Rabu, 15 Maret 2017

Kepala Bakamla RI Hadiri Peresmian IFFAI

Kepala Bakamla RI Hadiri Peresmian IFFAI


Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H. menghadiri peresmian The International FishFORCE Academy of Indonesia (IFFAI) di Gedung Mina Bahari III Lt. 1, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jl. Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Kamis, (16/3/2017).

Peresmian IFFAI ditandai dengan penandatanganan plakat bersama dengan Kapolri, Jaksa Agung, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut dan Kabakamla. Selanjutnya dilakukan pemukulan gong bersama-sama dan secara simbolis dilakukan penyematan Tanda Peserta kepada empat orang perwakilan peserta dari KKP, Polri, TNI AL, dan Kejaksaan Agung.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksdya TNI Achmad Taufiqoerrochman, Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Tito Karnavian, Jaksa Agung H.M. Prasetyo dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti selaku tuan rumah.

IFFAI merupakan salah satu wadah yang menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi aparat penegak hukum di bidang perikanan melalui berbagai pembelajaran yang terkait dengan isu pemberantasan IUU fishing dan tindak kriminalitas perikanan lainnya. Menanggapi berkembangnya modus tindak pidana di bidang perikanan di berbagai wilayah di Indonesia, upaya peningkatan kapasitas aparat penegak hukum di bidang perikanan perlu terus dikembangkan.

Berdirinya IFFAI merupakan sebagai bentuk kerja sama antara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), dan Satuan Tugas Pemberantasan Penangkapan Ikan Secara Ilegal (SATGAS 115) dengan Jakarta Center for Law Enforcement Copperation (JCLEC), Semarang.

Sebagai bentuk tindak lanjut dari perjanjian kerja sama yang telah ditandatangani mengenai pendirian IFFAI, pelatihan perdana dan peresmian IFFAI diselenggarakan pada Kamis, 16 Maret 2017 oleh Menteri Kelautan dan Perikanan selaku Komandan SATGAS.(Nk)

0 komentar:

Posting Komentar