Kamis, 09 Maret 2017

KEPALA STAF ANGKATAN LAUT BERIKAN KULIAH UMUM KEPADA MAHASISWA STIE PARIAMAN

KEPALA STAF ANGKATAN LAUT BERIKAN KULIAH UMUM KEPADA MAHASISWA STIE PARIAMAN

Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., memberikan kuliah umum di hadapan ribuan mahasiswa Se-Kota Pariaman Kamis (09/3) di Auditorium STIE Sumatera Barat Pariaman.

Kuliah umum ini juga dihadiri oleh mahasiswa luar dari STIE Pariaman itu sendiri, diantaranya TARBIAH dengan jumlah 100 orang, Adper 50 orang, Stikes Piala Sakti 50 orang, Abib Puti Bungsu 25 orang,  ABIB BNM 25 Orang, Adper Pemda 50 org, STIP 100 orang, jadi jumlah mahasiswa yang hadir selain STIE pariaman yakni sebanyak 400 org. Kehadiran dari mahasiswa STIE itu sendiri sebanyak 1.700 Orang, keseluruhan dari jumlah yang hadir dalam kuliah umum ini sebanyak 2.100.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di TNI AL ini berbicara tentang Peran Mahasiswa Dalam Membangun Budaya Maritim Sebagai Modal Dasar Mewujudkan Visi Poros Maritim Dunia. Dalam hal ini peran mahasiswa harus sebagai Agent of Change, yakni harus memiliki kesadaran akan arti penting laut bagi bangsa Indonesia.

Ada beberapa aplikasi yang relevan untuk mahasiswa diantaranya, meningkatkan partisipasi dalam berbagai kegiatan yang berhubungan dengan sektor kelautan, menjadikan sektor kemaritiman sebagai pilihan dalam pendidikan, riset dan penelitian serta profesi dan memanfaatkan berbagai kemajuan teknologi komunikasi dan informasi untuk menyebarkan pemahaman, kecintaan dan harapan laut Indonesia.

Pada kesempatan itu Kepala Staf Angkatan Laut juga menyampaikan arti penting membangun kembali nilai-nilai budaya maritim. Menurutnya Indonesia harus kembali berorientasi ke laut karena Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang sangat berlimpah di lautan. Dengan kekayaan laut menjadikan Indonesia berpotensi menjadi poros maritim dunia, didukung dengan posisi yang strategis antar dua benua dan dua samudera jelasnya.

Oleh sebab itu, pihaknya terus melakukan penguatan dalam tubuh TNI AL guna mendukung visi misi Presiden Joko Widodo mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Namun demikian, seluruh komponen bangsa diharapkan dapat turut terlibat dan berkontribusi dalam upaya pengelolaan pertahanan dan keamanan maritim Indonesia, termasuk dari perguruan tinggi.

Dengan diadakannya kuliah umum ini diharapkan dapat tercipta kerja sama antara TNI AL dan STIE Pariaman dalam rangka membangun kembali budaya maritim Indonesia dan saling bersinergi untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Pada akhir kegiatan dalam kesempatan tersebut, dilaksanakan tukar menukar cinderamata yang dilakukan oleh Bapak Kepala Staf Angkatan Laut dengan Ketua STIE Pariaman Ibu Dr. Hj. Nurtati, S.E., M.M., serta didampingi oleh Walikota Pariaman Drs. H. Mukhlis Rahman, M.M.(Nk)

0 komentar:

Posting Komentar