Jumat, 14 April 2017

Bakamla RI – Australia Tingkatkan Kerja Sama

Bakamla RI – Australia Tingkatkan Kerja Sama

Bakamla RI kedatangan tamu kehormatan dari Australia. Delegasi dari Australian Border Force (ABF) melakukan kunjungan bilateral dengan Bakamla RI. Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H. beserta jajarannya menerima delegasi Australia di Ruang Tamu Kepala Bakamla RI, Kantor Pusat Bakamla RI, Jl. Dr. Sutomo No. 11, Jakarta Pusat, Kamis (13/4/2017).

ABF merupakan bagian dari Department of Immigration and Border Protection, bertanggung jawab dalam pengawasan perbatasan lepas pantai dan daratan, melakukan kegiatan investigasi, detensi dan tindak penegakan hukum di Australia. Sama seperti Bakamla RI, instansi penegakan hukum ini terbilang masih muda, namun dengan kekuatan dan tanggung jawab yang cukup besar. Dibentuk pada tahun 2015 dengan menggabungkan Australian Customs and Border Protection Service (Bea Cukai Australia) dan Department of Immigration and Border Protection (Departemen Imigrasi dan Perlindungan Perbatasan).

Maksud kedatangan delegasi Australia adalah untuk membahas kelanjutan kerja sama antara Pemerintah Australia yang diwakili oleh ABF dengan Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Bakamla RI. Fokus kerja sama meliputi bidang pengembangan kapasitas personel dengan melakukan pelatihan bersama dan kegiatan diskusi bersama yang juga turut mengundang beberapa negara anggota kawasan. Tidak hanya itu, kegiatan operasi bersama juga akan dilakukan di tahun ini.

Delegasi dari Australia dipimpin oleh Regional Director Southeast Asia, Department of Immigration and Border Protection, Commander Chris Waters; First Secretary (Indonesia, Singapore and Timor-Leste), Inspector Jeffrey Thompson; dan Project Officer, Karl Brandt.

Lebih lanjut, pendamping Kepala Bakamla RI dalam pertemuan ini antara lain Sestama Bakamla RI Laksamana Muda TNI Agus Setiadji, S.AP., Deputi Operasi dan Latihan Bakamla RI Laksamana Muda TNI Andi Achdar, Plt. Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla RI Brigjen Pol. Drs. Arifin, M.H., Plt. Deputi Informasi Hukum dan Kerjasama Bakamla RI Brigjen Pol. Dr. Drs. Abdul Gofur, S.H.,M.H., Direktur Latihan Laksamana TNI Muspin Santoso,  S.H., M.Si., (Han)., Kepala Pusat Informasi Maritim Kolonel Laut (P) Berkat Widjanarko, S.E. dan Kasubdit Kerja Sama Luar Negeri Satya Pratama, S.Sos., M.Sc.

Pertemuan ini menghasilkan keputusan untuk terus melanjutkan kerja sama yang telah berlangsung, bahkan kedua instansi berkomitmen untuk melakukan peningkatan kualitas dari kerja sama yang akan dijalani. Saat ini kedua instansi sedang mempersiapkan kegiatan bersama yang rencananya akan bertempat di Manado pada awal bulan April 2017. Kegiatan yang berbasis diskusi dan belanja masalah seputar kemaritiman yang dialami oleh negara-negara di kawasan, akan dilengkapi pula dengan latihan basah yang melibatkan unsur Bakamla RI dan stakeholder.

Kedua instansi sepakat untuk menjadikan kerja sama yang diambil agar dapat memberikan kontribusi sebesar-besarnya dalam aspek keamanan dan keselamatan di wilayah perairan kedua negara. Selain itu diharapkan pula kebijakan-kebijakan yang diciptakan dapat meningkatkan kenyamanan bagi masyarakat pengguna jasa laut di kedua negara, terutama dalam melakukan aktifitasnya di laut.(Nk).

0 komentar:

Posting Komentar