Jumat, 03 Maret 2017

Bakamla RI Jajaki Kerja Sama dengan JCLEC dan PIP

Bakamla RI Jajaki Kerja Sama dengan JCLEC dan PIP

Dalam rangka pengembangan kemampuan sumber daya manusia (SDM), Direktorat Latihan Bakamla RI melakukan penjajagan kerja sama dengan Jakarta Center for Law Enforcement Cooperation (JCLEC) dan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP), dalam kunjungannya di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (2/3/2017).

Kunjungan kerja yang dipimpin oleh Direktur Latihan Bakamla RI Laksma TNI Muspin Santoso, S.H., M.Si. (Han), bertujuan untuk mendapatkan rumusan terbaik dalam pembentukan kurikulum pelatihan bagi personel Bakamla RI dan stakeholder. Sebagaimana diketahui, Bakamla RI kerap kali melakukan kegiatan latihan bersama dengan stakeholder terkait.

Kegiatan diawali dengan kunjungan ke fasilitas pelatihan JCLEC yang berlokasi di area Akademi Kepolisian Semarang. Delegasi Bakamla RI disambut hangat oleh Direktur Eksekutif JCLEC. Dalam pertemuan ini disampaikan maksud kunjungan Bakamla RI adalah untuk mendapatkan gambaran dan usulan mengenai model pelatihan yang sedang diformulasikan bagi personel Bakamla RI dan stakeholder. Tidak menutup kemungkinan pada masa mendatang akan dilakukan kerja sama lebih lanjut dengan JCLEC.

JCLEC merupakan pusat pelatihan penegakkan hukum yang didirikan secara bersama-sama oleh Indonesia dan Australia. Pusat pelatihan ini focus pada bidang kejahatan transnasional dan kontra-terorisme. Walaupun Indonesia sebagai negara yang dipilih untuk mendirikan fasilitas ini, JCLEC diperuntukkan bagi seluruh negara-negara di Asia Tenggara yang membutuhkan pelatihan khusus di bidang penegakkan hukum, termasuk juga dalam memfasilitasi kegiatan seminar dan lokakarya. Sehingga diharapkan kunjungan ke JCLEC dapat memberikan warna tersendiri dalam rumusan pelatihan yang akan ditetapkan bagi personel Bakamla RI dan stakeholder.

Selanjutnya kunjungan dilakukan ke PIP. Disana delegasi disambut hangat oleh pimpinan PIP dan diajak untuk melihat fasilitas belajar mengajar yang dimiliki oleh PIP. Setelah mengetahui maksud kedatangan delegasi Bakamla RI, PIP sangat antusias untuk membantu dalam rumusan kurikulum pelatihan bagi personel Bakamla RI. Kunjungan diakhiri dengan pembahasan singkat mengenai kebutuhan kurikulum pelatihan Bakamla RI dan diharapkan kerja sama yang baik dan membangun dapat tercipta antara Bakamla RI dan PIP.

Turut hadir pula dalam kunjungan ini Kasubdit Penyelenggaraan Latihan Kombes Pol. Benny Iskandar, S.IK., M.Si, Kasubdit Dukungan Latihan Kolonel Laut (T) Robby Darwin S., S.E., M.M., Kasubdit Monitoring dan Evaluasi Penelitian dan Pengembangan Kombes Pol. E. Brata Mandala, Kasi Logistik Latihan Fatkhurrokhman, S.Kom., dan Kasi Latihan Operasi Udara Maritim Angga Heryana, S.T.(Nk)

0 komentar:

Posting Komentar