Selasa, 21 Februari 2017

TNI AL GELAR APEL KOMANDAN SATUAN (AKS) DI KAPAL PERANG

TNI AL GELAR APEL KOMANDAN SATUAN (AKS) DI KAPAL PERANG

TNI AL kembali menggelar Apel Komadan Satuan (AKS) Tahun 2017. Berbeda dengan tahun sebelumnya, AKS tahun ini digelar di atas Kapal Perang yaitu KRI Surabaya-591. Apel keberangkatan KRI dipimpin oleh Asrena Kasal Laksamana Muda TNI Tri Wahyudi S, S.E., M.M., Selasa (21/2). Berangkat dari Dermaga Kolinlamil Jakarta, menuju Samudera Hindia kemudian ke Teluk Lampung dengan membawa peserta sebanyak 310 personil para Komandan Satuan di jajaran TNI AL.

Kegiatan AKS TNI Angkatan Laut TA 2017 mengangkat tema, Penajaman Peran Komandan Satuan Guna Meningkatkan Efektifitas Operasi, Kesiapan Alutsista dan Profesionalisme Prajurit Matra Laut. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai sarana untuk memberikan pembekalan/pedoman kepada satuan tentang kebijakan pembinaan kekuatan dan kesiapan operasional TNI Angkatan Laut, memberikan penyegaran dan meningkatkan pemahaman tentang tugas-tugas para Dansat TNI Angkatan Laut.

Kegiatan AKS TNI AL dilaksanakan selama tiga hari pada  21 s.d. 23 Februari 2017. Pada hari pertama, diawali pembekalan tentang Analisis Pusat Kekuatan, Garis Operasi Line of Operation, Aturan Pelibatan, Pengenalan Siber dan Demo VBSS. Hari kedua, pembukaan kegiatan oleh Kasal dilanjutkan paparan Irjenal, paparan Aspam Kasal, pembekalan Asops Kasal, Aspers Kasal dan Aspotmar Kasal dilanjutkan sosialisasi bidang hukum oleh Kadiskumal. Hari ketiga, dilaksanakan pendaratan amphibi menggunakan tank LVT-7 dan BMP 3F dengan membawa peserta AKS ke Pantai Caligi, Lampung. Kegiatan diakhiri dengan kegiatan ketangkasan prajurit yang melibatkan seluruh personel AKS.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai sarana untuk memberikan pembekalan/pedoman kepada satuan tentang kebijakan pembinaan kekuatan dan kesiapan operasional TNI Angkatan Laut, memberikan penyegaran dan meningkatkan pemahaman tentang tugas-tugas para Dansat TNI Angkatan Laut dihadapkan pada perkembangan lingkungan strategis, menerima berbagai masukan dari para Dansat yang relavan dengan peningkatan efektivitas operasi, kesiapan Alutsista dan profesionalisme prajurit.(Nk)

0 komentar:

Posting Komentar