Jumat, 10 Maret 2017

HUT Jalasenastri Ke-71 : Pemeriksaan IVA Di RSAL dr. Mintohardjo

HUT Jalasenastri Ke-71 : Pemeriksaan IVA Di RSAL dr. Mintohardjo

Dalam rangka HUT Jalasenastri Ke-71, Jalasenastri wilayah Jakarta menggelar kegiatan pemeriksaan skrining Kanker Cerviks dengan metode IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) Jumat (10/3) di RSAL dr. Mintohardjo Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Kegiatan ini diikuti oleh Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal), Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota Jalasenastri, Persit Kartika Candra dan Pia Ardhiya Garini wilayah Jakarta.

Kegiatan ini dilaksanakan karena melihat tingginya angka penderita kanker cerviks di Indonesia. Infeksi virus HPV telah diakui sebagai faktor resiko terbesar yang menyebabkan kanker cerviks. Indonesia saat ini memiliki infeksi HVP ke-18 tertinggi di seluruh dunia. Hal ini disebabkan oleh kurangnya sosialisasi, kurangnya pelaksanaan program skrining dan kurangnya fasilitas kesehatan yang berkualitas serta tingginya penyakit infeksi Human Papilomavirus (HPV) yang menimbulkan virus onkogenik.

IVA merupakan secara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Pemeriksaan IVA yang merupakan pemeriksaan skrining alternatif dari pap smear (sebuah tes yang dapat memeriksa keadaan sel-sel pada serviks (leher rahim) dan vagina), karena pemeriksaan IVA lebih efisien, praktis, dan sangat mudah untuk dilaksanakan dengan peralatan yang sederhana serta dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan selain dokter Ginekologi.

Pemeriksaan tersebut diikuti oleh 112 peserta yang terdiri dari 25 peserta Kowal, 50 peserta Jalasenastri, 25 peserta ASN, 3 perwakilan dari Persit Kartika Candra dan 3 perwakilan dari Pia Ardhya Garini. Dalam kesempatan tersebut, Ny. Royke Tentero selaku seksi sosial  Pengurus Pusat Jalasenastri mewakili Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi memberikan  bantuan dana sosial kepada  Kepala Rumah Sakit Angkatan Laut (Karumkital) dr. Mintohardjo Kolonel Laut (K) dr. Wiweka, Mars.

Turut hadir Ketua Jalasenastri Cabang-11 DJAB Guspurlabar Ny. Arsyad Abdullah, Ketua Ranting D Cabang-2 Dispenal Ny. RR. Eunike Kusumawati, dan Para Pengurus Jalasenastri wilayah Jakarta.(Nk)

0 komentar:

Posting Komentar