Jumat, 31 Maret 2017

Koarmabar Tangkap Kapal Penyelundup Bermuatan 200 Balpress Di Asahan

Koarmabar Tangkap Kapal Penyelundup Bermuatan 200 Balpress Di Asahan

Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) melalui Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) 1 yang berkedudukan di Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan menangkap dan mengamankan kapal penyelundup tanpa nama yang bermuatan sekitar 200 balpress (pakaian bekas) di perairan Sungai Asahan, Kamis (30/3).

Menurut Komandan Lantamal (Danlantamal) I Belawan Laksamana Pertama TNI Roberth Wolter Tappangan, S.H., kapal bermuatan balpress tersebut sebelum ditangkap Tim WFQR1 dikandaskan di posisi 3° 5 00,505" LU - 99° 51 5,397" BT. Selanjunya proses penangkapan dilakukan pada saat air pasang dengan mengerahkan kapal Patkamla Tanjung Balai II-1-61 yang dipimpin Danunit Intel Lanal Tanjung Balai Asahan.

Dikatakan Danlantamal I Belawan, saat ditangkap kapal yang bermuatan sekitar 200 balpress tersebut sudah banyak massa yang berkumpul di atas kapal, setelah mendapat  pengawalan dari unsur-unsur patroli Lanal Tanjung Balai Asahan, massa yang berkumpul di atas kapal berhasil dihalau dan banyak yang menceburkan diri ke laut.

Berdasarkan informasi dari massa di atas kapal, saat Tim WFQR 1 mendekati kapal, nakhoda dan ABK telah melarikan diri dengan melompat ke laut yang kemudian naik ke speed yang telah menunggu, namun mereka berhasil ditangkap, jelas Danlantamal I Belawan.

Selanjutnya, kapal bermuatan balpress beserta nakhoda dan ABK-nya dikawal menuju Tangkahan Poskamla Bagan. Saat ini kapal beserta muatannya sedang dilaksanakan pengecekan dan pemeriksaan di Poskamla Bagan Asahan dan dilaksanakan pengamanan mengantisipasi adanya pengerahan massa.(Nk)

0 komentar:

Posting Komentar