Senin, 03 April 2017

Lantamal I Belawan Tangkap Kapal Penyelundup Anggrek Dan Balpress Dari Thailand

Lantamal I Belawan Tangkap Kapal Penyelundup Anggrek Dan Balpress Dari Thailand

Tim Western Fleet Quick Response (WFQR)-1 yang berkedudukan di Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan menangkap dan mengamankan kapal penyelundup bunga anggrek dan balpress dari Thailand menuju Pangkalan Susu, Sumatera Utara, Minggu (2/4).

Penangkapan terhadap kapal penyelundup tersebut, berawal Tim WFQR-1 yang sedang melaksanakan patroli dengan menggunakan Patkamla Belawan di sekitar Pulau Kampai Pangkalan Susu, melihat kontak kapal yang mencurigakan tanpa lampu. Kemudian Tim WFQR-1mendekati dan memerintahkan kapal tersebut agar berhenti, namun kapal berusaha melarikan diri sehingga Tim WFQR-1 melaksanakan tembakan peringatan untuk menghentikan kapal tersebut.

Setelah dilaksanakan pemeriksaan, diketahui kapal yang bernama KM. Makmur II berbobot 20 GT dengan ABK 5 orang tersebut bermuatan 114 box bunga angrek dan 9 box balpress tanpa dilengkapi dengan surat- surat yang sah. Selain itu, kapal yang berangkat dari Thailand menuju kuala Langsa tersebut tanpa dilengkapi dengan dokumen kapal dan muatan tidak sesuai dengan manifest.

Berdasarkan pelanggaran tersebut, kapal beserta ABK dan muatannya dikawal menuju Lantamal I Belawan guna dilaksanakan pemeriksaan lebih lanjut.(Nrl).

0 komentar:

Posting Komentar