Rabu, 08 Maret 2017

KASAL RESMIKAN MONUMEN PERJUANGAN TNI AL DI KOTA PARIAMAN

KASAL RESMIKAN MONUMEN PERJUANGAN TNI AL DI KOTA PARIAMAN

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi meresmikan Monumen Perjuangan TNI Angkatan Laut yang berada di ujung Muaro Pantai Gandoriah, Kota Pariaman pada Rabu (08/03).

Monumen yang memiliki tinggi lebih dari 3 meter ini, dibentuk menyerupai Kapal Perang dimana terdapat tiga patung pejuang di atasnya. Bagian bawah dihiasi relief yang menggambarkan perjuangan mempertahankan kemerdekaan, dan dibagian tengah terdapat lambang TNI AL Jalesveva Jayamahe, monumen tersebut diapit oleh Meriam dan Tank Marinir TNI AL.

Tercatat dalam sejarah perjuangan ALRI pada masa kemerdekaan, kota Pariaman mempunyai peran yang sangat strategis, terutama saat Pemerintahan Darurat Republik Indonesia di Bukit Tinggi Sumatera Barat periode 1945 – 1949. Pariaman menjadi salah satu basis kekuatan perjuangan maritim rakyat Sumatera Barat yang tergabung dalam Tentara Rakyat Indonesia Laut Sumatera Tengah atau Resimen ALRI, yang menjadi cikal bakal ALRI Pangkalan Besar Pariaman.

Dikatakan Kasal pada acara peresmian tersebut bahwa pembangunan monumen ini merupakan apresiasi sebagai bentuk penghormatan atas jasa para pahlawan maritim di tanah Sumatera Barat, Pariaman. Dengan kehadiran monumen ini tentunya dapat menggelorakan jiwa kemaritiman generasi penerus agar mereka tidak kehilangan karakter dan jati dirinya sebagai bangsa maritim yang besar, tegas Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P.

Adanya monumen tersebut, dapat merepresentasikan nilai perjuangan ALRI dalam mempertahankan tegaknya keutuhan NKRI, serta generasi muda dapat menyadari bahwa Pariaman merupakan kota perjuangan dan menumbuhkan nilai-nlai kebersamaan dalam membangun daerah ini, tambahnya.

Kedatangan Kasal beserta rombongan di Pantai Gandoriah Pariaman di sambut dengan Tarian Gelombang yang merupakan tari tradisional Sumatera Barat. Diawali dengan pengguntingan pita di pintu masuk monumen oleh Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi, pembukaan tirai nama jalan, dan puncaknya dilaksanakan penandatanganan prasasti oleh  Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P.

Acara peresmian ini dimeriahkan dengan pertunjukan teatrikal perjuangan di Pariaman oleh siswa siswi pelajar SMU 1 Pariaman, Genderang dan demo Bela Diri Militer oleh prajurit Yonmarhanlan Padang, demo penanggulangan perompakan dari tim reaksi cepat Lantamal II Padang, serta Pencak Silat dari pemuda Pariaman. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur Sumatera Barat Drs. H. Nasrul Abit dan  Walikota Pariaman Drs. H. Mukhlis  Rahman, M.M.(Nk)

0 komentar:

Posting Komentar