Rabu, 08 Maret 2017

Dankolatarmabar Buka Kursus Perwira Penyidik Tindak Pidana Tertentu Di Laut

Dankolatarmabar Buka Kursus Perwira Penyidik Tindak Pidana Tertentu Di Laut

Komandan Komando Latihan Komando Armada RI Kawasan Barat (Dankolatarmabar) Kolonel Laut (P) Deny Septiana, S.IP., M.A.P., membuka Kursus Perwira Penyidik Tindak Pidana Tertentu Di Laut (Suspaidikla) tahun 2017, di Markas Komando (Mako) Komando Latihan (Kolat) Koarmabar, Jalan Gading 12 No.5 Komplek TNI Angkatan Laut Sunter, Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara, Rabu (8/3).

Dalam amanatnya Dankolatarmabar mengatakan bahwa Indonesia memiliki posisi geografis yang sangat strategis pada posisi silang dua samudra dan dua benua sekaligus memiliki kekayaan alam di dalam lautan yang berlimpah, sehingga menjadikan wilayah perairan Indonesia rawan terjadinya pelanggaran hukum, baik berupa pelanggaran batas wilayah, pencurian kekayaan alam maupun tindak pidana lainnya yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu.

Seiring dengan kompleknya permasalahan yang dihadapi, maka TNI Angkatan Laut mengoptimalkan kegiatan pengamanan di wilayah perairan Indonesia bersinergi dengan instansi terkait dibidang keamanan laut seperti Bakamla, Bea Cukai, PPNS dan Kepolisian Republik Indonesia. Oleh karena itu, TNI Angkatan Laut terus berupaya meningkatakan kemampuan penanganan kasus pelanggaran yang terjadi di laut, salah satunya melalui pelaksanaan Kursus Perwira Penyidik Tindak Pidana Tertentu Di Laut di Kolat Koarmabar.

Lebih lanjut Dankolatarmabar mengatakan,  melalui pelaksanaan kursus ini diharapkan para peserta kursus dapat memahami organisasi dan proses penyelenggaraan operasi keamanan laut, memahami rezim laut, hukum yang berlaku sesuai dengan hukum nasional Indonesia dan hukum laut internasional, melaksanakan penghentian, pemeriksaan dan penahanan serta penyidikan awal hingga memahami proses penuntutan dan penyidangan.

Mengakhiri amanatnya, Dankolatarmabar menginstruksikan kepada peserta kursus agar menyerap dan memahami semua pelajaran dan ilmu pengetahuan yang diberikan oleh instruktur, sehingga dapat diaplikasikan di tempat dinas. Selain itu, agar selalu mengembangkan potensi diri dengan maksimal yang akan berguna untuk mendukung meningkatkan karier selama dalam penugasan.

Kursus ini dilaksanakan selama kurang lebih sembilan minggu  dan diikuti oleh 60 orang peserta dari perwira semua korps di jajaran TNI Angkatan Laut dan 10 orang peserta dari anggota Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Komandan Kolatarmabar Letkol Laut (P) Taman Sembiring, Kasubdit Penyelenggara Latihan Bakamla RI Kombes Pol Benny Iskandar, para Instruktur serta para Perwira Staf Kolat Koarmabar.(Nk)

0 komentar:

Posting Komentar