Senin, 10 April 2017

Guskamla Koarmabar Amankan KII Dan Tug Boat Tanpa Dilengkapi Dokumen Sah

Guskamla Koarmabar Amankan KII Dan Tug Boat Tanpa Dilengkapi Dokumen Sah

Unsur-unsur KRI di bawah kendali operasi Gugus Keamanan Laut Komando Armada RI Kawasan Barat (Guskamla Koarmabar) melaksanakan pemeriksaan dan mengamankan Kapal Ikan Indonesia (KII) dan Tug Boat (TB) tanpa dilengkapi dokumen yang sah di perairan Selat Durian, Karimun, Kepulauan Riau (Kepri).

Unsur-unsur KRI tersebut yakni, KRI Alamang-644 telah melaksanakan pemeriksaan dan mengamanakan KII KM. Delima Merah berbobot 65 GT, pada posisi 00° 58’ 30’’ LU - 103° 37’ 70’’ BT  sebelah utara Selat Durian. Kapal dengan rute Laut Natuna ke Tanjung  Balai Karimun tersebut milik “ATS” dengan nakhoda “K” dan ABK 13 orang WNI memuat  6 Ton ikan campuran serta 10 Ton BBM jenis solar.

Setelah dilaksanakan pemeriksaan sementara, ditemukan kesalahan antara lain sertifikat nahkoda tidak sesuai, nahkoda dan ABK tidak memiliki buku pelaut,  muatan solar tidak ada dalam manifest dan tidak ada bukti bunker solar, tidak ada sertifikat garis muat, tidak ada surat keterangan susunan perwiradan  kapal tidak dilengkapi peralatan keselamatan.

Sementara itu, KRI Tenggiri-865 melaksanakan pemeriksaan dan mengamanakan TB Mitra Kencana 6 dan Tongkang (TK) Orca Palma dengan GT 104/1835 pada posisi 00° 55’ 94’’ LU - 103° 34’ 12’’ BT di Selat Durian. Tug Boat dengan rute Dumai ke Tanjung Perak Surabaya tersebut milik PT Sumber Surya Kencana INHU (Pontianak) memuat CPO sebanyaki 45.500.079 MT.

Setelah dilaksanakan pemeriksaan sementara, ditemukan kesalahan antara lain sertifikat kecakapan nahkoda tidak berlaku masih ANT 5, ABK Tidak sesuai sijil yang terdaftar berjumlah 12 orang namun berjumlah 14 orang dan sertifikat inspeksi alat keselamatan mati tanggal 17 maret 2017.

Berdasarkan kesalahan tersebut, KII dan Tug Boat beserta nakhoda, ABK dan muatannya dikawal menuju Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Karimun guna proses lebih lanjut.(Nl)

0 komentar:

Posting Komentar