan tentang budidaya rumput laut, sehingga dapat diterapkan guna meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat di Kepulauan Nias.

Lebih lanjut disampaikan dengan berkembangnya petani rumput laut di Kepulauan Nias akan merangsang munculnya investor untuk mengembangkan dan memproduksi komoditi yang bahan bakunya berasal dari rumput laut, sehingga akan berdampak dengan meningkatnya pendapatan asli daerah di Kepulauan Nias.

Kegiatan sosialisasi pelatihan budidaya rumput laut ini dilaksanakan selama tiga hari dengan instruktur dari Asosiasi Rumput Laut Indonesia. Pelatihan tersebut diberikan kepada para masyarakat dan kelompok nelayan yang berada di pinggiran sepanjang pantai Kepulauan Nias yang memiliki pantai yang cocok dimanfaatkan untuk budidaya rumput laut.

Pembukaan pelatihan budidaya rumput laut ini dihadiri oleh Sekda Pemda Nias Selatan, Ketua DPRD Nias Selatan, Wakapolres Nias Selatan, Kasi Intel Kajari Nias Selatan, tokoh masyarakat Nias Selatan serta seluruh Perwira Staf Lanal Nias.(Nk)

0 komentar:

Posting Komentar