Selasa, 11 April 2017

Bakamla RI Gelar Workshop Teknologi Informasi Personil SPKKL dan GS

Bakamla RI Gelar Workshop Teknologi Informasi Personil SPKKL dan GS


Direktur Data dan Informasi (Datin) Bakamla RI Laksma TNI Isbandi Andrianto, S.E., M.M. mewakili Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H. membuka Kegiatan Workshop Sistem Informasi dan Teknis Teknologi Informasi Personil Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) dan Stasiun Bumi/Ground Station (GS), di Hotel Grand Alia Cikini, Jakarta, Selasa (11/4/2017).

Sebagaimana diketahui bahwa Bakamla RI telah membangun Sistem Peringatan Dini (SPD) dengan memanfaatkan teknologi Radar, Ais, Satelit Inderaja, LRC, dan peralatan lainnya yang berada di SPKKL dan GS Bakamla RI untuk membantu Bakamla RI dalam pengawasan dan monitoring kondisi perairan Indonesia.

Saya berharap dapat dilakukan pembahasan terhadap kebutuhan, kendala dan solusi untuk meningkatkan kemampuan SPKKL dan Stasiun Bumi Bakamla ke depannya, demikian disampaikan Direktur Datin dalam sambutan pembukaan.

Sebelumnya Direktur Datin juga menyatakan bahwa terdapat tiga komponen utama yang mempengaruhi kemampuan SPKKL dan GS dalam memberikan dukungan data dan informasi ke Pusat secara optimal, yaitu Sumber Daya Manusia, Infrastruktur dan Bisnis Proses/SOP yang baik, serta dukungan anggaran dalam pelaksanaan operasional.

Melalui kegiatan workshop ini dapat diketahui kebutuhan atau tuntutan terhadap SPKKL dan GS dalam kontribusinya untuk mendukung ketersediaan data dan informasi secara real time dan kontinyu guna mendukung tugas pokok dan fungsi Bakamla RI, serta permasalahan utama yang menjadi kendala dalam terlaksananya kebutuhan tersebut. Dengan demikian melalui workshop ini gap atau jarak antara kebutuhan dan kendala yang ada dapat terjembatani dengan benar.

Selaku nara sumber kegiatan yaitu Direktur Strategi Bakamla RI Laksma TNI Lilik Abu Siswanto, S.H., M.Si (Han) dan Kasubdit Penyelenggaran Operasi Udara Maritim Kolonel Pnb Joko Triwibowo. Sedangkan peserta kegiatan yaitu perwakilan dari berbagai unit kerja Bakamla RI.(Nk)

0 komentar:

Posting Komentar