Selasa, 07 Maret 2017

Pramuka Berbasis Masyarakat Telah Terbentuk di Kelurahan Jatinegara Pulogadung


Pramuka Berbasis Masyarakat Kelurahan Jatinegara, Sarana Pembentukan Karakter Generasi Muda

Sebagaimana yang diamanatkan UU No 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka agar seluruh Kwarda maupun Kwarcab membentuk Pramuka berbasis Masyarakat, kini juga dilakukan jajaran Kwarcab Jakarta Timur, dan kini telah terbentuk Pramuka Berbasis Masyarakat di Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Pulogadung, Jaktim.

Gugus Depan Pramuka Berbasis Masyarakat tersebut juga telah menjadi cita-cita sejak lama oleh jajaran Kwarda DKI Jakarta maupun Kwarcab Kota Jakarta Timur, dalam upaya memberdayakan masyarakat dengan kegiatan Kepramukaan, dan hadir dalam pelantikan Pramuka Berbasis Masyarakat, adalah Ketua Kwarda DKI Jakarta, Kakak Prof. Sylviana Murni serta jajaran Kwarda, serta beberapa Pengurus Kwarcab Jaktim dan Kakwaran Pulogadung Kak Samidi dan jajarannya.

Disela acara pelantikan tersebut, Waka Kwarcab bidang Organisasi dan Hukum, Kota Jakarta Timur, Kak Karyono, pada wartawan menjelaskan, bahwa Pramuka Berbasis Masyarakat ini nantinya diharapkan juga akan menjadi wadah para Pemuda yang putus sekolah, maupun yang tidak aktif di Pramuka sekolah, untuk bersama-sama mengembangkan Kepramukaan Berbasis Masyarakat tersebut.

Dengan Gugus Depan ini nantinya para Pemuda di masyarakat akan memiliki kesempatan yang sama, untuk memperoleh pendidikan kharakter. Semangat mencintai Tanah Air. dan bukan semata untuk kalangan pelajar dan anak-anak sekolah, lebih dari itu seluruh elemen generasi muda memiliki hak dan kewajiban yang sama di Kepramukaan Masyarakat tersebut.

Gugus Depan 06-357 (Putra) dan 06-358 (Putri) ini dibawah binaan Kepala Kelurahan Jatinegara selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan, jadi siapapun lurahnya akan otomatis sebagai Kamabigus, sehingga sinergi dengan kegiatan di Kelurahan diharapkan dapat terbangun dengan baik, dan Pramuka Masyarakat akan dapat membantu berbagai kegaitan kemasyarakatan, ungkapnya.

Kak Karyono juga mengaku akan mensinergikan Pramuka Berbasis Masyarakat dengan Saka-saka di Kwaran, Kwarcab maupun Kwarda, seperti Saka Bhayangkara (Kepolisian), Saka Bakti Husada (Kesehatan), Saka Pariwisata (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan) maupun saka yang lain, sehingga kegiatan seperti kelancaran lalu-lintas, Posyandu, Penyuluhan/Pemandu Wisata dapat dilakukan oleh Pramuka Masyarakat.

Yang pasti banyak manfaat yang akan diperoleh para Pemuda yang bergabung di Masyarakat, apalagi dibawah binaan Kepala Kelurahan, banyak yang disinergikan, baik dalam Kebersihan, Peningkatan Ketrampilan yang mendukung usaha mandiri, maupun persiapan menjadi Pekerja di Perusahaan dan Pemerintahan, bagaimana Generasi Usia Produktif saat ini bisa mengembangkan bakat dan kemampuannya untuk bersama-sama membangun Jakarta, ungkap Kak Karyono.(Nrl)

0 komentar:

Posting Komentar