Kamis, 30 Maret 2017

KADISPENAL BICARA KEPEMIMPINAN DAN KEMARITIMAN DI HADAPAN PELAJAR 

KADISPENAL BICARA KEPEMIMPINAN DAN KEMARITIMAN DI HADAPAN PELAJAR 

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, jadi pembicara pada kegiatan Latihan Kepemimpinan Siswa (Lapinsi) yang digelar oleh SMA Labschool Kebayoran, Kamis (30/3) di Prabu Putragus Cisarua, Bogor. Pada kesempatan tersebut Kadispenal memberikan pembekalan dengan tema, Peranan Pemuda Sebagai Calon Pemimpin Bangsa Pengawak Organisasi Dalam Mewujudkan Poros Maritim Dunia.

Pada kesempatannya sebagai pembicara, dihadapan para pelajar  Kadispenal meyampaikan tentang keberadaan generasi muda sebagai masa depan bangsa perlu diiringi dengan pembangunan karakter yang tepat, dimana harus sarat dengan nilai-nilai nasionalisme yang diikuti dengan pembangunan karakter kepemimpinan, karena sejatinya generasi muda adalah calon pemimpin bangsa.

Kepemimpinan bukanlah barang yang sudah jadi, kepemimpinan bukan pula sesuatu yang jatuh dari langit. Kepemimpinan atau lebih tepatnya karakter seorang pemimpin bisa dan harus dikembangkan dari hari ke hari, kata Laksamana Pertama TNI Gig Sipasulta.

Masih menurut Kadispenal, berbicara masalah kepemimpinan di Indonesia, khususnya di jajaran TNI hingga saat ini masih memegang teguh nilai-nilai yang dikenal dengan 11 Azas Kepemimpinan. Dimana nilai-nilai tersebut mulai ditanam sejak masa pembentukan dan pendidikan pertama di lingkungan militer.

Dalam kesempatan yang sama, Laksma TNI Gig Sipasulta juga menyampaikan arti pentingnya kemaritiman, menurutnya untuk melangkah ke masa depan, para pemuda bangsa harus jeli melihat potensi strategis yang ada, aspek kemaritiman merupakan potensi yang harus kita berikan perhatian khusus.

Melalui konsep menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia yang dicetuskan oleh Presiden RI. H. Joko Widodo, telah menyadarkan kita bahwa kejayaan masa lalu tidak terlepas dari pembangunan sektor kemaritiman yang diawali dari kesadaran budaya maritim pada masyarakatnya, Ujar Kadispenal.

Kegiatan yang digelar oleh salah satu SMA terkemuka di Jakarta tersebut, diikuti sebanyak 164 pelajar. Pada akhir acara, para pelajar berkesempatan untuk diskusi dan tanya jawab dengan Kadispenal terkait berbagai hal, dari mulai masalah kepemimpinan, kemaritiman, hingga ketertarikan mereka tentang pasukan khusus yang dimiliki oleh TNI AL seperti Denjaka, Kopaska, dan Taifib Marinir.(Nk).


0 komentar:

Posting Komentar