Selasa, 04 April 2017

KOMANDAN SESKOAL BUKA SEMINAR FORUM STRATEGI PASIS DIKREG SESKOAL

KOMANDAN SESKOAL BUKA SEMINAR FORUM STRATEGI PASIS DIKREG SESKOAL

Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Arusukmono Indra Sucahyo, S.E., M.M  secara resmi membuka Seminar Forum Strategi  Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-55 TP 2017 di Kelas A Gedung RE. Martadinata, Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Selasa (04/03). Pembukaan ditandai dengan penyerahan secara simbolis palu sidang dari Komandan Seskoal kepada Mayor Laut (P) Didik Siswinardi selaku Ketua Seminar Forum Strategi disaksikan Wadan Seskoal Laksma TNI TSNB. Hutabarat, M.MS, para pejabat Utama Seskoal serta Patun dan Dosen Seskoal.

Di minggu ke-13 pelaksanaan proses belajar mengajar di Seskoal bagi Para Pasis, hampir secara keseluruhan dasar-dasar pengetahuan tentang strategi militer dan pertahanan Negara telah diberikan oleh para dosen dan pengajar, ujar Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Arusukmono Indra Sucahyo, S.E., M.M. Kini saatnya, seluruh Pasis akan melaksanakan kegiatan yang sangat penting dalam proses menentukan strategi pertahanan Negara yang tepat, guna menghadapi segala ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang mungkin dihadapi oleh Negara beberapa tahun mendatang yaitu kegiatan Forum Strategi.

Kegiatan ini merupakan wadah pelatihan untuk pasis Seskoal dalam menganalisa perkembangan lingkungan strategis yang dikaitkan dengan dampak yang akan dihadapi oleh Negara serta mempertimbangkan sumber daya yang dimiliki untuk merancang strategi pertahanan dalam wujud pembangunan kekuatan dan penggelaran kekuatan.

Menurut pejabat nomor satu di jajaran Seskoal ini, kegiatan yang berkesinambungan ini akan dibagi dalam empat forum seminar yang disusun secara berurutan dan mempunyai keterkaitan erat antara tiap tahapan forum strategi, sehingga proses ini akan mencapai hasil yang baik dalam perencanaan pembangunan dan penggunaan kekuatan laut dalam jangka waktu tertentu.

Dalam kegiatan yang mengangkat tema, Prediksi Ancaman Lima Tahun Kedepan (2017 s.d 2021) di ALKI I dan Penentuan Strategi Pertahanan Negara di Laut Guna Menghadapi Ancaman Tersebut, Pasis dibagi kedalam tiga komisi dimana masing-masing komisi melaksanakan diskusi secara terpisah untuk menganalisis Banglingstra, menentukan jenis dan arah datangnya ancaman di wilayah ALKI I dan merumuskan strategi pertahanan Negara di laut, selanjutnya menyusun makalah komisi dengan format analisis sesuai dengan Perdan Kertas Karya Kelompok (Taskapok).(Nk).

0 komentar:

Posting Komentar