Kamis, 09 Maret 2017

KASAL TERIMA GELAR ADAT DARI MASYARAKAT SUMATERA BARAT

KASAL TERIMA GELAR ADAT DARI  MASYARAKAT SUMATERA BARAT

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., mendapat gelar adat masyarakat Sumatera Barat Sutan Panglimo Panguasa Lauik Nan Sati dari Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Pariaman. Gelar tersebut bermakna Panglima Penguasa Lautan yang mempunyai kesaktian atau kedigdayaan. Upacara adat penganugerahan gelar dilaksanakan secara tradisi adat Sumatera Barat, Rabu  (08/03), di Pendopo Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Kasal dalam sambutannya pada acara tersebut mengatakan, bahwa gelar ini merupakan sebuah amanah sekaligus tanggung jawab yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Penganugerahan ini memberikan konsekuensi untuk dapat mencurahkan perhatian bersama pemerintah daerah dan  masyarakat untuk meningkatkan keamanan wilayah perairan serta kesejahteraan masyarakat Sumatera Barat melalui pembangunan di sektor maritim, kata Kasal.

Pemberian gelar kepada Kasal ini berdasarkan Surat Keputusan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Pariaman SK/06/LK-PARIAMAN/III/2017. Selain Kasal yang mendapatkan gelar Sutan Panglimo Panguasa Lauik Nan Sati, pada kesempatan tersebut, Ketua Umum Jalasenastri  Ny. Endah Ade Supandi juga mendapatkan gelar kehormatan Bundo Nan Elok yang bermakna perwujudan sosok Ibu yang sangat baik, yang telah tulus dan ikhlas mendampingi suami.

Acara adat tersebut di buka dengan pembacaan ayat suci Al Quran, dilanjutkan pembacaan surat keputusan serta pemasangan Saluak kepada Kasal oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Drs. H. Nasrul Abit, dan dilanjutkan dengan Pemasangan Keris serta penyerahan Piagam Gala Sang Sako oleh ketua LKAAM Drs. H. Mukhlis Rahman, M.M., yang juga merupakan Wali Kota Pariaman.

Pada hari yang sama sebelum menerima penganugerahan gelar kehormatan, Kasal dalam lawatanya ke tanah minang  kali ini, telah meresmikan Monumen Perjuangan TNI AL yang dibangun di Ujung Muaro Pantai Gandoriah, dengan dihadiri ribuan pemuda pelajar seluruh kota Pariaman serta tokoh masyarakat dan Pemerintah Daerah.(Nk)

0 komentar:

Posting Komentar