Senin, 03 April 2017

80 Pengelola PAUDNI Se-Indonesia Ikuti Kursus Mahir Dasar

80 Pengelola PAUDNI Se-Indonesia Ikuti Kursus Mahir Dasar

JAKARTA – Satuan Karya (SAKA) Widya Budaya Bakti bekerjasama dengan Pusdiklatnas Gerakan Pramuka menggelar Kursus Mahir Dasar (KMD) di Graha Insan Cita Depok dan Taman Rekreasi Wiladati (TRW) Cibubur Jakarta Timur. Kegiatan berlangsung tanggal 3-8 April 2017.

Direktur Jenderal PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI, Kak Harris Iskandar yang juga Kapinsaka Widya Budaya Bakti menjelaskan, peserta KMD berjumlah 80 orang. Mereka berasal dari pengelola Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal (PAUDNI) di 29 UPT PAUDNI Se-Indonesia.

Selama di sini, kita akan mengikuti sebuah program yang insya Allah indah dan bagus bagi kita semua, untuk menunaikan tugas kita selaku pendidik, ujar Kak Harris, dalam sambutannya pada upacara pembukaan KMD, di Aula Sudirman, TRW Cibubur Jakarta Timur, Senin (3/4).

Kelanjutan dari Kursus ini adalah kewajiban berkoordinasi dengan Kwarda dan Kwarcab untuk pengembangan kegiatan pendidikan karakter melalui SAKA WBB. Dengan fungsi dan perannya sebagai tempat belajar dan berlatih anggota Pramuka yang menarik dan mendidik, tambahnya.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua Kwarnas Bidang BUMGP, Kak Ridjal J. Kotta. Kursus Mahir Dasar, menurutnya, menjadi wahana untuk melahirkan pembina yang benar-benar memahami cara mendidik Pramuka.

Banyak yang terjadi salah paham dalam berita itu karena tidak semua orang tahu tentang pendidikan kepramukaan. KMD ini memberi syarat bagaimana seorang pembina itu melatih secara baik dan benar, berdasarkan kaidah-kaidah pendidikan kepramukaan, ucap Kak Ridjal, di lokasi, Senin (3/4).

Harapan juga disampaikan Kapusdiklatnas Gerakan Pramuka, Kak Suyatno. Akan membentuk Pembina Pramuka baru, yang pembina itu dia praktek di pangkalan-pangkalan Gugus Depan dan Pembina ini kelak akan ditempatkan menjadi Pamong SAKA, tuturnya.

Namun, masih menurut Kak Suyatno, sebelum menjadi Pamong SAKA mereka harus mengikuti praktek terlebih dahulu di pangkalan-pangkalan. Setelah itu, mereka harus mengikuti Kursus Pamong SAKA.

Sebagai informasi, kegiatan KMD digelar di dua lokasi. Tanggal 3-5 Maret 2017 di Graha Insan Cita Depok dan tanggal 5-8 Maret 2017 di Taman Rekreasi Wildatika (TRW) Cibubur, Jakarta Timur. SAKA Widya Budaya Bakti adalah Satuan Karya di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.(Nk)

0 komentar:

Posting Komentar