Kamis, 09 Maret 2017

Bakamla RI Kunjungi Kapal Perang Cantik Asal Italia

Bakamla RI Kunjungi Kapal Perang Cantik Asal Italia

Bakamla RI yang diwakili oleh Deputi Operasi Laksda TNI Andi Achdar beserta jajarannya melakukan kunjungan ke kapal perang Italia, ITS Carabiniere, di Pelabuhan Tanjung Priok, JICT 2, Jakarta Utara, Kamis (9/3/2017).

Kunjungan ini dilakukan berdasarkan undangan dari Kedutaan Besar Italia perihal kedatangan kapal perang dengan jenis anti-submarine. Angkatan Laut Italia sebagai pengawak kapal, melihat potensi Indonesia sebagai poros maritim dunia dan sangat menghargai cita-cita Presiden Republik Indonesia mengenai Nawacita. Dengan demikian, kegiatan kunjungan kapal perang ini sekaligus dimaksudkan sebagai sarana penjajagan kerja sama di bidang peningkatan sarana prasarana kemaritiman, dalam hal ini kapal dan sistem yang terdapat di dalamnya.

Lebih lanjut, kegiatan kunjungan kapal ini bertujuan agar instansi pemerintah terkait, dalam hal ini Bakamla RI, dan perusahaan Indonesia di bidang yang sejenis dapat bertukar pandangan dan pengalaman di bidang keamanan dan keselamatan maritim.

ITS Carabiniere merupakan kapal perang generasi terbaru yang dimiliki oleh Angkatan Laut Italia sejak tahun 2015. Dengan panjang 144 meter dan lebar 8,7 meter, kapal ini dapat beroperasi di berbagai kondisi dan memiliki kemampuan yang luar biasa, antara lain: memiliki fleksibilitas yang tinggi, memiliki kemampuan deteksi dan persenjataan yang memungkinkan kapal untuk beroperasi dalam situasi ekstrim, seperti kontra terorisme, anti perdagangan manusia, pencegahan dan pengendalian imigrasi illegal, proteksi komunikasi pada garis pantai, dapat melakuan operasi kapal anti musuh, dapat memberikan bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana, selain itu kapal ini juga dilengkapi dengan helicopter jenis EH-101 dan SH 90.

Dalam kunjungan ini turut hadir pula Plh. Deputi Inhuker Bakamla RI Erbagtyo Rohan, S.H., M.H., Direktur Operasi Udara Maritim Marsma TNI Demitrius Widiantoro, M.B.A., Direktur Penelitian dan Pengembangan Brigjen Pol. Dr. Drs. Abdul Gofur, S.H., M.H., dan Direktur Latihan Laksma TNI Muspin Santoso, S.H., M.Si., (Han). beserta jajarannya.

Diharapkan dengan adanya kunjungan ini dapat memberikan nuansa baru dalam bidang sarana dan prasarana (sarpras) kemaritiman. Dengan memperlihatkan fasilitas dan teknologi yang dimiliki oleh ITS Carabiniere, diharapkan dapat menjadi sarana pembanding dengan sarpas yang sudah dimiliki oleh Indonesia dan sebagai rujukan dalam mendukung pengamanan wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia.

ITS Carabiniere juga dapat dikunjungi masyarakat umum pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 11 dan 12 Maret 2017, pukul 09.00 – 11.00 dan 16.00 – 18.30 WIB di Pelabuhan Tanjung Priok, JICT 2, Jakarta Utara.(Py)

0 komentar:

Posting Komentar