Selasa, 28 Maret 2017

Pangarmabar Terima Kunjungan Kasal New Zealand

Pangarmabar Terima Kunjungan Kasal New Zealand

Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., menerima kunjungan kehormatan Kepala Staf Angkatan Laut New Zealand Laksamana Muda John Martin, ONZM.,  di Ruang VVIP Gedung Yos Sudarso, Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jalan Gunung Sahari Raya No.67 Jakarta Pusat, Senin (27/3).

Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., dalam kesempatan tersebut mengatakan hubungan bilateral kedua negara telah terjalin sejak 1958 dan mempunyai kesamaan visi dalam membangun negara sebagai bangsa maritim. New Zealand dan Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki kesamaan dan keunikan sebagai negara kepulauan. Terdapat kemiripan bahasa antara bahasa Maori dengan bahasa Indonesia dan juga kesamaan pengembangan pariwisata yang berbasis keindahan alam yang menjadi destinasi turis. Selain itu juga, New Zealand dan Indonesia merupakan bagian dari Anggota Western Pacific Naval Symposium (WPNS).

Lebih lanjut Pangarmabar  Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., dalam menghadapi perkembangan dunia yang semakin kompleks saat ini, kerja sama merupakan kunci dan tugas menjaga stabilitas keamanan regional sangat diperlukan. Sebagai penjaga lautan, Koarmabar berkomitmen menjaga keamanan di perairan wilayah barat Indonesia untuk berperan dalam menjaga stabilitas kawasan.
Sebagai bentuk komitmen terhadap keamanan maritim di kawasan barat Indonesia, Koarmbar telah membentuk Western Fleet Quick Response (WFQR) dalam menindak semua pelanggaran di laut khususnya Selat Malaka dan Singapura. Keberadaan WFQR sejauh ini dapat memberikan hasil yang positif, ujar Pangarmabar.

Selanjutnya untuk memahami tugas dan tanggung jawab Koarmabar, Kasal New Zealand dan rombongan berkesempatan  menyaksikan profil Koarmabar secara visual melalaui pemutaran video. Kunjungan kehormatan tersebut diakhiri dengan tukar menukar cinderamata antara kedua pejabat.

Turut mendampingi Pangarmabar pada kesempatan tersebut, Kepala Staf Koarmabar (Kasarmabar) Laksamana Pertama TNI Yudo Margono, S.E.,  Asisten Intelijen Pangarmabar Kolonel Laut (E) Angkasa Dipua, S.E., Asisten Operasi Pangarmabar Kolonel Laut (P) Suwito, S.E, M.Si (Han) dan Asisten Logistik Pangarmabar Kolonel Laut (T) Budi Sulistyo.(Pry).

0 komentar:

Posting Komentar